Tingkatkan Exposure, Ini Cara Membuat Lokasi di Google Maps

12 Juni 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1686555717.jpg
Saat memikirkan strategi digital marketing untuk usaha kamu, Google Maps mungkin jadi hal paling terakhir yang muncul di pikiran. Padahal, 93% konsumen menggunakan Google Maps untuk mencari lokasi bisnis, lho. Jadi, kalau tidak menggunakan Google Maps untuk marketing, kamu bisa kehilangan peluang untuk mendapat pelanggan baru dan meningkatkan penjualan. Terlebih, cara membuat lokasi di Google Maps juga sangat mudah.

Langkah-langkah Membuat Lokasi di Google Maps
Dengan menerapkan cara membuat lokasi toko di Google Maps, pelanggan bisa lebih mudah menemukan usaha kamu dan membagikan lokasinya kepada orang lain. Apalagi, kamu juga bisa mencantumkan informasi tambahan seputar usaha kamu di Google Maps, seperti foto, menu, jam buka, dan lain-lain. Tidak ketinggalan adanya fitur rating yang memungkinkan pelanggan untuk mengulas produk dan layanan usaha kamu. 

Plus, usaha yang terdaftar di Google Maps bakal tampak lebih kredibel daripada yang tidak. Nah, semua hal positif tersebut bisa kamu dapatkan dengan cara menambahkan lokasi usaha di Google Maps. Sebelum mempelajari langkah-langkahnya, pastikan kamu sudah punya akun Google, ya!


1. Membuka Google Maps

Buka situs Google Business atau klik di sini, kemudian login menggunakan akun Google yang sudah kamu punya. Kalau sudah, masuk ke bagian “Cari dan kelola bisnis Anda” dan isi dengan nama bisnis kamu. Lalu, klik “Tambahkan bisnis Anda ke Google” atau “Buat bisnis dengan nama ini”. 

2. Memilih lokasi dan Memberi Nama Pada Lokasi

Pada halaman selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan “Nama Bisnis” dan “Kategori Bisnis”. Beberapa contoh kategori bisnis yang bisa kamu pilih adalah retail, restoran, dan sebagainya. Kalau sudah, klik “Berikutnya”. Kemudian, kamu dapat memilih untuk memunculkan lokasi usaha di Google Bisnis. Kalau memang usaha kamu terbuka untuk umum, pilih “Ya” dan klik “Berikutnya”.

3. Menandai Lokasi dengan Pin

Langkah selanjutnya dalam cara membuat lokasi usaha di Google Maps adalah memasukkan alamat bisnis kamu. Jangan terburu-buru, pastikan detail alamat tersebut sudah benar. Setelah itu, klik “Berikutnya” dan kamu bisa menandai lokasi usaha dengan pin pada Google Maps agar lebih akurat. 

4. Menambahkan Deskripsi dan Detail Lainnya
Pada tahap selanjutnya, jawablah apakah usaha kamu menyediakan layanan delivery ke pelanggan, lalu klik “Berikutnya”. Kemudian, tambahkan informasi kontak telepon dan situs web. Kalau tidak punya situs web, kamu bisa centang pilihan “Saya tidak memiliki situs”. Untuk melanjutkan pengisian, klik “Berikutnya”, tapi kalau kamu mau mengisi form pada lain waktu, klik “Lewati”.

Tips untuk Optimalisasi Lokasi di Google Maps

Setelah menerapkan cara membuat lokasi di Google Maps, lanjutkan dengan strategi optimalisasi. Tujuannya agar usaha Anda memiliki digital presence yang lebih baik. Jadi, ketika misalnya seseorang mencari “coffee shop terdekat” atau “toko jual pulsa” di Google Search, usaha Anda bisa muncul pada peringkat atas hasil pencarian.

Kabar baiknya, ada banyak cara untuk mengoptimalisasi lokasi usaha kamu di Google Maps. Berikut beberapa di antaranya:

Lengkapi profil Google My Business

Luangkan waktu untuk mengisi profil Google My Business kamu, terutama pada bagian nama, alamat, dan nomor telepon. Kalau kamu punya website, cantumkan pula alamat situsnya pada profil. Nantinya, seluruh informasi tersebut akan diindeks oleh Google Maps dan Google Search, untuk kemudian ditampilkan kepada para user sehingga mereka bisa menemukan lokasi usahamu melalui Google Maps. Usaha yang memiliki informasi lengkap dan akurat di Google My Business terbukti mendapatkan klik tujuh kali lebih banyak daripada yang tidak.

Tuliskan deskripsi usaha kamu
Produk seperti apa, sih, yang ditawarkan usaha kamu? Apakah ada cerita menarik terkait riwayat usaha yang kamu jalankan? Hal-hal berguna seperti ini bisa kamu tuliskan sebagai deskripsi pada profil Google My Business. Pada kolom deskripsi ini, Google memberi kamu kesempatan untuk mendeskripsikan usaha dalam 750 karakter. Ingat, fokuslah pada detail tentang usaha kamu, ya. Jadi, sebaiknya jangan mencantumkan promosi, harga, atau URL di sini. 

Posting foto dengan resolusi jelas
Optimalisasi cara menambahkan lokasi di Google Maps juga mencakup penggunaan foto yang menarik dan berkualitas jelas. Kalau bingung, kamu bisa upload foto beberapa produk yang paling populer, foto interior, foto eksterior yang diambil pada pagi dan malam hari, hingga foto para anggota tim. Lalu, khusus untuk bisnis hotel, Google juga mewajibkan kamu untuk upload foto kamar tamu.

Rajin merespons ulasan dari pelanggan
Baik merupakan pujian atau kritikan, selalu tanggapi feedback dengan mengucapkan terima kasih dan tunjukkan bahwa kamu bersungguh-sungguh untuk mempertahankan atau meningkatkan kualitas produk dan layanan. Hal ini tidak hanya menunjukkan bahwa usaha kamu aktif secara online, tapi juga mampu menjalin hubungan baik dengan pelanggan.


Cara membuat lokasi di Google Maps ternyata sangat mudah, kan? Setelah usaha kamu resmi terdaftar di Google Maps, exposure terhadap usaha milikmu pun akan meningkat sehingga ikut memperbesar peluang penjualan. Imbangi terus hal ini dengan selalu memberikan yang terbaik, termasuk dalam hal pasokan alat dan bahan penunjang produksi seperti tali rafia.

Khusus untuk kebutuhan satu ini, kamu bisa mengandalkan Laksana Mas Agung yang menyediakan tali rafia dengan ketebalan konsisten, ketahanan tinggi, warna tidak cepat luntur, dan dapat didaur ulang. Kalau beli tali rafia Laksana Mas Agung sebagai partnership, kamu bisa dapat harga yang lebih murah, lho. Langsung aja daftar di sini, ya!