6 Ide Usaha Kerajinan Tangan yang Banyak Dicari

19 Maret 2024

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1710831001.jpg

Bagi yang ingin membangun bisnis sendiri sambil menyalurkan kreativitas, usaha kerajinan tangan sangat menarik buat dicoba. Apalagi, ada banyak ide kerajinan tangan yang bisa kamu pilih sesuai minat dan keahlian. Di sisi lain, produk kerajinan tangan juga biasanya mempunyai harga jual lebih tinggi karena dibuat secara handmade, sehingga memberikan kesan spesial dan eksklusif bagi para pembelinya. Lantas, apa saja produk kerajinan tangan yang bisa kamu jual?

Ide Usaha Kerajinan tangan

Pada umumnya, bisnis kerajinan tangan tidak memerlukan modal awal yang besar karena kamu bisa memanfaatkan bahan dan peralatan di sekitar, misalnya kain perca, tali rafia, atau anyaman dari bahan daur ulang. 

Namun, agar produk buatanmu punya nilai besar di pasaran, pastikan kamu melakukannya secara ulet dan terampil. Sedangkan untuk produknya, berikut beberapa ide kerajinan tangan untuk dijual:

Baca Juga: 8 Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual Online, Laku Keras!

Tas

Produk fesyen bakal selalu dibutuhkan untuk melengkapi penampilan. Kamu bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan menjual tas buatan sendiri. Untuk bahannya, pilihlah yang sesuai dengan kemampuan finansialmu. Kalau ada budget lebih, mungkin kamu dapat menggunakan kain denim, kanvas, atau jute sebagai bahan bagian luar tas. Sedangkan untuk bagian dalamnya, gunakan kain yang lembut seperti katun, flanel, atau sifon.

Tapi kalau budget kamu terbatas, masih banyak kok bahan lain yang bisa kamu pakai untuk membuat tas. Beberapa di antaranya seperti kain perci, karung goni, bahkan hingga ban bekas. Biar lebih menarik untuk usaha kerajinan tangan, tambahkan aksesori seperti tali rafia warna-warni, pernak-pernik, atau bros.

Aksesoris

Selain tas, aksesoris fesyen juga dapat menjadi ide bisnis kerajinan tangan yang menarik buat dicoba. Kamu bisa membuat cincin, gelang, hingga kalung dengan beragam desain. Berkreasilah dengan berbagai jenis bahan, mulai dari tali yang dikepang, manik-manik, batu permata, dan sebagainya. Jika memungkinkan, sediakan pula opsi custom desain untuk memberikan nilai tambah pada produk jualanmu.

Buket untuk wisuda

Sebagai bentuk apresiasi, banyak orang memberikan hadiah kepada teman atau anggota keluarga yang sedang wisuda. Nah, kamu bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan menjual buket khusus. Tak harus berisi bunga, coba kreasikan dengan opsi menarik lain seperti boneka, snack, produk makeup dan skincare, hingga uang. Atur tata letaknya sebagus mungkin agar menarik perhatian, sehingga nanti usaha kerajinan tangan milikmu semakin banyak pelanggan.


Lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi adalah lilin yang, ketika dinyalakan, dapat menghasilkan aroma harum dengan efek menenangkan. Biasanya, ia diletakkan di dalam ruangan untuk memberikan efek relaksasi. Selain untuk diri sendiri, banyak orang membeli lilin terapi sebagai hadiah. Itulah kenapa lilin aromaterapi dapat menjadi ide bisnis kerajinan tangan yang cukup menjanjikan.

Untuk membuatnya, kamu membutuhkan bahan-bahan seperti palm wax, soy wax, atau beeswax. Bahan utama tersebut kemudian dikombinasikan dengan berbagai variasi wewangian, tergantung dari jenis aroma yang ingin kamu hasilkan. Contohnya seperti lavender, lemon, vanila, peppermint, rose, melati, dan lemon.

Kreasi kain perca

Ide satu ini cocok buat kamu yang tinggal dengan pabrik atau rumah produksi pakaian. Biasanya, mereka memiliki banyak potongan kain perca dari sisa produksi. Nah, daripada kain sisa tersebut menjadi limbah, kamu bisa memanfaatkannya untuk dijadikan kerajinan tangan. Banyak kreasi yang bisa kamu buat, mulai dari tas, dompet, sarung bantal, taplak meja, hingga selimut. Padu padankan motif dan warna kain perca untuk menciptakan produk yang unik.

Vas bunga

Selain aromaterapi, banyak juga orang yang gemar meletakkan vas bunga di dalam ruangan. Tujuannya untuk mempercantik sekaligus membuat ruangan tersebut jadi lebih wangi. Manfaatkan hal tersebut dengan bisnis kerajinan tangan vas bunga. Kamu bisa membuatnya dari tanah liat, keramik, gelas kaca, dan sebagainya. Tambahkan hiasan seperti pita atau desain gambarmu sendiri untuk menambah estetika vas bunga.

Baca Juga: Hias Rumah dengan Bonsai dari Tali Rafia, Begini Cara Membuatnya!

Jadi, usaha kerajinan tangan apa yang akan kamu pilih? Apapun pilihannya, pastikan kamu membuatnya dengan terampil untuk menambah nilai jual. Gunakan bahan-bahan berkualitas tinggi, seperti tali rafia Laksana Mas Agung yang hadir dalam berbagai warna. Kamu pun bisa bebas memilih sesuai kebutuhan usaha kerajinan tangan.

Tunggu apa lagi? Dapatkan tali rafia Laksana Mas Agung sekarang juga untuk mulai membuat kerajinan tangan!