6 Dekorasi Imlek untuk Meriahkan Suasana Rumah

16 Januari 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1673840177.jpg

Tidak terasa, Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili akan segera datang. Sudah saatnya kamu mempersiapkan berbagai macam dekorasi Imlek untuk dipajang di rumah. Selain agar tampak meriah, tentu saja dekorasi yang dipasang dengan benar akan tampak indah di foto.

Tidak ingin foto keluargamu terlihat buruk, kan? Makanya, segera siapkan dekorasinya, ya! Kalau bingung, berikut kami telah merangkum beberapa jenis dekorasi yang bisa kamu pasang menjelang perayaan Imlek tahun ini. 

Baca Juga: Perayaan Tahun Baru Imlek, Memahami Makna dan Sejarahnya

Dekorasi Imlek di Rumah

Sebenarnya, ada banyak sekali dekorasi khas Imlek yang bisa kamu pasang di rumah. Tapi, kami telah memilih beberapa dekorasi utama yang tidak boleh dilewatkan. Tenang saja, tidak semua dekorasi harus beli jadi, kok! Ada juga dekorasi DIY atau Do-It-Yourself yang terbuat dari bahan-bahan di sekitarmu. Yuk, simak rangkumannya di bawah ini!

1. Bunga Mei Hwa

Mei Hwa merupakan bunga cantik berwarna pink atau putih yang menjadi bunga nasional dari Republik Rakyat Tiongkok. Bunga yang mirip dengan bunga Sakura asal Jepang ini cocok untuk dijadikan dekorasi di rumah saat perayaan Imlek tiba. Tidak perlu memasang bunga yang asli, kamu bisa menemukan banyak bunga Mei Hwa sintetis yang tidak kalah indah. 

Selain itu, kamu juga bisa membuat dekorasi bunga Mei Hwa sendiri, lho! Kamu hanya perlu mencari ranting pohon serta kertas berwarna atau tali rafia merah. Kemudian, kamu bisa membuat rumbai-rumbai dari bahan tersebut dan menggantungnya di ranting yang sudah disiapkan. Gimana, hiasan Imlek buatan sendiri ini cukup sederhana, kan?

2. Dekor naga

Salah satu dekorasi yang populer pada saat perayaan Imlek adalah dekorasi berbentuk naga. Pada legenda Tiongkok sendiri, ada berbagai macam naga yang memiliki tugas mereka masing-masing. Misalnya saja Naga Shenlong pengendali angin dan hujan, Naga Dilong yang merupakan naga bumi, dan masih banyak lagi. 

3. Karangan bunga

Punya dekorasi natal berupa karangan bunga melingkar? Kamu bisa menyulapnya jadi dekorasi Imlek di rumah, lho! Caranya pun tidak sulit. Kamu hanya perlu menambahkan aksen warna merah terang dan emas ke karangan tersebut. Misalnya, kamu bisa menggantung angpau, pita merah, ataupun tali rafia merah yang dibuat seperti rumbai. Dengan begitu, kamu bisa sedikit berhemat saat ingin mendekorasi rumah pada Tahun Baru Imlek ini.

4. Lampion

Salah satu tanda Imlek segera tiba adalah banyaknya lampion berwarna merah yang digantung di beragam tempat umum. Secara tradisi, lampion berwarna merah ini digantung pada Tahun Baru Imlek untuk menghalangi kesialan agar tidak masuk ke dalam rumah.

Nah, kalau kamu tidak mau membeli dekorasi yang satu ini, kamu bisa membuatnya secara DIY, kok! Kamu bisa menggunakan berbagai macam barang bekas yang ada di rumah, mulai dari botol plastik, kertas, kawat, dan masih banyak lagi.

5. Pohon angpau

Hiasan Imlek berikutnya yang bisa kamu pasang adalah pohon angpau. Meskipun dekorasi ini bisa kamu temukan pada banyak toko online, membuatnya sendiri bisa jadi lebih murah, lho! Kamu hanya memerlukan vas bunga, ranting, angpau, serta berbagai bahan pelengkap lainnya. Tentu saja, jangan lupa dipercantik dengan ornamen-ornamen Imleknya, ya!

6. Chinese knot

Terakhir, kamu bisa membuat dekorasi berupa gantungan chinese knot. Aksesoris ini bisa kamu gantung di langit-langit rumah atau di tempat lain sesuai kreativitasmu. Jika mau, kamu juga bisa membuat dekorasi ini sendiri dengan menggunakan tali rafia. Caranya mudah, kamu hanya perlu menganyam tali rafia merah, kemudian bagian bawahnya diberi rumbai.

Baca Juga: 5 Shio Ini Diprediksi Bakal Makin Hoki pada Tahun Baru Imlek Nanti!

Untuk membuat dekorasi Imlek sederhana DIY yang bagus, tentu saja bahan dasarnya tidak boleh berkualitas buruk. Makanya, beli saja tali rafia super dari Laksana Mas Agung! Kami menyediakan tali super berkualitas terbaik dengan warna terang yang glossy. Dengan menggunakan tali rafia merah dari laksana Mas Agung, kerajinan yang kamu buat juga akan terlihat indah.

Untuk mendapatkan tali rafia produksi Laksana Mas Agung, caranya mudah! Kamu bisa mengunjungi toko online Laksana Mas Agung yang ada di Shopee serta Tokopedia. Atau, kamu juga bisa kontak kami secara langsung melalui WhatsApp. Selamat Hari Raya Imlek, ya!