Cara Jualan Online di FB dan Shopee untuk Pemula, Pasti Laris!

12 Juni 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1687163631.jpg

Buat kamu yang ingin punya usaha sendiri tapi modalnya terbatas, jualan online bisa jadi solusi efektif. Jangan khawatir tidak dapat pelanggan karena ada banyak sekali pengguna internet di Indonesia. Bahkan jumlahnya mencapai lebih dari 215 juta orang saat ini. Artinya, kamu punya target pasar yang besar untuk berjualan! Sekarang, tinggal bagaimana kamu menerapkan cara jualan online secara tepat agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal!

Keuntungan Jualan Online

Selain target pasar yang luas, jualan online juga memberikanmu akses yang tidak terbatas. Kalau jualannya cuma di toko fisik, biasanya kamu harus menentukan jadwal buka-tutup toko. Beda halnya dari jualan online yang bisa diakses 24 jam dari mana saja selama ada jaringan internet yang mendukung. Makanya, tidak mengherankan kalau jumlah pelanggan yang belanja online di Indonesia meningkat hingga 88%!

Tentu keuntungan jualan online tidak hanya itu; modal awal yang relatif rendah menjadi nilai plus lain dari jenis usaha satu ini. Soalnya, kamu tidak perlu memikirkan biaya beli atau sewa properti untuk toko fisik. Bahkan ada juga sistem dropshipper yang memungkinkan kamu untuk berjualan online tanpa modal. Jadi, kamu hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik orang lain tanpa perlu menyetoknya dulu. Platform untuk jualan online juga banyak sekali,  tinggal kamu pilih yang sesuai.

Baca Juga: Mau Memulai Bisnis? Ini 7 Ide Bisnis Online yang Sederhana!

Cara Jualan Online

Nah, dari sekian banyak platform yang tersedia untuk cara jualan online, Facebook (FB) dan Shopee menjadi dua pilihan yang cocok bagi pemula. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri bagi pelaku usaha, tapi keduanya sama-sama menawarkan cara berjualan yang mudah dan praktis.

Cara jualan online di FB

Jika dibandingkan dengan Instagram atau TikTok, FB mungkin terkesan “jadul”. Namun, sebanyak 54,9% orang ternyata masih suka riset produk atau brand di Facebook sebelum membeli, lho. Jadi, kalau mau produk kamu dikenal lebih banyak orang, jualan di FB adalah salah satu kuncinya. Lantas, bagaimana cara jualan online di FB?

  1. Buat akun Facebook Business. Kamu bisa cari tahu langkah-langkahnya di sini.

  2. Jualan pakai fitur Marketplace agar kamu bisa posting seluruh produk dan tiap spesifikasinya. Fitur satu ini mirip dengan situs marketplace pada umumnya seperti Tokopedia atau Bukalapak. Jadi, pastikan tiap produk disertai dengan foto yang jelas dan informasi mendetail.

  3. Manfaatkan grup jualan. Cobalah untuk masuk ke grup-grup Facebook yang sekiranya bakal tertarik dengan barang jualanmu. Katakanlah kamu berjualan tali rafia, maka kamu bisa bergabung dengan grup seperti “Forum Jual-Beli Barang Plastik” atau “Komunitas Jual-Beli Tali”.

  4. Pasang iklan di Facebook Ads untuk memperluas jangkauan usaha. Memang, butuh modal tambahan untuk memasang iklan. Namun, biayanya tidak mahal karena adanya sistem cost per click (CPC) dan iklan kamu hanya akan muncul pada target pelanggan yang kamu tentukan sendiri.

  5. Jangan lupa merespons pesan dari pembeli maupun calon pembeli. Selain untuk menghargai mereka, kamu pun akan dikenal sebagai bisnis yang responsif sehingga dapat meningkatkan reputasi jualan kamu.

Cara jualan online di Shopee

Selain FB, Shopee juga merupakan pilihan tepat sebagai cara jualan online untuk pemula. Pasar yang luas menjadi salah satu alasannya karena per Februari 2023 lalu, jumlah kunjungan bulanan Shopee Indonesia mencapai 124,9 juta. Terlebih, cara jualan online di Shopee juga mudah karena kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buat akun di Shopee dan daftar sebagai Seller. Kamu bisa melakukannya via aplikasi maupun situs web Shopee. Cari tahu selengkapnya di sini.

  2. Posting daftar produk yang kamu jual. Semakin banyak variannya, bakal semakin bagus karena kamu sama saja memperbesar peluang untuk menggaet pelanggan.

  3. Ikut promosi gratis ongkos kirim (ongkir) agar calon pelanggan tertarik membeli produk kamu. Shopee menyediakan promo gratis ongkir dengan berbagai minimal pembelian, mulai dari Rp0, Rp30.000, Rp50.000, dan seterusnya.

  4. Aktif ikut berbagai program pada momen-momen khusus seperti 11.11, 12.12, atau PayDay Sale. Biasanya Shopee akan mengadakan promo flash sale besar-besaran untuk menarik banyak pelanggan.

Menghadapi Tantangan dalam Jualan Online

Cara jualan online, khususnya melalui FB dan Shopee, memang relatif mudah dan menguntungkan. Namun, yang namanya usaha pasti punya tantangan. Ingat, bukan cuma kamu yang punya ide untuk jualan online sehingga bisa dipastikan kompetitor kamu banyak. 

Namun, jangan panik karena dengan mengamati kompetitor, kamu bisa belajar banyak dari mereka; bagaimana mereka berjualan dan berpromosi? Produk apa yang tidak mereka jual? Nah, dari situlah kamu bisa meningkatkan usaha agar mengungguli kompetitor sehingga lebih menarik di mata target pelanggan. 

Jika sudah berhasil mendapatkan perhatian mereka, berikutnya buat usaha jualan online kamu dapat dipercaya. Soalnya, mendapatkan kepercayaan pelanggan juga merupakan tantangan tersendiri. Sediakan produk yang berkualitas baik dan bekerjasama dengan vendor yang terbukti reputasinya. Dengan terus menjaga kualitas produk dan layanan, usaha jualan online kamu pun akan terus dicari pelanggan.

Baca Juga: Tingkatkan Exposure, Ini Cara Membuat Lokasi di Google Maps


Berkat kehadiran platform
online seperti FB dan Shopee, cara jualan online untuk pemula jadi lebih mudah dijalani. Tantangan pasti akan selalu ada, tapi selama kamu fokus memberikan yang terbaik kepada pelanggan, kamu pasti bisa melewati tantangan dengan baik.

Jadi, apakah kini kamu jadi semakin mantap berjualan online? Pastikan kamu bekerja sama dengan vendor yang terpercaya dan berpengalaman, seperti Laksana Mas Agung yang siap menyuplai kamu dengan tali rafia berkualitas tinggi, baik dari segi ketahanan maupun keragaman warna.

Untuk memulai partnership dengan Laksana Mas Agung, kamu bisa langsung mendatangi kantornya di Jl. Kapuk Raya No. 14, Kel. Kapuk, Kec. Cengkareng, Jakarta Barat 11720. Kalau mau lihat produk-produk tali rafia berkualitas, langsung saja cek Laksana Mas Agung di Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak!