Begini Cara Membuat Pembukuan Warung Sembako yang Tepat!

12 Juni 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1689827765.jpg

Terlepas dari jenis dan skala suatu usaha, pembukuan memiliki peran yang begitu penting. Apalagi kalau kamu menjalankan usaha warung sembako yang menjual banyak produk, mengetahui cara membuat pembukuan warung sembako akan sangat membantu kamu dalam mengatur stok serta mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran. Berdasarkan data dari pembukuan, kamu pun dapat merasakan berbagai manfaat lain untuk kemajuan usaha kamu.

Dengan melakukan pembukuan, secara tidak langsung kamu sudah memisahkan aset usaha dan pribadi. Jadi, keduanya pun tidak tercampur sehingga kamu bisa lebih mudah mengelola aset dan modal untuk mengembangkan warung sembako secara optimal.

Baca Juga: Mari Menghitung Modal Warung Sembako yang Kamu Butuhkan!

Cara Membuat Pembukuan Warung Sembako

Agar bisa merasakan seluruh manfaat tersebut secara optimal, kamu perlu mengetahui cara membuat pembukuan warung sembako dengan tepat. Berikut langkah-langkah umum yang bisa kamu ikuti.

Langkah 1: Menentukan jenis pembukuan yang tepat

Yes, pembukuan usaha memang terdiri dari berbagai jenis. Itulah kenapa kamu perlu menentukan dulu jenis pembukuan yang tepat pada langkah pertama ini. Kalau tujuannya adalah mencatat keluar-masuknya barang sembako, maka kamu bisa melakukan pembukuan stok barang.

Hal tersebut berbeda dari jenis pembukuan pemasukan yang mencatat jumlah penjualan warung sembako selama satu periode, misalnya dalam seminggu atau sebulan. Sementara itu, pembekuan pengeluaran memberikan gambaran tentang seluruh pengeluaran usaha kamu. Itulah kenapa kamu perlu melakukannya setiap hari agar tidak ada transaksi yang terlewat.

Selain itu, ada pula yang dinamakan pembukuan laba rugi. Nah, kesimpulan apakah usaha kamu mengalami laba atau rugi baru bisa dilihat setelah kamu meninjau pemasukan dan pengeluaran warung sembako dalam periode tertentu. Kamu hanya perlu mengurangi total pemasukan dengan total pengeluaran.

Langkah 2: Membuat daftar inventaris

Cara membuat pembukuan warung sembako juga melibatkan daftar inventaris. Dalam menjalankan usaha satu ini, tentu kamu juga membutuhkan barang-barang lain seperti laptop, rak sembako, dan alat tulis untuk menunjang usaha. Nah, barang-barang inilah yang perlu kamu catat dalam daftar inventaris. Pada pembukuan satu ini, tuliskan jenis barang, kondisi barang, jumlah barang, hingga asal muasal barang (apakah dari pembelian, pemberian, dan lainnya).

Langkah 3: Catat pendapatan dan pengeluaran harian

Sembako merupakan produk kebutuhan pokok sehingga kemungkinan besar warung kamu kedatangan pembeli setiap harinya. Artinya, setiap hari ada transaksi yang terjadi. Kamu wajib mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran harian yang terjadi di warung sembako, bahkan untuk pecahan terkecil sekalipun. Lalu, tuliskan pula tanggal dan keterangan dari tiap transaksi yang dilakukan pada hari itu untuk meminimalisir adanya transaksi yang terlewat.

Tenang, kamu tidak perlu melakukannya secara manual meskipun hal ini juga sah-sah saja dilakukan. Namun, kalau mau cara yang lebih praktis, kamu bisa menggunakan sistem kasir point-of-sales (POS) yang dapat mencatat setiap transaksi secara otomatis sehingga sangat hemat waktu dan tenaga.

Langkah 4: Membuat laporan keuangan bulanan

Dari pembukuan pemasukan dan pengeluaran yang sudah kamu buat setiap hari, kamu bisa menyusunnya menjadi laporan keuangan bulanan. Kompilasikan semua data menjadi satu laporan arus kas yang memungkinkan kamu untuk melihat perubahan saldo dengan lebih jelas. Umumnya, laporan satu ini terdiri dari jenis transaksi, debit, kredit, dan saldo. Dilansir dari Mitra Bukalapak, kira-kira begini contoh pembukuan toko sembako manual untuk laporan keuangan bulanan:


Langkah 5: Memeriksa dan mengevaluasi pembukuan

Tujuan pembukuan warung sembako bukan hanya untuk disimpan. Sebaliknya, justru kamu perlu memeriksa dan mengevaluasi pembukuan secara berkala, misalnya tiap minggu atau sebulan. Dari hasil evaluasi, kamu bisa tahu kondisi keuangan warung sembako yang sesungguhnya. Jika memang ada penurunan, data dari pembukuan jugalah yang akan menunjukkan penyebabnya sehingga kamu bisa mengambil langkah tepat untuk memperbaikinya.

Manfaat dari Pembukuan Warung Sembako yang Baik

Selain itu, tujuan pembukuan pada dasarnya adalah untuk mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran usaha. Tiap bulannya, kamu bisa meninjau pembukuan tersebut untuk mengetahui banyak hal; pos yang paling banyak pengeluaran, produk yang paling laris dan tidak laku, jumlah keuntungan bulan ini dibandingkan bulan lalu, dan sebagainya. Dari sini, kamu pun bisa mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjaga kestabilan usaha kamu.

Tips untuk Meningkatkan Efektivitas Pembukuan Warung Sembako

Salah satu cara membuat pembukuan warung sembako berjalan efektif adalah dengan menunjuk seseorang untuk melakukannya secara rutin. Mengingat ia akan berurusan dengan data-data sensitif, pastikan orang tersebut memang ahli dalam pembukuan dan bisa kamu percaya.

Lalu, kalau kamu melakukan pembukuan secara manual, tentukan waktu yang tetap setiap harinya untuk membentuk kebiasaan. Misalnya, kamu bisa mencatat pembukuan tiap jam delapan malam setiap hari. Jika ingin lebih hemat waktu dan energi, berinvestasi pada teknologi POS—seperti yang disebutkan di atas—dapat menjadi solusi yang meringankan.

Baca Juga: 7 Tips Usaha Rumahan Supaya Cepat Untung

Dengan mengetahui cara membuat pembukuan warung sembako, kini kamu bisa lebih mudah mengatur stok barang serta mengelola arus kas usaha. Tak kalah penting dari rutin melakukan pembukuan, bekerja sama dengan supplier terpercaya juga dapat mempengaruhi keberhasilan usaha warung sembako milikmu.

Khusus untuk kebutuhan supplier tali rafia di warung sembako, kamu bisa mempercayakannya kepada Laksana Mas Agung yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Tiap produk tali rafia Laksana Mas Agung memiliki tekstur lembut dan ketahanan yang kuat, sehingga cocok untuk mengikat produk-produk sembako di warung kamu sebelum digantungkan pada display. Alternatifnya, kamu juga bisa menjual tali rafia Laksana Mas Agung di warung kamu!

Jadi, ayo kembangkan usaha warung sembako kamu dengan bermitra bersama Laksana Mas Agung! Ada banyak benefit yang bisa kamu dapatkan, lho, mulai dari harga murah hingga gratis ongkir. Untuk info selengkapnya, langsung saja klik di sini!