Cara Membuat Hiasan Ketupat dari Tali Rafia, Simpel!

12 April 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1681293335.jpg

Lebaran akan tiba sebentar lagi. Untuk menyambut tamu-tamu yang akan datang silaturahmi, kue kering dan minuman segar saja tidak akan cukup. Kamu bisa mempersiapkan rumah dengan mengecat ulang ruang tamu, membersihkan rumah, atau sekadar menambah dekorasi ala Lebaran. 

Misalnya saja, kamu bisa menggantungkan hiasan ketupat di pintu atau tembok. Tenang saja, cara membuat dekorasi ketupat ini simpel sekali, kok! Bahkan, kamu bisa membuatnya secara sederhana dari tali rafia. Memang, bagaimana cara membuatnya? Ayo kita cari tahu!

Baca Juga: Meriahkan Suasana Rumah dengan 4 Dekorasi Ramadhan Ini!

Cara Membuat Hiasan Ketupat dari Tali Rafia

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan kegiatan membuat hiasan ketupat dari pita atau tali rafia. Memang, aktivitas ini sering hadir dalam mata pelajaran kesenian untuk murid sekolah dasar dari dulu hingga sekarang. Tapi, tidak perlu khawatir seandainya kamu sudah lupa caranya! Mari kita simak alat yang harus kamu siapkan dulu di bawah ini.

Alat dan bahan

Untuk membuat hiasan ketupat anyam sederhana, kamu tidak memerlukan terlalu banyak peralatan dan bahan, kok. Pertama dan yang terpenting, siapkan gulungan tali rafia dengan dua warna yang berbeda. Lalu, jangan lupakan gunting dan selotip secukupnya untuk membantumu nanti. Bingung harus memilih warna tali rafia seperti apa? Simak tips berikut ini, ya!

Supaya hiasan ketupat buatanmu tampil lebih cantik, pilihlah kombinasi warna netral dan warna terang favoritmu, misalnya putih dan pink atau orange dan putih. Kalau mau, kamu bisa menggabungkan dua warna terang yang harmonis seperti biru dan kuning. Tapi, tidak ada salahnya juga memilih paduan warna ketupat klasik khas Lebaran, yaitu kuning dan hijau. Apapun pilihan warna dekorasi ketupatmu, sesuaikan saja dengan seleramu!

Langkah-langkah pembuatan

Lalu, bagaimana cara membuat hiasan ketupat dari tali rafia? Prosesnya sangat simple, kok! Kamu cukup mengikuti langkah-langkah berikut setelah mendapatkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan:

  1. Potong tali rafia secukupnya, dan gulungkan warna pertama sebanyak tiga kali pada keempat jari tangan kiri;

  2. Rekatkan bagian bawah gulungan tali rafia dengan selotip untuk mempertahankan bentuknya dan sisihkan untuk sementara;

  3. Ambil tali rafia warna kedua, dan gulungkan sebanyak tiga kali pada keempat jari tangan kanan;

  4. Tempelkan selotip pada bagian bawah hasil gulungan warna kedua.

Itu dia langkah awal persiapan dekorasi ketupat. Selanjutnya, kamu akan membuat hiasan ketupat dengan proses menganyam tali rafia, atau menyilangkan kedua warna secara bergantian. Sebelum itu, kamu harus mengetahui letak baris anyaman dulu supaya lebih mudah. 

Ingat, baris pertama anyaman adalah gulungan pita yang paling dekat dengan ujung bantalan jarimu, terlepas di tangan kiri atau kanan. Kalau kamu sudah menemukannya, kamu bisa mempraktikkan tahap berikutnya di bawah ini:

  1. Geser baris pertama dari kedua tali rafia sampai ke ujung jari, dan jepit bagian bawahnya untuk menciptakan sebuah lubang di atas;

  2. Masukkan lubang tali rafia warna kedua dari bagian atas warna pertama;

  3. Sisipkan tali rafia tersebut dari bagian bawah baris kedua warna pertama;

  4. Masukkan kembali lubang tali rafia warna kedua dari atas;

  5. Ulangi proses yang sama pada bagian berikutnya, kali ini dimulai dengan memasukkan lubang tali rafia warna kedua dari bawah warna pertama;

  6. Selesaikan bagian terakhir untuk membentuk kerangka hiasan ketupat;

  7. Untuk merapikan bentuk ketupat, anyam kembali ekor tali rafia warna kedua yang menjuntai ke kanan dari bagian bawah, atas, dan bawah warna pertama;

  8. Lakukan hal yang sama dengan ekor tali rafia di sebelah kiri dari atas, bawah, dan atas warna pertama;

  9. Lepaskan selotip yang dipasang sebelumnya;

  10. Kencangkan anyaman tali rafia kalau diperlukan, dan samakan panjang kedua ekor di bagian atas dan bawah hiasan ketupat;

  11. Gunting ujung ekor tali rafia atas dan bawah dalam bentuk segitiga untuk membentuk ujung runcing di kedua sisi. Hiasan ketupat sudah jadi, deh!


Baca Juga: 6 Kegiatan Ngabuburit Ramadhan agar Kamu Lupa Waktu!


Dengan mendekor rumah saat Lebaran nanti, suasana Hari Raya pasti akan terasa lebih meriah dan menyenangkan. Agar hiasan ketupat tampak bagus, jangan lupa gunakan tali rafia yang berkualitas dan memiliki warna glossy, ya! Contohnya, kamu bisa mencoba menganyam dengan tali rafia dari Laksana Mas Agung. 

Soalnya, pilihan varian warna tali rafia Laksana Mas Agung sangatlah beragam, dan bahkan beberapa di antaranya jarang ditemukan di pasaran, lho! Selain itu, talinya juga mudah digunakan untuk kerajinan tangan apa pun, termasuk anyaman, karena ringan dan kokoh. Nah, kalau kamu ingin mencoba membuat dekorasi ketupat untuk Lebaran, yuk, mampir ke official online store LMA di Shopee atau Tokopedia dan pesan tali rafia warna favoritmu dari sekarang!