6 Properti Tari Sajojo, Bisa Buat Sendiri!

16 Januari 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1673840643.jpg

Tari Sajojo adalah sebuah tarian asal daerah Papua yang dikenal akan gerakan energetiknya. Tarian yang satu ini umumnya dibawakan sebagai tarian penyambutan, perayaan, atau pada pementasan lainnya. Bahkan hingga saat ini, Tari Sajojo masih terus dilestarikan serta dikembangkan di luar Papua. Gerakannya yang mudah dan energik, serta kostumnya yang unik, membuat tarian ini memiliki daya tarik yang cukup besar.

Nah, kalau kamu berencana untuk mementaskan tarian ini pada suatu acara, tentu saja ada beberapa properti yang kamu butuhkan. Untungnya, beberapa dari properti Tari Sajojo ini bisa kamu buat sendiri atau secara DIY, lho! Yuk, simak artikelnya!

Baca Juga: 6 Kerajinan dari Tali Rafia, Bisa Buat Apa Saja?

Properti Tari Sajojo

Karena tariannya yang populer dan dipelajari di mana-mana, kostum Tari Sajojo pun menjadi sangat beragam. Bahkan, setiap desainer properti tari Papua ini berlomba-lomba untuk menunjukkan kreativitas mereka. Namun, secara umum, beberapa aksesoris yang menjadi ciri khas baju tarian Sajojo adalah:

1. Rok rumbai

Kamu pasti sudah familier dengan rok rumbai yang termasuk sebagai pakaian adat papua ini. Secara tradisional, rok ini terbuat dari daun sagu yang sudah kering dan disusun sedemikian rupa agar membentuk rok untuk menutupi tubuh bagian bawah.

Namun, seiring perkembangan jaman, orang-orang mulai membuat rok rumbai ini dengan menggunakan tali rafia yang diubah menjadi serabut. Dengan begitu, rok rumbai yang tadinya hanya berwarna cokelat pun bisa diganti menjadi warna-warni, atau sesuai dengan tema keseluruhan kostum Tari Sajojo versimu.

2. Gelang rumbai

Selain rok rumbai, daun sagu yang sudah kering tadi juga digunakan sebagai gelang rumbai yang ditaruh pada lengan penari. Sama seperti rok rumbai, gelang ini juga sudah bisa dikreasikan dengan menggunakan tali rafia yang dibuat menjadi serabut. Karena bentuknya yang kecil, gelang rumbai yang dibuat sendiri pastinya tidak akan memakan waktu lama.

3. Penutup kepala

Aksesoris Tari Sajojo berikutnya adalah penutup kepala. Umumnya, penutup ini dibuat dari sebuah kain yang memiliki motif khas papua, kemudian dihias dengan ijuk, daun sagu kering, atau bulu burung kasuari.

Jika tidak ada bulu burung kasuari, kamu juga bisa menggunakan bulu lainnya yang mudah dicari, seperti bulu ayam. Bahkan, kamu juga bisa membuat penutup kepala tersebut menggunakan tali rafia, lho! Caranya mudah, kamu hanya perlu mengurai tali rafia menjadi serabut, kemudian menempelkannya pada kain bermotif yang telah disiapkan.

4. Kalung

Secara tradisional, kalung yang digunakan oleh penari Sajojo merupakan kalung khas Papua yang berasal dari gigi anjing, gigi babi, atau kerang-kerangan. Namun, saat ini, sudah banyak kreasi kalung ala Papua yang dibuat dari bahan lain, seperti plastik, kayu, atau bahan lainnya yang dibentuk menyerupai gigi binatang. Untuk ukurannya sendiri juga cukup beragam, mulai dari yang kecil hingga besar.

5. Tombak

Properti Tari Sajojo berikutnya yang perlu kamu miliki adalah senjata khas papua seperti busur panah maupun tombak. Meskipun bersifat opsional, penambahan properti ini bisa memberikan kesan lebih menarik untuk para penonton tarian Sajojo. 

Tombak yang digunakan pun tidak perlu berupa tombak asli yang tajam dan membahayakan. Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan tongkat kayu tumpul atau bahan lainnya yang aman. Apalagi, penari akan bergerak dengan lincah. Akan berbahaya jika penari salah gerakan dan melukai diri sendiri atau penari lainnya.

6. Tifa

Properti terakhir yang bisa kamu temukan pada penari Sajojo adalah Tifa. Tifa merupakan aksesoris Tari Sajojo berupa alat musik pukul khas papua. Meskipun sekilas mirip dengan kendang, Tifa memiliki suara yang berbeda. Selain itu, alat musik ini juga umumnya dihiasi oleh berbagai macam motif yang menggambarkan etnis Papua. Tidak hanya sebagai bagian dari baju tarian Sajojo, Tifa juga bisa dimanfaatkan sebagai iringan tambahan dalam tarian tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Baju Adat Papua untuk Karnaval Anak

Gimana, tarian asal Papua yang satu ini terdengar menyenangkan, bukan? Itulah mengapa tarian ini sering dibawakan oleh banyak orang, bahkan oleh suku non-Papua. Nah, kalau kamu berencana untuk membuat sendiri properti tarian Sajojo, pastinya kamu membutuhkan bahan dasar yang berkualitas dan tampak indah. 

Biar tidak salah pilih, beli saja tali rafia berkualitas dari Laksana Mas Agung! Terdapat berbagai macam jenis tali rafia yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu. Untuk tali yang berkualitas dan berwarna indah, kamu bisa memilih tali rafia super yang warnanya cerah dan glossy. Tertarik untuk membelinya? Langsung saja kunjungi toko online kami yang ada di Shopee dan juga Tokopedia. Selain itu, pilihan lainnya adalah dengan mengontak langsung tim kami melalui WhatsApp. Mudah dan praktis!