Berkenalan dengan 7 Usaha yang Menjanjikan di Desa, Bikin Untung!

14 April 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1682527742.jpg

Saat bicara mengenai usaha yang menjanjikan di desa, sebagian besar orang pasti memikirkan usaha di bidang pertanian. Padahal, masih banyak bisnis lainnya yang berpotensi menghasilkan keuntungan menjanjikan. Terlebih, jika kamu memang melaksanakannya dengan niat. Memang, usaha apa saja yang bisa kamu lakukan di desa?


Baca Juga: Mau Memulai Bisnis? Ini 7 Ide Bisnis Online yang Sederhana!

Budidaya Ikan

Selain bertani, budidaya ikan juga menjadi usaha yang menjanjikan di desa, lho! Pasalnya, permintaan atas komoditas ikan masih sangat tinggi. Bahkan, ikan yang kamu budidayakan bisa diekspor ke luar negeri juga.

Jenis ikan yang bisa dijadikan bisnis di kampung pun beragam. Salah satu yang paling mudah dan pasti laku adalah lele. Budidaya lele tidak memerlukan perawatan yang sulit. Selain lele, kamu juga bisa coba budidaya ikan gurame, mujair, nila, atau gabus untuk jenis ikan konsumsi. Kalau tertarik dengan ikan hias, kamu bisa coba budidayakan ikan cupang, koi, discus, guppy, atau lohan.

Ternak Ayam

Usaha yang menjanjikan di desa berikutnya adalah ternak ayam. Sebagai salah satu jenis daging yang paling banyak dikonsumsi, permintaan atas ayam juga tak kalah tinggi daripada ikan. Beternak ayam adalah usaha yang cocok di desa karena lahan di desa cenderung masih luas. Kamu bisa melepaskan ayam untuk mencari makan sendiri di pagi hari, lalu dimasukkan kandang saat malam tiba.

Selain ayam pedaging, kamu juga bisa beternak ayam petelur. Kelak, kamu bisa jual telur-telur hasil ternak ke warung terdekat, toko, atau bahkan rumah makan besar. Peluang usaha satu ini sangat didukung dengan suasana desa yang masih asri dan tidak terlalu bising sehingga ayam-ayam akan bebas stres.

Jasa Isi Ulang Pulsa

Ide usaha di desa berikutnya adalah jasa isi ulang pulsa. Pasti belum banyak konter HP di desa, bukan? Kamu bisa manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Selain pulsa, kamu bisa variasikan layanan lainnya. Misalnya dengan jual kartu perdana, voucher data, isi token listrik, bayar tagihan, atau top up e-wallet. Semakin lengkap jasa yang kamu tawarkan, akan semakin laris pula daganganmu.

Toko Sembako

Sama seperti konter pulsa, toko sembako juga belum begitu banyak di desa. Memang ada beberapa, tetapi terkadang persebarannya tidak merata. Jadi, membuka toko sembako yang menjual barang-barang lengkap bisa menjadi usaha yang menjanjikan di desa. Akan lebih menarik jika kamu bisa menyediakan barang yang belum ada di toko lain.

Pada umumnya, barang dagangan toko sembako meliputi beras, gas LPG, minyak goreng, gula, garam, telur, galon, mi instan, bumbu dapur, dan sebagainya. Perbanyak variasi barang agar pembeli punya banyak pilihan, bisa dari segi harga maupun merk.

Usaha Kuliner

Usaha kuliner pun juga cocok jadi peluang usaha di desa, lho. Bahkan, pasarnya bisa sangat luas. Beberapa contoh peluang usaha di lingkungan sekitar adalah usaha nasi goreng, bakso, mi ayam, sate ayam, dan rujak. Selain makanan-makanan tersebut, kamu juga bisa coba jualan jenis makanan lain. Misalnya jualan seblak, baso aci, cireng, dessert box, dan makanan kekinian lain yang masih jarang ada di desa. Yang penting, sesuaikan jenis jualan dengan target pasarnya, ya.

Budidaya Jamur

Budidaya jamur juga termasuk jenis usaha yang menjanjikan di desa. Jenis jamur pangan berwarna putih ini banyak disukai masyarakat karena murah dan lezat. Jika kamu tertarik mencoba usaha satu ini, pastikan kamu memiliki ruangan yang tidak terjangkau sinar matahari agar jamur bisa tumbuh dengan baik. Proses budidaya jamur tiram cenderung mudah dan murah karena bisa menggunakan barang-barang bekas di sekitar. Selain itu, waktu panennya juga cepat.

Toko Kelontong 

Toko kelontong berbeda dengan toko sembako. Toko kelontong menjual lebih banyak barang kebutuhan sehari-hari, termasuk sembako. Biasanya, barang-barang di toko kelontong juga mencakup jajanan, rokok, alat tulis, pembalut, deterjen, es krim, hingga tali rafia. Tidak ada batasan untuk barang dagangan toko kelontong pada umumnya.


Baca Juga: Ingin Buka Toko Kelontong Kecil-kecilan? Simak 7 Tipsnya di Sini!


Nah, itulah tujuh ide usaha yang menjanjikan di desa. Saat memulai usaha, salah satu hal yang terpenting adalah mencari supplier yang tepat. Tidak hanya menyuplai barang yang berkualitas, tapi juga dengan harga lebih terjangkau. Misalnya untuk tali rafia, kamu bisa menjadi mitra Laksana Mas Agung untuk mendapatkan harga khusus.

Jika kamu bisa mendapatkan harga murah, tentu kamu dapat menjual kembali tali rafianya dengan harga kompetitif. Kamu pun bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari hasil penjualan! Untuk mulai bermitra dengan Laksana Mas Agung, kamu bisa langsung isi formulir partnership-nya di sini!