Contoh Isi Warung Sembako Modal 2 Juta & Cara Memulainya

17 April 2024

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1713324104.jpg

Apa kamu sedang mencari ide bisnis yang menguntungkan, sekaligus mudah untuk pemula? Kamu bisa mempertimbangkan usaha warung sembako! Soalnya, bisnis ini selalu dicari banyak orang, apa pun musimnya. Bahkan, kamu dapat memulai bisnis warung sembako modal 2 juta rupiah saja, lho. Bagaimana caranya? Yuk, simak di artikel ini!

Baca Juga: Mari Menghitung Modal Warung Sembako yang Kamu Butuhkan!

Isi dan Cara Buka Warung Sembako Modal Kecil

Untuk memulai bisnis warung sembako modal 2 juta rupiah, pastikan kamu menjual beberapa dari barang berikut agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dan mencetak lebih banyak keuntungan:

1. Beras dan tepung terigu

Cara buka warung sembako modal kecil yang pertama sekaligus terpenting adalah menyediakan pangan pokok. Dengan kata lain, kamu perlu menjual beras untuk dimasak jadi nasi dan tepung terigu untuk membuat roti atau kue. Keduanya juga memiliki harga yang terjangkau, yaitu Rp300-310 ribu per karung beras dan Rp15 ribu per gram untuk tepung. Jadi, dengan modal Rp2 juta, kamu bisa menyetok sebanyak 2-4 kilogram.

2. Telur

Telur adalah alternatif protein yang cukup terjangkau, sehingga banyak orang yang membutuhkannya. Jadi, tidak ada salahnya kamu menjual telur segar curah sebanyak mungkin. Apalagi, modal 2 juta rupiah sangat cukup untuk satu pak telur dengan bobot 15 kg karena harganya hanya sekitar Rp360 ribuan. Lalu, jangan lupa juga untuk menyediakan timbangan telur yang harganya Rp50-55 ribuan saja agar konsumen bisa menimbang sesuai kebutuhan.

3. Minyak goreng

Mengingat populernya hidangan gorengan di tanah air, tentunya minyak goreng juga akan banyak dicari di warung sembako manapun. Nah, kamu bisa membeli minyak dengan harga Rp270 ribuan per pouch. Dari sana, kamu akan mendapatkan minyak goreng sebanyak 6 liter bermodalkan Rp2 juta.

4. Bumbu dapur

Karena masakan di Indonesia identik dengan rasa bumbu yang kuat, pastikan kamu juga menyediakan bumbu dapur seperti gula, garam, kecap, sambal, lada, bawang-bawangan, dan penyedap rasa di warung sembakomu. Dengan total modal Rp2 juta, kamu bisa membeli semuanya dalam jumlah yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan pembeli.

5. Produk kebersihan

Berikutnya, jangan lupa menyediakan aneka ragam produk kebersihan di warungmu. Contohnya, pembersih lantai, sanitizer untuk permukaan benda/meja, hand sanitizer, sabun mandi, dan shampoo. Semua benda ini akan sangat dibutuhkan oleh banyak orang, jadi tokomu akan lebih laris.

6. Produk instan

Untuk menunjang kemudahan pembeli, kamu juga bisa menyediakan produk yang tinggal diseduh seperti mie instan, kopi bubuk, dan teh celup di warung sembakomu. Berbekal modal 2 juta rupiah, kamu bisa membeli beberapa buah kardus dari produk ini. Apalagi, isi satu kardus bisa sangat banyak dan tanggal kadaluarsanya cukup lama, sehingga kamu dapat menyetok dengan mudah.

7. Tali rafia

Terakhir, tidak ada salahnya menjual tali rafia di warung sembako sebagai produk pelengkap. Soalnya, kebutuhan rumah tangga seperti mengikat bungkusan makanan, prakarya anak sekolahan, dan mengikat penyangga tumbuhan agar tidak mudah jatuh pastinya akan membutuhkan benda satu ini. Supaya tokomu semakin laris, pastikan kamu menyediakan tali rafia yang kokoh dalam aneka warna dan jenis, ya!.

Contoh Rincian Modal Usaha Warung Sembako 

Lalu, benda apa saja yang bisa kamu dapatkan untuk memulai warung sembako hanya bermodalkan sekitar Rp2 juta? Tidak perlu khawatir, kamu bisa menyimak rincian di bawah ini:

1 peti telur ayam Rp 366.000
1 karung beras 20-25 kg Rp 310.000
5 kg gula pasir Rp 72.500
2 liter minyak goreng Rp 192.000
1 dus mie instan isi 40 pcs Rp 109.000
21 bungkus garam dapur Rp 63.000
2 kg bawang putih Rp 42.000
2 kg bawang merah Rp 35.000
2 renceng penyedap bumbu instan Rp 10.000
4 kg tepung terigu: Rp 60.000
5 renceng kopi instan sachetan Rp 55.000
12 sachet kecap manis Rp 12.000
2 renceng kantong teh celup Rp 20.000
3 renceng shampoo sachetan Rp 28.500
3 buah sambal botolan Rp 55.200
5 buah sikat gigi Rp 27.500
5 kemasan deterjen 800 gram Rp 89.500
5 kg tali rafia
Rp 285.000

Jika ditotal, kamu hanya memerlukan modal Rp1.832.200,00 untuk mendapatkan semua benda tersebut.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Pembukuan Warung Sembako yang Tepat!

Itulah tips dan checklist yang kamu perlukan untuk membuka warung sembako modal 2 juta. Kuncinya, sediakan sebanyak mungkin barang kebutuhan rumah tangga, salah satunya tali rafia. 

Nah, untuk mendapatkan tali rafia secara grosiran dengan harga terjangkau, kamu bisa bergabung sebagai mitra Laksana Mas Agung, lho! Bahkan, kamu juga bisa semakin berhemat dengan gratis ongkos kirim kalau tokomu berdomisili di Jabodetabek dan untuk minimal pembelian 300 kg. Yuk, daftar sekarang di sini!