Begini Cara Buat Pohon Natal Dari Tali Rafia

19 Desember 2022

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1671775270.jpg

Natal dan tahun baru selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu sepanjang tahun, seluruh keluarga berkumpul untuk merayakannya. Suasana istimewa juga terasa di mana-mana, mulai dari taman bermain, restoran, hingga pertokoan menyambut momen ini dengan meriah. Tentu belum lengkap rasanya kalau kamu tidak membawa suasana Natal ke dalam rumah. Tidak perlu terlalu ribet, sekadar memberikan dekorasi sederhana juga sudah cukup, kok.

Di antara banyaknya pilihan dekorasi Natal yang bisa kamu beli, bagaimana kalau kamu membuatnya sendiri? Misalnya seperti pohon Natal dari tali rafia. Caranya mudah dan sederhana, lho. Berikut ini cara buat pohon Natal dari tali rafia yang bisa kamu tiru di rumah.

Baca Juga: Hias Rumah dengan Bonsai dari Tali Rafia, Begini Cara Membuatnya!

Cara membuat pohon Natal dari tali rafia

Bukan Natal namanya kalau tidak ada dekorasi pohon Natal di dalam rumah. Baik besar maupun kecil, dekorasi yang satu ini selalu menjadi pusat perhatian ketika sanak saudara berkunjung ke rumah. Selain menjadi dekorasi, pohon Natal juga sudah menjadi bagian dari tradisi perayaan Natal dengan cara menghias dan menyiapkan kado di bawahnya.

Namun, karena hanya lazim ditemukan pada saat mendekati perayaan, pohon Natal biasanya dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa mengikuti cara membuat pohon Natal dari tali rafia seperti berikut ini.

Alat dan bahan untuk membuat pohon natal

Karena dibuat dari bahan-bahan sederhana, kamu pasti bisa dengan mudah menemukannya di lingkungan sekitar. Oh iya, agar pohon Natal kamu lebih kuat dan menarik, jangan lupa untuk menggunakan tali rafia yang berkualitas tinggi, ya. Kamu bisa membelinya secara online di website resmi Laksana Mas Agung. Berikut alat dan bahan perlu kamu siapkan:

  • Tali rafia dari Laksana Mas Agung;

  • Kawat;

  • Tiang besi;

  • Pernak-pernik khas Natal.

Langkah pembuatan

Selain alat dan bahan bisa ditemukan dengan mudah, cara membuat pohon Natal dari tali rafia juga sangat mudah, kok. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhananya seperti berikut ini:

  1. Pertama, sobek-sobek tali rafia dengan rapi secara vertikal;

  2. Ikat bagian ujung tali rafia menggunakan kawat hingga membentuk bunga;

  3. Lilitkan tali yang sudah diikat tadi ke tiang besi, satu per satu dari paling atas hingga bawah;

  4. Ulangi terus hingga pohon Natal terbentuk dengan maksimal;

  5. Kalau bentuk pohon Natalnya masih berantakan, rapikan dengan gunting;

  6. Terakhir, tambahkan dekorasi seperti bintang, pita, dan gantungan-gantungan khas Natal. Nah, pohon Natal dari tali rafia pun selesai!

Baca Juga: Tips Daur Ulang Sampah Plastik untuk Jaga Lingkungan

Cara membuat pohon natal dari sedotan plastik

Kalau dekorasi pohon Natal sebelumnya cocok untuk disimpan di ruang tamu, kamu bisa juga membuat pohon-pohon Natal kecil dari sedotan plastik sebagai dekorasi tambahan yang tidak kalah menarik. Kamu bisa membuatnya untuk disimpan di dalam kamar, ruang keluarga, dan lain sebagainya.

Selain lucu, dekorasi ini juga bisa dibuat dengan mudah dan murah, kok. Penjelasan lengkap cara membuat pohon natal sendiri adalah sebagai berikut.

Alat dan bahan untuk membuat pohon Natal dari sedotan plastik

Sesuai dengan namanya, maka bahan baku utama dari kerajinan ini adalah sedotan plastik. Kamu tidak perlu capek mencari sedotan bekas satu per satu, membelinya di toko plastik juga sangat murah, kok. Selain itu, berikut ini alat dan bahan lain yang harus kamu siapkan.

  • Gunting atau cutter;

  • Lem;

  • Pensil atau pulpen;

  • Sedotan warna hijau dan kuning secukupnya;

  • Karton berwarna hijau;

  • Kardus bekas;

  • Pernak pernik pohon  Natal.

Langkah pembuatan

Setelah berhasil mengumpulkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan, kamu sudah bisa mulai membuat pohon Natal dari sedotan dengan cara seperti berikut ini.

  1. Pertama, lipat kertas karton berwarna hijau hingga membentuk kerucut, lalu lem hingga setiap sisinya bisa merekat;

  2. Potong kardus seukuran diameter kerucut untuk nantinya menjadi alas dari pohon Natal. Jika sudah, rekatkan alas tersebut ke bagian bawah kerucut menggunakan lem;

  3. Buat batang pohon dari kertas berwarna dengan cara menggulung dan merekatkannya, lalu tempelkan batang tadi ke alas pohon natal;

  4. Buat daun pohon natal menggunakan sedotan plastik dengan cara membagi sedotan menjadi dua bagian hingga bentuknya rata, lalu potonglah sedotannya dalam bentuk daun;

  5. Ulangi pembuatan daun hingga jumlahnya cukup, lalu tempelkan daunnya ke batang pohon Natal yang sudah ada dengan cara satu per satu;

  6. Terakhir, tambah hiasan lain ke dalam pohon Natal kamu. Selesai!


Walau pohon Natal bikinan sendiri, hasilnya tetap bisa bagus selama bahan yang dipakai juga berkualitas baik. Contohnya untuk pohon Natal dari tali rafia, pilihlah tali rafia yang kuat dan awet seperti buatan Laksana Mas Agung.

Hal ini penting supaya pohon Natal buatan kamu tetap terlihat menarik dan kuat. Selain itu, perhatikan juga warna tali rafianya, tidak semua merek bisa memberikan tali rafia dengan tingkat kejernihan warna yang baik. Oleh karena itu, sebelum membuat pohon Natal sendiri, beli dulu tali rafianya di Laksana Mas Agung, ya!