6 Kegiatan Ngabuburit Ramadhan agar Kamu Lupa Waktu!

15 Maret 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1678873468.jpg

Apa saja, ya, kegiatan ngabuburit Ramadhan yang bisa dilakukan agar berjalannya waktu tak terasa? Bulan Ramadhan sudah semakin dekat. Itu artinya, waktu berpuasa sebulan penuh sudah datang. Nah, agar waktu berpuasa tidak terasa, kamu bisa mengisinya dengan kegiatan ngabuburit yang bermanfaat. Berikut beberapa kegiatan ngabuburit yang bisa kamu coba untuk mengisi waktu jelang datangnya magrib!

1. Pengajian

Bulan Ramadhan sudah sepatutnya diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Terlebih, pada bulan Ramadhan, amalan akan dilipatgandakan. Untuk itu, kamu bisa mengikuti pengajian.

Sekarang ini, sudah ada banyak sekali pengajian dengan tema yang cocok untuk anak muda. Kamu bisa mendatanginya bersama teman-teman terdekat. Tidak hanya diganjar dengan pahala berlipat, kamu pun bisa mendapat pengetahuan baru yang bermanfaat!

2. Kegiatan Sosial

Ramadhan juga merupakan waktu yang tepat untuk berbagi. Dengan berbagi, kamu sudah ikut meringankan beban orang lain. Nah, kamu bisa berbagi melalui kegiatan sosial.

Kegiatan sosial ini banyak sekali bentuknya, lho. Misalnya, dengan membagikan makanan takjil menjelang waktu berbuka puasa di jalanan. Bisa juga dengan memberi bantuan sembako ke panti asuhan. Contoh lainnya adalah memberikan pakaian bekas yang masih layak pakai kepada korban bencana alam. Biar makin seru dan bermakna, kamu bisa ajak teman-teman untuk mengikuti kegiatan sosial bersama.

Baca Juga: 6 Tempat untuk Donasi Baju Bekas yang Layak Pakai

3. Belanja Buka Puasa

Kegiatan di bulan Ramadhan akan terasa kurang lengkap tanpa berburu makanan buka puasa atau takjil. Biasanya, saat Ramadhan datang, ada banyak pasar kaget atau bazar yang menjual aneka makanan untuk berbuka puasa. Hidangan yang dijual pun sangat variatif, mulai dari aneka minuman es, kue-kue basah, hingga makanan berat.

Datang ke bazar makanan seperti ini sebagai aktivitas ngabuburit Ramadhan pasti terasa menyenangkan. Namun, jangan sampai kalap, ya! Belilah sesuai kebutuhan dan jangan hanya lapar mata!

4. Hangout bareng Teman

Alternatif acara Ramadhan lainnya adalah hangout bareng teman. Namun, selama Ramadhan tentu kamu tidak bisa hangout di tempat biasa, seperti kafe atau mall. Nah, sebagai alternatif, kamu bisa pilih co-working space atau perpustakaan. Di situ, kamu bisa bertukar pendapat atau sekadar membaca buku bersama. Siapa tahu, dari kegiatan tersebut, kamu justru bisa dapat ide untuk memulai usaha atau project baru!

5. Usaha Makanan Takjil

Ingin menambah pundi-pundi penghasilan selama bulan Ramadhan? Coba, deh, mulai usaha makanan takjil. Saat bulan puasa, pasti banyak yang mencari makanan ringan untuk dijadikan takjil sebelum mengonsumsi makanan berat. Jadi, peluang untungnya pun makin besar.

Selain punya peluang untung yang besar, usaha makanan takjil pun tidak terlalu rumit. Misalnya, kamu bisa menjual aneka minuman es. Hidangan seperti ini menggunakan bahan yang mudah didapat dan pembuatannya pun simpel. Bagaimana, tertarik mencoba?

6. Membuat Kreasi Kreatif

Kalau kamu lebih suka menghabiskan waktu ngabuburit Ramadhan di rumah saja, bisa coba membuat aneka kerajinan tangan. Ada banyak kerajinan tangan yang bisa kamu coba selama ngabuburit di rumah. Salah satunya adalah kerajinan tangan berbahan tali rafia. Cara membuatnya simpel, alat dan bahannya pun bisa didapat dengan mudah.

Dari kerajinan tali rafia ini, kamu bisa membuat dekorasi penghias rumah dan bahkan kemoceng untuk membersihkan perabot. Nah, agar kerajinan tali rafia buatanmu tetap awet, gunakan tali rafia dari Laksana Mas Agung. Dengan kualitas yang terjamin, tali rafia Laksana Mas Agung lebih tahan lama dan tidak mudah pudar warnanya. Tali rafia Laksana Mas Agung kini bisa kamu dapatkan melalui marketplace Shopee maupun Tokopedia, lho!


Baca Juga: Mercon Busi: Asal-usul dan Cara Membuatnya

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan! Agar bulan yang suci ini semakin bermakna, kamu bisa mengisinya dengan kegiatan ngabuburit Ramadhan di atas. Biar semakin seru, jangan lupa ajak teman-teman dan orang terdekat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Kamu pun bisa mengisi waktu luang sebelum waktu magrib dengan membuat kerajinan tangan berbahan tali rafia. Gunakan tali rafia dari Laksana Mas Agung untuk hasil yang lebih awet dan tidak pudar. Dengan kualitas terbaik dan warna menarik, Laksana Mas Agung adalah pilihan nomor satu untuk tali rafia!