Cara Membuat Gelang Rumbai dari Tali Rafia, Hanya 5 Menit!

16 Januari 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1673840849.jpg

Kamu sedang mendapatkan tugas sekolah untuk membuat kerajinan tangan dari bahan di sekitar? Atau mungkin kamu membutuhkan kostum untuk pementasan tari Sajojo? Jika iya, maka kamu datang ke tempat yang tepat!

Pada artikel ini, kami akan memberikan tata cara membuat gelang rumbai dari tali rafia. Ya, gelang rumbai merupakan salah satu dari beberapa aksesoris yang digunakan oleh para penari Sajojo. Untuk membuatnya, kamu hanya memerlukan waktu lima menit saja, lho! Penasaran, kan? Yuk, simak artikelnya!

Baca Juga: Cara Membuat Gelang Tangan dari Tali, Mudah Diikuti!

Alat dan Bahan

Sebelum mulai membuat gelang rumbai, ada beberapa alat dan bahan yang perlu kamu persiapkan. Tenang saja, alat dan bahan ini mudah di temukan di sekitarmu. Berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat gelang rumbai:

  • Gunting

  • Garpu

  • Peniti

  • Tali rafia

Cara Membuat Gelang Rumbai dari Tali Rafia

Setelah alat dan bahan tersedia, kamu bisa segera memulai proses pembuatan kerajinan tangan yang satu ini. Cara buat gelang dari tali rafia tidak sesulit itu, kok! Bahkan, kamu bisa menyelesaikannya dalam lima menit saja. Yuk, kita mulai!

1. Siapkan tali rafia

Saat membuat gelang rumbai untuk properti Tari Sajojo, kamu bisa menggunakan tali rafia jenis apa pun yang tersedia di rumahmu. Namun, untuk hasil yang cantik, tentunya kamu memerlukan tali rafia berkualitas baik agar serabut rafia nantinya jadi terlihat halus. Untuk warnanya sendiri, kamu bisa menggunakan warna apa pun sesuai selera. Tapi, agar gelang rumbai tampak cantik, diperlukan warna terang dan glossy yang biasa kamu temukan pada tali rafia kualitas super, seperti buatan Laksana Mas Agung.

2. Ukur tali rafia sesuai lengan 

Berikutnya, ambil seuntai tali rafia dan lingkarkan pada lenganmu. Tandai lingkar lengan tersebut dengan jari, lalu tambahkan panjang tali tersebut beberapa centimeter. Nantinya, sisa tali rafia ini akan digunakan untuk mengikat gelang ke lengan. Jadi, usahakan sisa tali tersebut tidak terlalu pendek agar kamu bisa dengan mudah membuat simpul.

3. Ambil tali rafia lagi untuk dijadikan rumbai

Setelah gelang jadi, sekarang saatnya menambahkan rumbai. Ukuran rumbai ini bisa kamu sesuaikan dengan seleramu. Jika menginginkan rumbai yang panjang, maka potong tali rafia seukuran jengkal orang dewasa. Tidak perlu takut terlalu panjang. Jika nanti ternyata rumbai terlalu panjang, kamu bisa memotongnya dengan menggunakan gunting.

4. Pasang tali rafia pada gelang

Setelah menemukan satu ukuran yang cocok, potonglah secukupnya tali rafia yang berukuran sama untuk ditempelkan ke gelang yang sebelumnya sudah dibuat. Cara menempelkannya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengikatkan tali tersebut pada gelang dengan cara membuat simpul. Agar kamu tidak perlu mengikat terlalu banyak tali, ada tips tersendiri, kok!

Caranya adalah tentukan ukuran tali rafia yang kamu inginkan, kemudian kalikan dua. Setelah itu, barulah potong tali rafia dengan ukuran tersebut. Saat akan mengikatkannya ke gelang, kamu bisa membulatkan tali pendek ke gelang, lalu buat simpul tepat di tengah tali yang pendek tersebut. Dengan begitu, kamu otomatis telah membuat dua ujung rumbai. 

Ulangi langkah tersebut hingga gelang terisi penuh. Tapi ingat, kamu perlu menyisakan ruang kosong di kedua ujung gelang agar bisa mengikatkannya pada lenganmu. 

5. Buatlah rumbai

Setelah gelang dipenuhi oleh tali rafia pendek, hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah mulai membuat rumbai. Cara buat rumbai dari tali rafia sangat mudah, kok!

Caranya, kamu hanya perlu mengurai tali rafia dengan menggunakan tangan. Agar proses lebih cepat dan rumbai terasa lebih halus, kamu bisa menggunakan beberapa alat bantuan seperti garpu atau peniti. Kunci dari langkah ini adalah kesabaran. Agar tidak bosan, kamu bisa menyelesaikan langkah ini sambil mendengarkan lagu. Jika kamu memilih untuk menggunakan bantuan garpu dan peniti, jangan sampai hilang konsentrasi, ya!

6. Gelang rumbai siap untuk digunakan

Setelah kamu puas dengan rumbai yang dihasilkan, berarti gelang rumbai sudah jadi dan siap untuk digunakan! Jika kamu merasa ada rumbai yang tidak rata, gunakan gunting untuk memotong rumbai tersebut sama rata. 

Baca Juga: Tutorial Cara Buat Rumbai dari Tali Rafia untuk Rok

Sekian cara membuat gelang rumbai dari tali rafia. Agar gelang rumbaimu tampak cantik, tentu saja diperlukan tali rafia yang berkualitas tinggi. Nah, kamu tidak perlu bingung harus membeli tali rafia di mana. Beli saja tali rafia dari Laksana Mas Agung! 

Kami menyediakan berbagai macam tali rafia, termasuk tali rafia super dengan ragam warna yang menarik dan pastinya berkualitas tinggi. Cara mendapatkannya pun mudah, kamu hanya perlu mengunjungi toko kami yang tersedia di Shopee dan Tokopedia. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi kami secara langsung melalui WhatsApp. Yuk, buat gelang rumbai cantik dari tali rafia Laksana Mas Agung!