7 Ide Usaha Rumahan Kreatif, Simpel tapi Cuan!

18 Februari 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1676713979.jpg

Punya waktu luang di rumah tapi tidak tahu bagaimana mengisinya? Mulai saja usaha rumahan! Jadi, kamu bisa mengisi waktu luang tersebut dengan hal yang lebih produktif. Apalagi semenjak berkembangnya teknologi, semakin banyak ide usaha rumahan kreatif yang bisa dengan mudah kamu lakukan. Hitung-hitung bakal jadi pemasukan tambahan, kan?

Baca Juga: Begini Peluang Bisnis Tali Rafia yang Harus Anda Tahu

ide usaha rumahan kreatif

Jika kamu bingung mau memulai usaha rumahan seperti apa, tenang saja! Kami telah menyiapkan tujuh ide bisnis kreatif dari rumah yang bisa jadi inspirasi. Yuk, cek di bawah ini!

1. Desain grafis

Salah satu ide usaha rumahan kreatif adalah jasa desain grafis. Jika kamu mempunyai kemampuan desain, terutama desain digital, usaha ini cocok untukmu. Apalagi, saat ini jasa desain grafis semakin dicari, misalnya saja untuk mendesain media sosial dari bisnis lain. 

Selama kamu memiliki portofolio yang berlimpah dan berkualitas tinggi, maka kamu bisa berdiri sendiri dalam menjalankan ide bisnis kreatif ini. Tapi jika pengalamanmu di dunia ini belum begitu lama, alternatifnya adalah bergabung dengan agensi desain sembari mengumpulkan portofolio.

2. Penerjemah

Ide bisnis rumahan berikutnya adalah menjadi penerjemah bahasa asing. Hal yang kamu perlukan hanyalah kemampuan untuk berbahasa asing, seperti Inggris, Korea, atau Mandarin, kemudian kemampuan untuk berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Jika perlu, kamu juga bisa melakukan tes bahasa untuk meyakinkan customer akan keahlian bahasamu.

Sama seperti bisnis desain, kamu juga bisa bergabung dengan agensi penerjemahan agar kamu tidak perlu mencari customer-mu sendiri.

3. Berjualan hamper

Contoh usaha kreatif dan inovatif lainnya adalah berjualan hamper. Hamper merupakan bingkisan yang umumnya ditata secara estetik dan berisi berbagai macam barang, baik sesuai request pembeli ataupun sudah kamu tentukan sebelumnya. 

Biasanya, hamper dibuat secara tematik dan dijual pada saat tertentu. Misalnya saja, kamu bisa membuat hamper Imlek yang berisi berbagai macam barang bertemakan Hari Raya Imlek, atau hamper graduation yang berisi berbagai hadiah wisuda.

4. Katering langganan harian

Jika kamu jago memasak, ide usaha rumahan kreatif yang satu ini boleh banget untuk dicoba. Katering langganan harian adalah usaha yang memungkinkan pembeli untuk berlangganan makanan darimu setiap hari, tentunya sesuai dengan menu yang tersedia.

Biasanya, setiap katering telah mengumumkan terlebih dahulu menu apa yang akan dimasak pada hari-hari tertentu. Dengan begitu, pelanggan bisa bebas untuk skip hari jika menu yang ditawarkan tidak cocok dengan keinginannya.

Agar membuat bisnis kateringmu lebih menarik, kamu bisa menawarkan beberapa opsi yang disukai oleh tipe customer tertentu. Misalnya, kamu bisa memberikan opsi vegan atau opsi protein tinggi.

5. Jasa laundry kiloan

Kalau di tempat tinggalmu banyak-kos-kosan mahasiswa atau karyawan, bisa jadi bisnis laundry kiloan adalah bisnis yang cocok untuk kamu jalankan. Apalagi, mahasiswa dan karyawan pada umumnya terlalu sibuk sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri dan menyetrikanya. Dengan berbekal mesin cuci dan setrika, kamu sudah bisa menjalankan ide usaha rumahan kreatif yang satu ini.

6. Penulis lepas

Suka menulis? Mungkin kamu bisa mencoba untuk menjadi penulis lepas atau freelance writer. Biasanya, pelaku bisnis membutuhkan penulis lepas untuk menuliskan materi iklan, blog, dan kebutuhan promosi lainnya. Jika belum memiliki portofolio menulis, kamu bisa menulis mulai dari sekarang di blog pribadimu mengenai hal yang menurutmu menarik.

7. Karya kesenian daur ulang

Ide bisnis kreatif yang terakhir adalah membuat karya kesenian daur ulang. Usaha ini cocok dilakukan oleh kamu yang gemar membuat kerajinan tangan. Daripada waktu luangmu tidak digunakan untuk apa-apa, kamu bisa mulai membuat kesenian daur ulang dan menjualnya secara online

Meskipun menggunakan bahan daur ulang, usahakan bahan tersebut berkualitas baik agar produkmu bisa bertahan lama. Misalnya jika kamu menggunakan tali rafia untuk kesenianmu, pilih saja tali rafia super dari Laksana Mas Agung. Selain kualitasnya yang bagus, warna tali rafia ini juga glossy sehingga sangat cocok untuk dijadikan karya seni.

Baca Juga: Begini Cara Mengikat Kardus dengan Tali Rafia agar Tak Mudah Lepas

Jadi, itulah dia tujuh ide usaha rumahan kreatif yang bisa kamu coba mulai dari sekarang. Gimana, kamu jadi terinspirasi setelah melihat contoh usaha kreatif dan inovatif ini? Selama kamu melakukannya dengan niat, cepat atau lambat hasilnya akan terlihat, kok! Jangan lupa jika membutuhkan tali rafia untuk membuat kesenian daur ulang, gunakanlah tali rafia dari Laksana Mas Agung. Tali rafia ini bisa kamu temukan secara online di Shopee serta Tokopedia Laksana Mas Agung. Yuk, mulai bisnismu sekarang!