Mudah, Begini Cara Membuat Vas Bunga Sendiri di Rumah!

22 Desember 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1671775716.jpg

Kecil maupun besar, rumah sudah seharusnya menjadi tempat paling nyaman untuk beristirahat setelah sibuk seharian. Untuk menciptakan suasana nyaman tersebut, penting diperhatikan bagaimana cara kamu mendekorasinya. Bukan berarti perlu banyak ornamen di dalam ruangan, namun menambahkan beberapa dekorasi kecil seperti vas bunga bisa membuat ruangan kamu lebih sejuk dan berwarna.

Bicara soal vas bunga, ternyata kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Dengan memanfaatkan barang-barang bekas seperti botol dan tali rafia, kamu sudah bisa membuat  vas bunga sendiri. Selain itu, cara membuat vas bunga juga cukup mudah. Untuk kamu yang penasaran, silakan simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya!

Baca Juga: Tutorial Membuat Pot Gantung dari Botol Bekas dan Tali Rafia

Cara membuat vas bunga botol bekas

Kita semua pasti pernah menggunakan botol yang akhirnya menjadi limbah karena sudah tidak bisa dipakai lagi. Padahal, daripada dibuang, kamu bisa mengubahnya menjadi barang-barang yang lebih berguna, seperti vas bunga. Tanpa perlu keluar banyak uang, kamu sudah bisa memiliki vas bunga yang cantik untuk dekorasi ruangan.

Kalau kamu tertarik untuk mengetahui cara membuat vas bunga dari botol bekas, silakan simak panduan lengkapnya berikut ini.

Alat dan bahan

Karena dibuat dari limbah botol bekas, kamu tentu tidak akan kesulitan untuk mencari alat dan bahan pembuatan vas bunga ini. Semuanya pasti bisa ditemukan di lingkungan sekitar, seperti berikut ini.

  • Botol plastik bekas ukuran sedang atau besar;

  • Kain perca bermotif;

  • Manik-manik;

  • Penggaris;

  • Lem;

  • Pulpen atau spidol;

  • Pembolong kertas;

  • Gunting;

  • Cutter.

Langkah pembuatan vas bunga dari botol bekas

Selain alat dan bahan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah, cara membuat vas bunga ini juga sangat simpel, kok. Kamu hanya perlu mengikuti panduan lengkapnya di bawah ini sampai selesai.

  1. Pertama, potong botol plastik dengan tinggi seukuran lekukan pertama dari bawah botol;

  2. Oleskan semua permukaan botol yang sudah dipotong tersebut dengan lem, lalu tempelkan kain pada permukaan botol. Biarkan hingga kering;

  3. Lubangi tepian vas bunga dan ikatkan tali pada lubang tersebut;

  4. Tempelkan manik-manik ke vas bunga dari botol bekas tersebut sesuai selera kamu;

  5. Isi vas bunga dengan tanaman dan sedikit air, setelah itu vas bunga dari botol bekas sudah selesai dan bisa digantung di dalam ruangan.

Baca Juga: Membuat Kerajinan Bunga dari Tali Rafia Ternyata Mudah, Ini Caranya!

Cara membuat vas bunga tali rafia

Kalau vas bunga sebelumnya memiliki ukuran yang relatif kecil, kamu juga bisa membuat vas dengan ukuran yang lebih besar. Namun, tentunya material yang diperlukan berbeda. Kali ini, kamu membutuhkan banyak tali rafia yang kokoh, tidak semrawut, dan memiliki warna yang tidak kusam.

Alat dan bahan 

Tidak berbeda jauh dengan sebelumnya, alat dan bahan untuk membuat vas bunga dari tali rafia juga mudah didapatkan, kok. Terutama soal tali rafia, kamu bisa mendapatkannya dengan kualitas terbaik dari Laksana Mas Agung. Cukup kunjungi warung-warung terdekat atau beli melalui e-commerce favorit kamu.

Nah, selain tali rafia, berikut ini alat dan bahan yang diperlukan untuk cara membuat vas bunga sendiri:

  • Tali rafia dua warna;

  • Kertas duplex ;

  • Kertas bufalo bebas;

  • Lem castol;

  • Gunting

Langkah pembuatan vas bunga dari tali rafia

Cara membuat anyaman dari tali rafia yang nantinya akan dibentuk menjadi vas bunga juga sangat mudah. Panduan lengkapnya adalah seperti berikut ini.

  1. Pertama, buat kerangka vas menggunakan kertas duplex dengan bentuk sesuai selera;

  2. Buat pola anyaman menggunakan kertas bufalo yang dipotong sesuai bentuk kerangka, lalu tempelkan pada kerangka tadi menggunakan lem;

  3. Jika pola sudah ditempel, sekarang kamu mulai bisa melilitkan tali rafianya ke kerangka pada bagian bawah. Anyam secara zig-zag mengikuti pola yang ada hingga semua bagian kerangka vas tertutup anyaman, selesai.


Cara membuat vas bunga dari botol bekas dan tali rafia di atas sangat mudah untuk ditiru, bukan? Walau vas bunga bikin sendiri, hasilnya tetap bisa bagus selama bahan yang dipakai juga berkualitas baik. Contohnya untuk vas bunga dari tali rafia, pilihlah tali rafia yang kuat dan awet seperti buatan Laksana Mas Agung. 

Karena dibuat dengan teknologi khusus yang canggih dan ramah lingkungan, kamu dijamin akan mendapatkan warna tali yang paling cerah dan tidak semrawut. Oleh karena itu, sebelum kamu mulai membuat vas bunga sendiri, beli tali rafia Laksana Mas Agung dulu, ya!