Mau Lebaran Lebih Meriah? Pasang 4 Dekorasi Lebaran ini!

18 April 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1682529505.jpg

Menjelang Lebaran, suasana hati pasti semakin tenang dan bahagia. Apalagi, kalau sudah ada rencana untuk pulang kampung dan bertemu anggota keluarga lain setelah sekian lama. Agar suasana Idul Fitri makin terasa, kamu bisa memasang dekorasi Lebaran di rumah, toko, maupun kantor. Selain beli di toko online, kamu juga bisa bikin dekorasi sendiri, lho! Berikut adalah beberapa ide dekorasi lebaran yang bisa dibeli ataupun dibuat sendiri di rumah.


Baca Juga: Cara Membuat Hiasan Ketupat dari Tali Rafia, Simpel!


Hiasan Dinding

Supaya dinding rumah tidak tampak monoton, kamu bisa pasang dekorasi Lebaran berupa hiasan dinding yang bernuansa Islami. Misalnya seperti hiasan bertuliskan kaligrafi, poster bertema Islami, lukisan, garland 3D, dan sebagainya. Agar tampak seragam, pilihlah hiasan minimalis yang masih satu tema. 

Saat ini, sudah banyak kok yang jual hiasan dinding di online shop. Namun, kalau kamu mau berhemat, kamu bisa buat sendiri. Caranya, print semua gambar yang ingin kamu jadikan hiasan. Kemudian, carikan bingkai lalu pasang di dinding. Selesai, deh! Meski sederhana, suasana hangat Idul Fitri akan semakin terasa dengan adanya dekorasi Lebaran satu ini!

Hiasan Meja

Salah satu tradisi yang identik dengan momen Idul Fitri adalah makan hidangan khas Lebaran bersama keluarga tercinta. Agar suasananya semakin terasa, hiaslah meja makan kamu dengan dekorasi Lebaran Idul Fitri. Misalnya bisa dengan memilih peralatan makan bertema Islami seperti simbol bulan dan bintang. Kamu juga bisa pilih motif hiasan khas Maroko yang estetik.

Selain peralatan makan bertema Islami, padukan hiasan mejamu dengan taplak berwarna senada agar tampak menarik. Boleh juga tambahkan hiasan-hiasan lain yang bisa mempercantik meja makanmu. Misalnya seperti vas berisi bunga segar, anyaman bentuk ketupat, buah-buahan, dan toples jajanan yang estetik. Dijamin suasana makan bersama di Hari Raya akan terasa lebih menyenangkan.

Hiasan Pintu

Memasang dekorasi Lebaran di pintu, kenapa tidak? Ada banyak sekali motif hiasan pintu untuk Lebaran, begitu pun tulisannya. Kamu bisa pilih hiasan pintu yang bertuliskan “Eid Mubarak” misalnya. Pastikan ukuran hiasannya tidak terlalu besar, ya. Bisa terlihat jelas, tetapi tidak terlalu besar maupun terlalu kecil. 

Dekorasi Idul Fitri satu ini juga bisa dibuat sendiri di rumah. Misalnya, kamu bisa membuat anyaman rotan dengan bunga-bunga artificial yang disusun sedemikian rupa. Tambahkan tulisan Hari Raya Idul Fitri dan pengait agar bisa digantung di pintu. Beres, deh! 

Hiasan Lantai

Ada banyak dekorasi Lebaran yang bisa dijadikan hiasan lantai. Kalau kamu orangnya estetik, cobalah untuk memasang karpet ala Maroko, ottoman, dan beberapa bantal hias bermotif senada di atas karpet. Dengan tambahan lentera Ramadan (Fanoos Ramadan) dan lilin aromaterapi, suasana Idul Fitri akan semakin hangat. Kamu pun akan betah bercengkerama berjam-jam dengan keluarga atau teman.

Untuk mengisi sudut-sudut lantai rumah, tambahkan vas bunga lengkap dengan bunga yang segar. Salah satu tradisi yang juga identik dengan Idul Fitri adalah meletakkan bunga sedap malam sebagai wewangian alami. Kamu bisa sebar vas bunganya di berbagai ruangan, seperti di ruang tamu dan ruang makan.


Baca Juga: 10 Ide Hampers Lebaran 2023 untuk Keluarga, Teman, dan Rekan Kerja


Itu dia beberapa ide dekorasi untuk dipasang saat Lebaran. Kalau memang lebih memilih membuat sendiri dekorasi Lebaran, jangan lupa gunakan bahan baku yang berkualitas, ya! Dengan begitu, dekorasi yang dibuat bisa terlihat cantik dan memeriahkan suasana Lebaran di kantor, toko, maupun rumah. Misalnya jika butuh tali rafia, gunakan saja tali rafia dari Laksana Mas Agung!

Laksana Mas Agung adalah produsen tali rafia berkualitas sejak lebih dari lima dasawarsa. Tidak hanya kualitasnya saja yang oke, tetapi juga bahan tali rafianya bisa didaur ulang. Jadi, kamu tetap bisa menjaga kelestarian lingkungan.

Tali rafia Laksana Mas Agung punya ukuran yang konsisten, tidak terlalu tipis maupun terlalu tebal. Secara tekstur, tali rafianya akan terasa lembut dan warnanya tidak akan luntur. Alhasil, tali rafia Laksana Mas Agung cocok dipakai untuk berbagai kebutuhan, mulai dari mengikat barang hingga menjadi bahan membuat dekorasi Lebaran. Yuk, pakai tali rafia dari Laksana Mas Agung! Kamu bisa beli lewat e-commerce kesayanganmu juga, lho!