Meriahkan Suasana Rumah dengan 4 Dekorasi Ramadhan Ini!

12 April 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1681293591.jpg

Bulan Ramadhan telah tiba! Agar suasananya makin terasa meriah, tidak ada salahnya kalau kamu melengkapi rumah dengan berbagai macam dekorasi Ramadhan. Bahkan, kalau kamu mau mencari kegiatan ngabuburit bersama si kecil, kegiatan membuat atau memasang hiasan Ramadhan ini bisa jadi aktivitas yang seru, lho! Memangnya, hiasan apa saja yang bisa dibuat atau dipasang saat Ramadhan? Yuk, kita simak bersama-sama di sini!

Hiasan Dinding

Dengan banyaknya space kosong yang tersedia, dinding ruang tamu bisa menjadi tempat yang ideal untuk memasang dekorasi Ramadhan, lho! Tentunya, opsi hiasan yang bisa kamu pilih juga sangat beragam. Semisal kamu lebih suka dekorasi Ramadhan simple, cobalah membuat gantungan dinding berbentuk bulan dan bintang dengan tulisan ‘Ramadhan’ dari piring kertas. 

Mau memotivasi keluarga untuk berpuasa dan beribadah sampai Lebaran tiba? Kamu bisa membuat kalender puasa dan tabel waktu salat dari kertas serta tali. Terus, isilah setiap corong kertas yang bertuliskan tanggal dengan pernak-pernik kecil atau uang.

Kalau kamu mau menghadirkan suasana yang menginspirasi, tidak ada salahnya menjadikan kutipan doa sebagai stiker dinding, lho! Sementara itu, untuk kamu yang mahir melukis atau menyulam, cobalah membuat gambar kaligrafi di atas kanvas polos dan membingkainya supaya lebih indah.

Hiasan Meja

Semisal kamu mengundang keluarga, saudara, atau kerabat untuk silaturahmi di rumah, pastinya kamu ingin mereka merasa nyaman menghabiskan waktu di ruang tamu dan ruang makan. Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menghias meja di sana! 

Beberapa dekorasi Ramadhan yang cocok untuk memperindah kedua ruangan tersebut di rumahmu adalah tempat lilin dari lentera. Kalau kamu punya lentera tidak terpakai, cobalah mengecat ulang kerangkanya dan nyalakan lilin kecil di dalamnya. 

Selain itu, kamu juga bisa membuat hiasan Ramadhan berupa siluet kertas pada toples snack. Caranya, gambarlah rangkaian masjid di atas kertas berwarna netral seperti putih gading, lalu gunting mengikuti garis dan tempelkan di sekitar bagian luar toples. Warna isi di dalamnya akan menghadirkan kontras yang menarik dengan dekorasi di luar!

Hiasan Pintu

Selain ruang tamu, tidak ada salahnya menghias pintu masuk rumahmu, lho! Soalnya, sebelum masuk ke rumah, tentunya para pengunjung akan melihat pintu utamamu dulu. Jadi, kamu bisa mempercantik tampilan dan menghadirkan kesan hangat dengan dekorasi Ramadhan berupa gantungan pintu.

Bingung harus memasang gantungan pintu seperti apa? Tenang saja! Sebagai contoh, kamu dapat membuat tulisan “Selamat Idulfitri” atau “Ramadan Kareem” di atas papan kayu polos yang sudah dihaluskan. Lalu, hiaslah papan tersebut dengan bunga dan dedaunan plastik supaya lebih indah. Setelah memasang tali agar bisa digantung pada pintu, kamu akan memiliki hiasan yang estetik dan sulit dilupakan oleh para tamu. 

Hiasan Lantai

Terkadang, mungkin saja kamu memiliki keterbatasan space di rumah untuk mencukupi jumlah tempat duduk semua tamu yang berkunjung. Untuk mengatasinya, kamu bisa menghadirkan karpet yang nyaman dan bantal duduk yang empuk. Nah, agar ruangan terlihat lebih hidup dan cerah, cobalah membuat dekorasi Ramadhan dari bantal dan karpet yang digunakan! 

Contohnya, kamu dapat menggelar karpet bermotif Islami di ruang tamu dan melengkapinya dengan bantal-bantal kecil. Untuk menyelaraskan bantal duduk dengan nuansa Idulfitri, gunakanlah sarung dengan pola geometris, bulan, atau bintang dan tassel di bagian ujungnya. 

Kalau kamu mau menciptakan dekorasi sarung bantal yang lebih unik, gambarlah polamu sendiri dan sulam mengikuti garisnya. Pada tahap ini, kamu bisa menggunakan warna benang sesuai selera, lho! Unik, kan?


Baca Juga: Cara Membuat Hiasan Ketupat dari Tali Rafia, Simpel! 


Kalau kamu lebih memilih membuat sendiri dekorasi Ramadhan simple untuk rumah, jangan lupa gunakan bahan baku yang berkualitas, ya! Dengan begitu, dekorasi bisa dibuat dengan indah dan menambah suasana meriah Ramadan. Misalnya, untuk membuat gantungan dari tali rafia, kamu bisa membeli tali rafia super dari Laksana Mas Agung. 

Tali rafia ini memiliki tampilan yang glossy dan hadir dalam berbagai warna yang jarang ada di pasaran: merah, biru, kuning, orange, hijau, dan ungu. Pilihan ukurannya juga beragam sekali untuk berbagai kebutuhan, karena tersedia dalam berat 5 kilogram dan 10 kilogram. Tertarik? Yuk, kunjungi toko online resmi Laksana Mas Agung di Shopee atau Tokopedia untuk checkout produknya! Selamat berkarya!