Cara Mengikat Buku dengan Tali Rafia secara Cepat dan Mudah

22 September 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1695374160.jpg

Tumpukan buku yang berserakan sering kali mengganggu pandangan mata. Sementara itu, untuk membawa tumpukan buku dengan tangan kosong pun cukup menyulitkan. Maka dari itu, kamu pastinya butuh alat bantu untuk membawa buku-buku tersebut supaya lebih mudah, kan? Biasanya, tali rafia sering digunakan untuk membawa tumpukan buku. Namun, bagaimana cara mengikat buku dengan tali rafia?

Baca Juga: Begini Cara Mengikat Kardus dengan Tali Rafia agar Tak Mudah Lepas

7 Langkah Cara Mengikat Buku dengan Tali Rafia

Membuat simpulan tali rafia untuk tumpukan buku mungkin sudah sering kamu lihat dan sekilas terlihat mudah. Namun, tidak semua orang ahli dalam melakukannya. Simak 8 cara mengikat buku dengan tali rafia melalui penjelasan di bawah ini, yuk!

1. Persiapkan alat dan bahan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan sebelum fokus pada simpul tali adalah mempersiapkan alat dan bahan. Tentunya, alat pertama yang kamu butuhkan adalah gunting. Selanjutnya, kamu juga pastinya butuh tali rafia untuk mengikatnya. Memang hanya 2 alat dan bahan ini yang kamu butuhkan untuk melakukan cara mengikat tali rafia. Simpel, kan?

2. Posisikan tali dan tumpuk buku berurutan

Untuk memulai langkah simpul, kamu bisa mencari meja atau permukaan yang datar. Posisikan tali secara horizontal melintang dengan posisi buku yang vertikal. Setelah tali sudah siap, letakkan buku di atas talinya.

Supaya simpul nantinya tidak gampang dan goyang, tumpukan buku wajib ditata secara berurutan, mulai dari yang paling lebar di bagian bawah hingga yang paling kecil untuk urutan teratas. Supaya terlihat lebih rapi lagi, kamu juga bisa mengelompokkan buku berdasarkan tema atau serinya. Dengan demikian, nantinya kamu juga tidak perlu menata ulang saat akan dipindah ke rak atau tempat lain.

3. Gunting tali

Pada poin ke-3 cara mengikat buku dengan tali rafia, kamu bisa mempersiapkan gunting. Guntinglah tali dengan panjang yang kira-kira mencukupi untuk keseluruhan simpul. Mungkin, kamu bisa menyesuaikan panjang tali sekitar 2 sampai 3 kali panjang buku.

4. Lingkaran tali dan bentuk simpul pertama

Untuk langkah selanjutnya, kamu bisa mengangkat tali yang sudah terbentang horizontal di bawah buku tersebut. Lalu, baru kamu bisa masuk ke langkat simpul pertama yang paling inti. Ikat tali dengan cara melintang biasa. Tarik satu tali yang sudah diikat ke arah atas dan tali satunya ke arah bawah. Pertahankan kedua posisi tersebut. Langkah setelah ini cukup tricky, tapi tetap pertahankan posisi itu sambil balikkan buku secara cepat supaya posisinya tetap rapi.

5. Rapikan tali dan buku

Setelah buku selesai dibalik dengan posisi yang pas, kamu memasukkan setiap tali ke dari bawah tali yang sudah melintang horizontal tadi. Begitu pula juga berlaku untuk tali satunya, masukkan dari atas ke bawah bagian tali horizontal.

Kalau ada buku yang posisinya bergeser, rapikan terlebih dahulu agar nanti tidak licin atau goyah saat dibawa. Saat menyelesaikan langkah ini dengan tepat, baru kamu bisa mulai tenang dan masuk cara mengikat buku dengan tali rafia bagian akhir.

6. Selesaikan simpulan

Setelah simpulan sudah rapi membentuk tanda +, kamu bisa mengikat simpulannya dengan sederhana atau sesuai preferensi, seperti simpul mati atau simpul buku sila. Tarik kuat-kuat simpulnya untuk memastikan talinya tidak lepas dan cara mengikat buku dengan tali rafia sudah benar.

Bisa dibilang langkah ini sudah memasuki langkah akhir simpulan. Namun, jika ingin lebih kokoh dan kuat lagi. Kamu bisa menambahkan simpulan dengan langkah yang sama. Selain itu, langkah di poin 7 juga bisa membuat simpulan bukumu lebih menarik.

7. Tambahkan sentuhan akhir (opsional)

Setelah memastikan simpul tali dan tumpukan bukunya sudah rapi dan kuat, kamu juga bisa menambahkan dekorasi tambahan kalau mau. Contohnya, kamu bisa menambahkan tali dengan simpul pita di bagian atas. Jika ingin lebih cantik lagi, pakai jenis tali lainnya untuk bagian dekorasi ini, seperti pita satin, tali sintetis, atau tali kertas. Dekorasi tambahan ini bisa berguna jika memang tumpukan buku itu nantinya akan sekedar kamu tumpuk dan tidak akan dipindahkan ke rak.

Baca Juga: Simpel, Cara Mengikat Es Batu Pakai Tali Rafia!

Selain memastikan cara mengikat buku dengan tali rafia sudah benar dan sesuai urutan, kamu juga wajib memastikan bahwa tali rafia yang digunakan kuat dan berkualitas. Tidak perlu repot-repot mencari lagi, kamu bisa gunakan tali rafia dari Laksana Mas Agung. Cara memesannya juga sangat mudah kok, soalnya kamu tinggal checkout langsung di e-commercenya, yakni Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak.