Cara Membuat Lato-lato, Mainan Unik yang Viral!

18 Februari 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1676714675.jpg

Belakangan ini, sedang viral sebuah mainan yang dikenal dengan nama lato-lato. Permainan ini kemudian banyak dimainkan oleh berbagai kalangan, bahkan sampai ada turnamen lato-lato. Nah, kamu sudah tahu belum kalau mainan ini bisa dibuat secara DIY? Daripada mengeluarkan uang untuk membeli mainan lato-lato, lebih baik kamu simak cara membuat lato-lato di bawah ini, yuk!

Baca Juga: Mudah dan Murah, Cara Membuat Mainan Kucing dari Tali Rafia!

Sejarah lato-lato

Tahukah kamu kalau permainan lato-lato yang saat ini sedang tren itu ternyata sudah ada sejak tahun 1960-an? Permainan ini berasal dari negeri Paman Sam atau Amerika Serikat. Awalnya, lato-lato disebut dengan clackers, knockers, atau click-clacks dan dibuat dari bahan dasar kayu atau logam.

Seiring berjalannya waktu, clackers kemudian dibuat dari bahan tempered glass. Akan tetapi, bahan kimia yang terkandung dalam tempered glass dinilai berbahaya karena mudah terbakar serta mengandung bahan radioaktif. Bahkan, Lembaga Food and Drug Administration sempat mengeluarkan surat peringatan bahaya permainan lato-lato pada 1966.

Larangan tersebut akhirnya diperpanjang sampai tiga tahun berikutnya. Namun, penyebaran permainan ini sudah sampai ke bagian pelosok Italia, yakni daerah Calcinatello. Sehingga, lato-lato masih tetap ada, tapi bahan dasarnya diganti menjadi plastik polimer yang dianggap lebih aman.

Meski berhasil menjangkau daerah Calcinatello, bukan itu awal mula permainan ini disebut lato-lato di Indonesia. Kata lato-lato berasal dari bahasa suku Bugis, yakni kajao-kajao, yang artinya nenek-nenek. Dari kajao-kajao, orang lalu menyederhanakannya menjadi kato-kato, kemudian berubah menjadi lato-lato seperti yang kita ketahui sekarang ini.

Cara membuat lato-lato

Cara membuat lato-lato yang sudah tren sejak tahun 1990-an di Indonesia ini ternyata cukup mudah, lho. Kamu tinggal siapkan saja alat dan bahannya, meliputi:

  • Bola plastik lato lato berukuran sama (2 buah);

  • Tali rafia;

  • Gunting.

Lalu, mulailah untuk membuat lato-lato dengan mengikuti cara berikut:

  1. Sesuaikan panjang tali yang kamu inginkan;

  2. Gunting bila dirasa panjang tali sudah sesuai;

  3. Setelah itu, kaitkan tali di kedua lubang bola lato-lato;

  4. Jepit tali tersebut sampai bola menggantung di posisi yang seimbang;

  5. Lato-lato DIY sudah bisa kamu mainkan.

Tips bermain lato-lato

Banyak orang yang langsung bisa memainkan lato-lato. Namun, tak sedikit juga yang mengaku selalu gagal saat ingin memutar lato-lato dengan lebih kencang. Agar bisa bermain lato-lato seperti halnya para profesional, kamu harus memilih tali rafia yang berkualitas baik seperti dari Laksana Mas Agung.

Tali rafia dari Laksana Mas Agung terbuat dari bahan daur ulang sampah plastik sehingga dijamin ramah lingkungan. Kamu juga bisa memilih tali rafia berdasarkan jenis maupun warnanya. Ada banyak sekali varian warna yang tersedia, mulai dari merah, kuning, hitam, putih, sampai abu-abu, semuanya ada di Laksana Mas Agung!

Nah, setelah memastikan tali lato-lato terbuat dari bahan bermutu, kamu bisa mengikuti tips bermain lato-lato berikut ini.

  1. Pegang lato-lato dengan tangan yang paling sering kamu pakai, biasanya orang menggunakan tangan kanan, kecuali kalau kamu kidal;

  2. Masukkan jari telunjuk dan tengah ke lubang tali lato-lato. Lubang ini terdapat di tengah-tengah tali sehingga bola menggantung pada posisi seimbang;

  3. Ayunkan lato-lato secara perlahan dengan menggerakkan tangan ke atas dan ke bawah;

  4. Setelah terayun ringan, kamu bisa meningkatkan kecepatan sampai kedua bola memantul di bawah maupun atas permukaan tanganmu;

  5. Fokuskan pikiranmu hanya pada permainan ini supaya bola tidak meleset. Pasalnya, konsentrasi merupakan hal yang dibutuhkan dalam permainan ini;

  6. Jika gagal, kamu bisa mengulanginya sampai berhasil.

Baca Juga: Cara Membuat Pecut dari Tali Rafia, Ternyata Mudah!

Setelah membaca artikel di atas, apakah kamu makin ingin mencoba permainan yang ada di Amerika Serikat sejak tahun 1960-an ini? Agar lebih hemat, kamu bisa membuat lato-lato sendiri dengan menggunakan tali rafia dari Laksana Mas Agung, lho!

Tali rafia dari Laksana Mas Agung tersedia dalam berbagai macam pilihan warna sehingga bisa kamu pilih sesuai selera. Kualitasnya juga bagus dan terbuat dari bahan yang tidak merusak lingkungan. Yuk, dapatkan produk tali rafia dari Laksana Mas Agung sekarang dengan cara mengunjungi e-commerce kami di Tokopedia, Shopee, atau dengan mengontak langsung melalui WhatsApp. Selamat mencoba!