7 Daftar Usaha Modal 1 Juta yang Praktis untuk Pemula

20 Mei 2024

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1716184490.jpg

Banyak orang yang ragu ketika akan memulai usaha karena mengira bahwa modal yang disiapkan di awal harus besar. Padahal, kamu bahkan bisa memulai usaha modal 1 juta, lho! Penasaran modal 1 juta usaha apa saja? Biar kamu tidak bingung dan bisa segera menambah pemasukan, simak beberapa contoh berikut dari kami!

1. Jual Tali Rafia Eceran

Ide usaha modal 1 juta yang pertama adalah jualan tali rafia eceran. Seperti yang kita tahu, tidak semua orang butuh tali rafia gelondongan untuk keseharian mereka. Nah, kamu bisa sediakan solusi bagi mereka yang cuma ingin membeli beberapa meter saja. Beri harga sesuai jenis rafia dan panjang tali.

Biar usahamu tambah laris, tawarkan beberapa variasi rafia. Usahakan pilihan warnanya lengkap sehingga bisa mengakomodasi berbagai pilihan konsumen. Pilih juga rafia yang kualitasnya bagus sehingga tidak gampang putus atau punya tekstur yang kurang baik ketika digunakan. Brand rafia yang bisa kamu andalkan adalah Laksana Mas Agung.


2. Bisnis Camilan/Makanan Ringan

Nah, ada peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta yang bisa kamu coba, yaitu menjual makanan ringan. Camilan adalah jenis makanan yang disukai anak-anak sampai orang dewasa. Artinya, kamu punya target pasar yang sangat luas sehingga memungkinkan bisnis untuk bertumbuh lebih cepat.

Sekarang ini ada berbagai macam snack yang dijual dengan modal minim, kok, kamu bisa pilih yang teksturnya basah atau kering. Jika ingin lebih lama masa penyimpanannya, menjual jajanan kering mungkin lebih aman. Kamu juga bisa membuatnya sendiri biar lebih hemat, misalnya seperti keripik ubi ungu, keripik singkong, keripik tempe, basreng, dan lain-lain.

Baca Juga: Contoh Isi Warung Sembako Modal 2 Juta & Cara Memulainya


3. Bisnis Dropship

Sudah pernah dengar istilah dropship? Ini adalah jenis usaha yang tidak mengharuskanmu menaruh banyak stock di gudang. Artinya, kamu bisa memulai usaha tanpa membeli barang apa pun sebelum konsumen memintanya. Bisnis dropship biasanya dijalankan secara online melalui e-commerce. Cara kerjanya adalah kamu memasang katalog produk di profil bisnismu, tunggu sampai konsumen melakukan pemesanan, dan kirimkan barang dari supplier ke konsumen atas namamu atau dengan menekan tombol “Kirim sebagai Dropshipper”.

4. Bisnis Minuman Kekinian

Menjual minuman kekinian adalah salah satu contoh usaha bermodal minim yang bisa kamu lakukan di kampung. Kamu bisa mulai dengan menjual es teh, es lemon tea, atau sejenisnya yang cukup murah. Setelah laku, barulah kamu dapat mengembangkan usaha dengan menyediakan lebih banyak lagi varian minuman.

5. Menjual Kue Kering Homemade

Usaha modal 1 juta berikutnya adalah dengan menjual kue kering homemade. Kue kering ini biasanya sangat laku menjelang Hari Raya Idulfitri atau Natal sehingga kamu punya target yang jelas. Biar modal usahanya tidak terlalu banyak, kamu boleh menerapkan sistem pre order, yaitu hanya melayani pesanan pelanggan setelah mereka memesan dan membayarkannya.

Biar jualanmu makin menarik dan laris, jangan lupa untuk mementingkan kemasan kue keringmu. Masukkan kue-kue itu ke dalam toples bening dan pastikan tutupnya rapat. Setelah itu, berilah pita untuk mempercantik tampilannya. Kamu juga bisa mengemasnya dalam box hampers yang desainnya sesuai dengan tema perayaan.

6. Jualan Aksesori Wanita

Kamu adalah seseorang yang hobi atau punya kepiawaian dalam melakukan DIY? Manfaatkan bakatmu untuk berjualan aksesori wanita saja! Dengan membuka bisnis ini, kamu bisa menjual aneka barang–barang cantik, seperti scrunchie, gelang, kalung, cincin, scarf, dan lain-lain. Jangan lupa buat memotret dagangan semenarik mungkin. Lalu, tawarkan di media sosial agar target market-mu lebih luas. Jangan lupa, buat kemasan produknya tak kalah menarik dari isiannya biar konsumen merasakan kepuasan yang signifikan setelah belanja di tempatmu.

7. Jasa Sablon

Terakhir, kamu bisa buka usaha modal 1 juta di kampung dengan menyediakan jasa sablon. Jenis usaha semacam ini biasanya bakal laris ketika ada pesanan dari sekolahan, organisasi, komunitas, atau tempat lainnya yang menginginkan kaus berseragam. Kamu mungkin juga akan ramai pesanan saat menjelang masa-masa pemilu karena partai politik umumnya butuh banyak kaus partai untuk bahan mereka promosi. Jadi, bisa dibilang, bisnis sablon kaus adalah usaha yang modalnya minim, bisa dimulai sendirian, dan menawarkan keuntungan besar.

Baca Juga: 5 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar, Dijamin Cuan!

Nah, mana nih ide usaha modal 1 juta yang bakal kamu jalankan? Kalau kamu ingin berjualan tali rafia eceran, pastikan pembeliannya dari Laksana Mas Agung, produsen tali rafia berkualitas super yang sudah menjalankan bisnisnya selama bertahun-tahun. Gabunglah menjadi partner kami agar kamu mendapatkan harga terbaik!