Mau Memulai Bisnis? Ini 7 Ide Bisnis Online yang Sederhana!

18 Februari 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1676713625.jpg

Sudah jadi pengetahuan umum kalau masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang konsumtif, termasuk saat berbelanja online. Hal tersebut juga menjadi alasan mengapa banyak bisnis online semakin berkembang, terutama sejak beberapa tahun terakhir akibat adanya pandemi.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kalau kamu juga ingin memulai bisnis online-mu sendiri. Jika kamu sudah memiliki ide bisnis online apa yang akan dilakukan, segera jalankan! Tapi kalau belum, tenang saja. Kami telah menyiapkan beberapa ide bisnis online yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan. Ada ide apa saja?

Baca Juga: 7 Ide Usaha Rumahan Kreatif, Simpel tapi Cuan!

Ide bisnis online sederhana

Tidak semua bisnis online harus dimulai dengan modal yang besar. Beberapa ide bisnis online ini bahkan bisa kamu mulai dengan modal seadanya. Penasaran ada ide apa saja? Yuk, simak rangkumannya di bawah ini!

1. Makanan dan minuman ringan

Ide bisnis makanan online mungkin terdengar sangat sederhana. Tetapi bila dilakukan dengan benar, bisnis ini bisa mendatangkan penghasilan yang cukup menjanjikan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan inovasi terhadap barang yang kamu jual. Inovasi ini bisa berupa menu makanan dan minuman yang dijual atau sekadar pengemasan dari makanan dan minuman tersebut.

2. Thrift shop fashion

Ide bisnis online untuk pemula yang berikutnya adalah bisnis thrift shop. Bisnis yang sering juga disebut dengan nama preloved ini merujuk pada penjualan barang bekas yang masih layak pakai. Misalnya, kamu bisa menjual barang fashion bekas seperti baju, celana, hingga sepatu melalui media sosial, e-commerce, atau media lainnya. 

3. Produk kecantikan

Berikutnya, ada ide bisnis rumahan online berupa penjualan produk kecantikan. Saat ini, semakin banyak orang yang menyadari pentingnya kesehatan kulit. Oleh karena itu, bisnis penjualan skincare dan makeup pun semakin booming. Nah, kamu dapat mencoba mendaftar menjadi reseller beberapa produk kecantikan agar bisa beli dengan harga yang lebih murah, kemudian menjualnya dengan harga normal pasaran.

Selain itu, semakin banyaknya jenis skincare dan makeup yang bertebaran juga menyebabkan banyak orang salah beli. Ternyata, produk kecantikan yang mereka beli tidak cocok untuk kulit mereka. Nah, kamu bisa membeli produk kecantikan preloved tersebut, kemudian menjualnya kembali. Tentu saja, jangan lupa menyebutkan kalau barang tersebut adalah barang preloved.

4. Buku

Meskipun dunia digital semakin berkembang, bukan berarti buku fisik mulai ditinggalkan. Hingga saat ini, masih banyak orang yang lebih memilih buku fisik daripada e-book. Oleh karena itu, kesempatan ini tidak boleh kamu lewatkan, terutama jika kamu sendiri gemar membaca buku. 

Agar berbeda dari penjual buku lainnya, kamu bisa menjual buku yang kamu beli secara impor dan melelangnya melalui media sosial. Jika membeli buku impor terlalu mahal, alternatifnya adalah menjual buku preloved milikmu sendiri atau milik orang lain. Jadi, ide bisnis online untuk pemula ini bisa dilakukan oleh siapa saja.

5. Hampers/care package

Berikutnya adalah membuat bisnis hampers atau care package. Pada ide bisnis rumahan online yang satu ini, kamu hanya perlu membeli kemasan yang estetik serta produk-produk yang ingin dimasukkan ke dalam kemasan tersebut. Produk yang dimasukkan bisa tematik atau sesuai dengan pesanan konsumen. Jadi, kamu dapat memasukkan makanan, minuman, produk kecantikan, dan beragam aksesoris lainnya.

6. Buka jastip

Jika kamu hobi jalan-jalan ke luar kota atau bahkan luar negeri, tidak ada salahnya membuka bisnis jastip atau jasa titip. Misalnya, kalau kamu berencana untuk pergi ke Kota Jogja, kamu tinggal memberikan pengumuman melalui media sosial apakah ada yang menitip beberapa barang khas Jogja. Setelah pulang, barulah kamu mengirimkan barang tersebut ke orang yang membeli.

7. Dropshipper

Ide bisnis online terakhir adalah menjadi dropshipper. Bagi yang belum tahu, dropshipper adalah bisnis yang bisa dilakukan seseorang tanpa menyentuh barang tersebut sama sekali. Bagaimana caranya? 

Kamu hanya perlu mengunggah foto produk dari seorang pemasok ke toko online atau media sosialmu. Kemudian jika ada yang membeli, kamu dapat langsung menyampaikannya ke pemasok agar barang segera dikirim ke pembeli.

Baca Juga: Begini Peluang Bisnis Tali Rafia yang Harus Anda Tahu

Bagaimana? Semua ide bisnis online untuk pemula ini cukup sederhana, kan? Jika kamu ingin memulai bisnis online, jangan lupa untuk memikirkan bagaimana caranya menjaga agar paket bisa terbungkus dengan baik. Misalnya jika kamu membutuhkan tali rafia, gunakanlah tali rafia yang berkualitas super seperti produksi dari Laksana Mas Agung.

Laksana Mas Agung menyediakan berbagai macam tali rafia, termasuk tali rafia super dengan bahan berkualitas tinggi dan warna yang unik. Kalau tertarik membelinya, kamu bisa berkunjung ke toko online Laksana Mas Agung di Shopee serta Tokopedia untuk mengecek katalog Laksana Mas Agung. Good luck untuk bisnis online kamu!