Cara Memotong Tali Rafia dengan Tangan yang Tepat biar Rapi

19 Juli 2024

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1721363545.jpg

Bagaimana, sih, cara memotong tali rafia dengan tangan? Soalnya, tidak dapat dimungkiri bahwa kegunaan tali rafia dalam kehidupan sehari-hari sangatlah beragam. Kamu bisa menggunakannya untuk mengikat kardus atau plastik, memperbaiki sandal putus, atau menjadikannya gantungan jemuran. Bahkan, beberapa orang juga memanfaatkan tali rafia untuk berbagai project kreatif, seperti dekorasi ulang tahun, pom-pom untuk dancing, hingga membuat vas bunga. 

Nah, tiap keperluan tersebut membutuhkan panjang tali rafia yang berbeda. Pada situasi ideal, kamu bisa memotong tali rafia dengan gunting, cutter, atau pisau. Namun, bagaimana jika kamu sedang tidak memiliki alat bantu? Untungnya, kamu bisa memotong tali rafia dengan tangan kosong. Yuk, cari tahu cara-caranya melalui ulasan di bawah ini!

Baca Juga: Mengenal Macam-macam Simpul Tali, Bisa Dipakai untuk Ikat Barang!

Cara 1: Membuat Simpul Tali Rafia dengan Tangan Kosong

Cara pertama memotong tali rafia tanpa alat bantu adalah dengan membuat simpul. Pertama, lipat tali rafia pada bagian yang ingin kamu potong. Lalu, buatlah simpul pada bagian tersebut. Peganglah masing-masing ujung tali rafia dengan tangan kanan dan kirimu. 

Kemudian, hentakkan tali rafia secara bersamaan. Pastikan kamu melakukannya secara keras dan kuat, ya. Tarikan kuat inilah yang akan membuat tali rafia terputus dengan sendirinya, tepatnya pada bagian simpul yang telah kamu buat. 

Cara 2: Lilitkan Tali Rafia pada Tangan Kosong

Masih dengan tangan kosong, kamu juga bisa memotong tali rafia dengan cara melilitkannya pada telapak tangan. Pertama, hadapkan telapak tangan ke arahmu. Lalu, lilitkan tali rafia mengelilingi telapak tangan, tepatnya di bagian bawah keempat jari. Pastikan salah satu bagian tali rafia lebih panjang daripada bagian lainnya.

Setelah itu, lilitkan tali rafia yang panjang ke depan telunjuk, lalu mengelilingi jari tengah. Kemudian, genggamlah tali rafia tersebut dan tarik salah satu ujungnya secara keras. Berikan hentakan yang kuat agar tali rafia bisa segera terputus.

Cara 3: Ikatkan Tali Rafia pada Kaki Meja

Sebetulnya, cara memotong tali rafia dengan tangan ini mirip dengan cara pertama. Bedanya, kali ini kamu bisa memanfaatkan kaki meja agar lebih mudah. Ikatkan dulu tali rafia pada salah satu kaki meja. Pastikan ikatannya kuat agar tidak lepas saat nanti kamu memotong tali. Selain itu, biarkan salah satu sisi tali rafia tetap panjang untuk memudahkan pemotongan.

Ambillah sisi tali rafia yang panjang tersebut. Lalu, buatlah simpul pada bagian yang ingin kamu potong. Jika sudah, lilitkan tali rafia pada telapak tangan, tapi dengan posisi jempol dan jari telunjuk memegang bagian simpul. Kemudian, tariklah tali rafia dengan hentakan keras dan kuat untuk memotongnya.

Cara 4: Memotong Tali Rafia dengan Tangan dan Injak Kaki

Cara lain memotong tali rafia tanpa bantuan alat adalah dengan menggunakan tangan dan kaki. Kamu hanya perlu menginjak salah satu ujung tali rafia, lalu peganglah ujung lainnya dengan tanganmu. Tarik tali rafia tersebut agar lebih tegang dan kencang. 

Setelah itu, lingkarkan bagian tali rafia yang ingin kamu potong pada tegangan tali tadi. Gerakkan tali rafia bolak-balik dan berulang kali. Gesekan tersebut akan membuat tali rafia terpotong dengan sendirinya. Dengan begini, hasil potongan tali rafia akan terlihat lebih rapi. Cara ini juga cocok untuk kamu yang tidak ingin mengerahkan terlalu banyak tenaga untuk memotong tali rafia.

Baca Juga: Begini Cara Mengikat Kardus dengan Tali Rafia agar Tak Mudah Lepas


Meskipun sedang tidak ada gunting, cutter, atau alat bantu lain, kamu tetap bisa memotong tali rafia dengan tangan kosong. Terapkan cara memotong tali rafia dengan tangan sesuai instruksi simpel di atas. Tak kalah penting, pastikan pula tali rafia tersebut memiliki kualitas baik agar hasil potongannya pun rapi. Tenang saja, kamu bisa mendapatkannya di Laksana Mas Agung!

Laksana Mas Agung memproduksi tali rafia dari bahan-bahan yang dapat didaur ulang, sehingga lebih ramah lingkungan. Selain itu, tali rafia laksana Mas Agung juga bertekstur lembut, dengan pilihan warna yang beragam dan tidak mudah luntur. Bahkan, lapisan rafianya juga konsisten sehingga dapat memenuhi berbagai keperluan sehari-hari dengan maksimal.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan tali rafia Laksana Mas Agung melalui Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak. Kunjungi juga website Laksana Mas Agung untuk berkenalan lebih jauh dengan produk-produk tali rafia kami!