Yuk, Lakukan 4 Cara Mengurangi Sampah Plastik Ini Sekarang Juga!

18 Februari 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1676714299.jpg

Penggunaan plastik pada kegiatan sehari-hari membuat sampah plastik semakin menumpuk. Keadaan ini semakin diperparah dengan kebiasaan hidup yang menggunakan kantong plastik untuk satu kali pakai saja. Padahal, tujuan awal diciptakannya kantong plastik adalah agar bisa digunakan secara berulang-ulang.

Itu baru sampah yang berasal dari penggunaan kantong plastik sekali pakai, belum termasuk kemasan makanan dan minuman yang hanya bisa dipakai satu kali saja. Lalu, adakah solusi mengurangi sampah plastik? Kamu bisa mulai dari hal-hal sederhana, misalnya dengan melakukan empat cara mengurangi sampah plastik berikut ini!

Baca Juga: Yuk, Kenalan dengan 3 Jenis Plastik Ramah Lingkungan!

Apa itu sampah plastik?

Sebelum menuju ke cara mengatasi sampah plastik, pahami dulu apa yang disebut sebagai sampah plastik. Berdasarkan arti harfiah, sampah plastik merupakan barang dari bahan plastik yang dibuang karena tak lagi digunakan. Jenis sampah yang satu ini juga bisa disebut sebagai sampah anorganik, sampah yang unsur-unsurnya tidak bisa diproses secara alami.

Nah, bicara tentang sampah plastik, Indonesia kini sedang berada di kondisi yang menyedihkan. Sebagai negara yang punya banyak pantai, ada sekitar 57% sampah plastik di pantai Indonesia. Karena kondisi tersebut, banyak pihak yang telah berusaha meminimalkan penggunaan plastik, misalnya dibatasinya penggunaan botol plastik atau kantong belanja plastik di beberapa lokasi.

Dampak sampah plastik?

Sebagai negara penghasil plastik terbesar kedua setelah Cina, Indonesia bisa dibilang belum memiliki sistem atau metode pengolahan sampah yang baik. Bila dibiarkan secara terus-menerus, hal ini bisa berbahaya bagi lingkungan, khususnya tanah. Sebab, unsur alami tanah bisa terganggu atau rusak berkat zat-zat kimia yang terkandung dalam sampah plastik tersebut. Sehingga, sebelum menemukan cara pengolahan sampah yang tepat, alangkah baiknya jika didukung juga dengan melakukan cara-cara mengurangi sampah plastik.

Cara mengurangi sampah plastik

Nah, supaya berperan dalam penanganan sampah plastik di Indonesia, kamu bisa mulai dengan empat cara mengurangi sampah plastik secara sederhana seperti berikut ini. 

1. Membawa tas belanja sendiri

Cara mengurangi sampah plastik yang pertama adalah dengan membawa tas belanja sendiri ketika akan mengunjungi pusat perbelanjaan. Tas belanja yang dimaksud bukan berarti harus berbahan dasar kain, kok. Membeli terlalu banyak kantong belanja berbahan kain juga tidak baik kalau sebenarnya kamu bisa memanfaatkan yang sudah ada. Kamu bisa membawa kantong belanja plastik yang tersimpan di rumah. Gunakanlah kantong plastik tersebut sebagaimana tujuan awal pembuatannya, yaitu agar bisa digunakan secara berulang kali.

2. Menggunakan botol minum sendiri

Meski terkesan sederhana, membawa dan menggunakan botol minum sendiri saat bepergian bisa memberikan dampak positif bagi lingkungan, lho! Kamu jadi tidak perlu membeli minuman dengan botol plastik yang hanya bisa dipakai satu kali. Cara ini juga sudah diterapkan sebagai peraturan bagi karyawan kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LKHK).

Membawa botol minum sendiri juga bisa membuatmu lebih irit! Sebab, kamu jadi punya persediaan air mineral sendiri. Di samping itu, banyak juga gerai minuman yang punya promo khusus bagi para pelanggan yang membawa botol tumbler. Sebagai tips agar bisa membawa minuman dingin atau panas, kamu bisa gunakan botol berbahan aluminium yang dapat mempertahankan suhu secara efektif dengan waktu lebih lama.

3. Gunakan plastik bekas yang masih bisa digunakan lagi

Berikutnya, kamu juga dapat menggunakan plastik bekas yang masih bisa dipakai lagi. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa bawa kantong plastik sebagai tas belanjaan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kembali botol sampo atau sabun berbahan plastik dengan cara membeli isi ulangnya saja. Dengan begitu, artinya kamu berkontribusi dalam meminimalkan produksi sampah plastik rumah tangga.

4. Daur ulang sampah plastik

Cara mengurangi sampah plastik yang selanjutnya adalah dengan melakukan daur ulang plastik. Saat ini, sudah banyak sekali video tutorial mengenai cara daur ulang sampah plastik yang mudah untuk kamu lakukan di rumah. Bahkan, kamu hanya perlu menyediakan alat dan bahan sederhana, seperti gunting, cutter, lem, dan selotip untuk membuat pot, celengan, kotak pensil, sampai wadah pakan burung dari sampah plastik.

Baca Juga: Tips Daur Ulang Sampah Plastik untuk Jaga Lingkungan

Penggunaan plastik mungkin sulit untuk dihentikan. Namun, mengingat dampak sampah plastik yang cukup masif untuk lingkungan, sudah saatnya kita mulai mempertimbangkan penggunaan plastik yang ramah lingkungan. Contohnya, kalau kamu sedang butuh tali rafia, kamu bisa mulai menggunakan tali rafia dari Laksana Mas Agung yang dibuat dari daur ulang sampah plastik.

Meski merupakan hasil daur ulang, tali rafia LMA terbukti memiliki mutu yang berkualitas baik. Kamu bisa buktikan sendiri dengan membeli produknya di Tokopedia, Shopee, maupun menghubungi WhatsApp Laksana Mas Agung secara langsung, ya!