Mercon Busi: Asal-usul dan Cara Membuatnya

15 Maret 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1678873607.jpg

Salah satu tradisi yang hanya muncul pada saat Ramadhan adalah bermain petasan atau mercon. Selepas ibadah Tarawih, biasanya anak-anak akan berkumpul sambil main petasan. Selain membeli petasan, ternyata ada alternatif yang lebih hemat, yaitu membuat mercon busi.

Ingin nostalgia masa kecil dengan bermain mercon busi saat Ramadhan nanti? Kamu bisa bikin sendiri, lho! Untuk membuatnya, kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini!

Asal-usul Permainan

Mercon busi kadang disebut mercon cupang serit karena bentuknya mirip dengan ikan cupang yang punya ekor berumbai. Sesuai namanya, mercon busi ini terbuat dari busi motor bekas. Meski terbuat dari bahan bekas, mercon yang satu ini tak kalah seru dari mercon atau petasan biasa. Menariknya lagi, mercon busi ini juga bisa dipakai berulang-ulang. Jadi meski sudah meledak beberapa kali, mercon yang satu ini masih bisa kamu mainkan, lho!

Baca Juga: 6 Kerajinan dari Tali Rafia, Bisa Buat Apa Saja?

Cara Membuat Mercon Busi

Untuk membuat mercon busi tidak dibutuhkan alat dan bahan yang rumit. Kamu mungkin bisa menemukannya berserakan di rumah. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut tutorial untuk membuat mercon busi yang bisa kamu mainkan di malam hari.

Alat dan bahan

1. Busi motor bekas

Kamu bisa menggunakan busi dari sepeda motor apa pun. Namun, untuk menghasilkan bunyi yang lebih nyaring, pilihlah busi dari motor dengan cc besar (di atas 130 cc). Biasanya, busi semacam ini dimiliki oleh motor-motor sport.

2. Kawat

Pilih kawat yang tidak terlalu tebal sehingga fleksibel dan mudah digulung. Untuk membuat mercon busi, kamu butuh kawat sepanjang 15 cm. Usahakan kawat tidak terlalu berkarat agar mercon tidak mudah patah dan bisa mengeluarkan suara nyaring.

3. Korek api batang

Sama seperti mercon atau petasan biasa, mercon busi pun perlu pemicu agar bisa dinyalakan. Nah, sebagai pemicu, kamu bisa memakai bagian pangkal korek api batang (biasanya yang berwarna cokelat gelap atau merah).

4. Tali rafia

Selain berperan sebagai hiasan mercon, tali rafia juga menjadi bagian yang bisa kamu pegang saat menyalakan mercon. Agar tetap aman, pastikan tali rafia yang kamu gunakan terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan tidak mudah putus, seperti produk tali rafia dari Laksana Mas Agung. Selain punya warna yang menarik, tali rafia Laksana Mas Agung pun memiliki kualitas terbaik.

Cara membuat mercon busi

Nah, sekarang waktunya membuat mercon busi. Untuk membuat mainan ini tidak sulit sama sekali, kok. Agar mercon bisa nyala dan mengeluarkan suara yang nyaring, ikuti panduan di bawah ini secara teliti. Pastikan tidak ada yang terlewat ya!

  1. Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan;

  2. Bersihkan bagian luar busi motor yang akan digunakan. Pastikan tidak ada minyak (gemuk) yang menempel agar mercon dapat dinyalakan;

  3. Potong kawat hingga sepanjang 15 cm;

  4. Buang besi di bagian atas dan dalam busi motor. Kamu bisa mengetuk busi dengan palu hingga kedua bagian tersebut patah dan terlepas dari busi;

  5. Pisahkan baut busi;

  6. Setelah itu, lipat kawat hingga menjadi dua bagian (jangan sampai terputus);

  7. Lilitkan salah satu ujung kawat pada bagian tengah busi motor. Kemudian untuk ujung kawat satunya lagi, lilitkan pada baut busi yang sudah dilepaskan. Jadi, busi dan baut tersambung dengan kawat;

  8. Selanjutnya, hias bagian kepala busi dengan tali rafia. Agar makin menarik, gunakan tali rafia berwarna-warni, seperti tali rafia dari Laksana Mas Agung.

Cara menghidupkan mercon busi

  1. Untuk menghidupkan mercon, ambil korek api. Masukkan pangkal korek api (yang berwarna cokelat gelap) ke dalam bagian busi yang terbuka. Patahkan bagian pangkal tersebut dengan ibu jari. Jadi, seluruh mesiu dari korek api akan tertinggal di busi;

  2. Isi mercon dengan mesiu dari pangkal korek api hingga penuh. Jika sudah, tutup mercon dengan baut;

  3. Saat kamu ingin menghidupkan mercon, pegang bagian rumbai tali rafia. Selanjutnya, lemparkan ke objek dengan permukaan keras (batu atau jalanan).

  4. Mercon busi akan mengeluarkan bunyi yang sangat nyaring saat dilempar dan mengenai permukaan yang keras.


Baca Juga:
6 Kegiatan Ngabuburit Ramadhan agar Kamu Lupa Waktu!

 

Bagaimana, mudah bukan membuat dan menghidupkan mercon busi? Selain cocok dimainkan selepas Tarawih, bermain petasan pun cocok untuk ngabuburit. Namun, pastikan untuk bermain mercon di tempat yang lapang sehingga tetap aman dan tidak mengganggu orang lain, ya!

Biar mercon busi buatanmu makin oke, gunakan tali rafia dari Laksana Mas Agung. Bukan cuma punya warna-warni yang menarik, tali rafia Laksana Mas Agung pun terjamin kualitasnya! Kamu bisa mendapatkannya langsung di marketplace Shopee dan Tokopedia, lho!