6 Tips dan Trik Memulai Usaha Hampers Unik

21 Oktober 2024

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1729497642.jpg

Kalau kamu sedang mencari ide usaha yang menjanjikan dan mudah, usaha hampers adalah salah satu pilihan yang tepat. Selain bisa dijalankan dari rumah, bisnis ini juga punya potensi besar karena hampers sering dicari untuk berbagai acara spesial, seperti ulang tahun, pernikahan, hingga hari raya. Lalu, kamu bisa memilih produk apa pun untuk dijadikan hampers. Nah, kalau kamu tertarik memulai bisnis hampers yang unik, yuk simak tips lengkapnya di sini!

Apa Itu Bisnis Hampers?

Bisnis hampers adalah usaha yang menawarkan paket hadiah dalam bentuk keranjang atau kotak. Biasanya, bingkisan ini berisi berbagai macam produk, mulai dari makanan, produk kecantikan, hingga barang-barang unik lainnya. 

Selain menjual hampers dengan isi yang sudah ditentukan, kamu juga bisa menawarkan jasa pembuatan hampers custom sesuai keinginan pelanggan. Jadi, potensi perkembangannya hampir tak terbatas.

Jenis-jenis Produk Hampers

Memangnya, apa saja produk yang bisa kamu kemas dalam bentuk hampers? Berikut adalah berbagai contoh usahanya:

  • Hampers makanan: Berisi kue kering, cokelat, atau produk makanan premium lainnya.
  • Hampers produk kecantikan: Berisi skincare, makeup, atau sabun handmade.
  • Hampers peralatan rumah tangga: Isinya bisa terdiri dari piring, alat makan, mug set, dan bahkan alat masak lengkap dengan bumbunya.
  • Hampers baby shower: Berisi baju bayi, mainan, selimut, dan peralatan mandi.
  • Hampers barang custom: Berisi barang-barang custom seperti cangkir, kaos, atau barang lainnya dengan desain sesuai permintaan pembeli.

Baca Juga: 7 Ide Usaha Rumahan Kreatif, Simpel tapi Cuan!

Cara Memulai Bisnis Hampers

Bagaimana cara memulai usaha hampers agar keuntungannya lebih maksimal? Kamu bisa mempersiapkan diri dengan langkah-langkah ini:

1. Awali dengan riset pasar

Sebelum memulai bisnis, kamu perlu mencari tahu tren hampers yang sedang populer, jenis produk yang paling dicari, hingga target pasar yang ingin kamu tuju. Misalnya, apakah kamu ingin menargetkan segmen pelanggan ibu rumah tangga, anak muda, atau mungkin menjual hampers eksklusif untuk acara pernikahan? 

Tahap riset ini juga akan membantumu memahami harga yang kompetitif, sehingga kamu bisa menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

2. Pilih produk hampers yang akan dijual

Setelah melakukan riset, saatnya memilih produk apa saja yang akan kamu masukkan ke dalam hampers. Pastikan produk yang kamu pilih berkualitas, bermanfaat, dan memiliki nilai estetika yang oke.

Misalnya, untuk hampers Idul Fitri, kamu bisa memasukkan kue-kue kering, madu, atau sajian-sajian khas lainnya. Lalu, kalau kamu ingin membuat hampers untuk ibu hamil, sertakan produk-produk perawatan bayi yang lucu dan praktis.

3. Siapkan modal yang diperlukan

Selanjutnya, jangan lupa menghitung biaya untuk membeli produk, bahan kemasan, dan pengiriman secara teliti. Pastikan juga kamu punya budget cadangan untuk hal-hal yang tak terduga.

4. Cari vendor dan supplier yang berkualitas

Kualitas produk yang kamu tawarkan sangat penting dalam usaha hampers. Jadi, pastikan kamu bekerja sama dengan vendor dan supplier yang bisa dipercaya. Cari supplier yang mampu menyediakan produk berkualitas dengan harga yang sesuai anggaran, seperti misalnya Laksana Mas Agung. Selain itu, jalinlah hubungan baik dengan vendor supaya kamu bisa mendapatkan keuntungan seperti diskon khusus atau pengiriman produk yang lebih cepat.

5. Desain kemasan hampers yang menarik

Kemasan yang menarik akan memberikan kesan pertama yang baik pada pembeli dan penerima hampers. Oleh sebab itu, coba pikirkan bagaimana desain hampersmu bisa tampil menonjol dibandingkan kompetitor. Misalnya, kamu bisa memilih tema warna tertentu, menambahkan hiasan pita, atau mencantumkan kartu ucapan yang personal.

6. Pasarkan usaha hampers di berbagai platform

Sudah siap dengan produk hampers-mu? Saatnya promosi di platform online seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan/atau TikTok! Buat akun bisnis yang menarik dengan foto-foto produk yang estetik dan deskripsi produk yang jelas. 

Selain itu, kamu juga bisa menawarkan promo atau diskon untuk pembeli pertama, memberikan paket bundling, atau mengadakan giveaway untuk menarik lebih banyak calon pembeli.

Baca Juga: 10 Ide Hampers Lebaran 2023 untuk Keluarga, Teman, dan Rekan Kerja

Kunci dari cara memulai usaha hampers yang anti-mainstream adalah dengan memperhatikan tren dari kompetitor serta kebutuhan calon konsumen. Selain itu, jangan lupa kemas hampers dengan hiasan warna-warni yang menarik untuk menciptakan kesan baik! 

Misalnya, kamu bisa menggunakan tali rafia dari Laksana Mas Agung untuk membuat pita atau kuntum bunga. Soalnya, Laksana Mas Agung menawarkan aneka tali rafia warna-warni yang kokoh, halus, dan cocok untuk berbagai kerajinan tangan. 

Selain itu, kalau kamu bergabung dalam program partnership Laksana Mas Agung, kamu bisa mendapatkan harga grosiran yang lebih hemat dan gratis ongkos kirim ke seluruh Jabodetabek untuk pembelian sebanyak 300 kg atau lebih. Yuk, daftarkan usahamu di sini!