Bingung Packing Barang Mudik? Simak 4 Tipsnya di Sini!

15 Maret 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1678874120.jpg

Bagaimana, ya, cara packing barang mudik yang benar? Untuk menyambut Idulfitri, sebagian besar masyarakat Indonesia memilih untuk pulang kampung atau yang biasa dikenal dengan istilah mudik. Saat mudik, pastinya kamu perlu membawa berbagai macam barang, apalagi kalau kamu berencana membawakan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Biar packing barang mudik terasa mudah dan tetap rapi, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti!


Baca Juga: Packing: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Tips Packing Barang


Tips Packing Barang Mudik

Saat mudik, kamu pasti membawa banyak barang bawaan. Bahkan dibandingkan saat liburan, kamu mungkin membawa lebih banyak bawaan saat mudik. Di samping pakaian dan kebutuhan pribadi, saat mudik kamu juga akan membawa titipan dan oleh-oleh untuk sanak saudara di kampung halaman, Nah, agar semua barang termuat dengan baik dan aman, yuk, ikuti tips packing barang mudik berikut ini!

1. Gulung pakaian

Pakaian adalah salah satu barang bawaan mudik yang sering memakan banyak space. Untuk menghemat tempat di dalam tas atau koper, sebaiknya kamu menggulung pakaian.

Gulung pakaian yang tidak terlalu tebal, seperti kaus dan kemeja. Untuk celana, lipat menjadi dua bagian. Jika kamu perlu membawa pakaian yang tebal, manfaatkan vacuum plastic. Kemasan plastik dengan lubang angin tersebut akan mengeluarkan udara di dalam pakaian tebal sehingga menjadi lebih tipis. Jadi, kamu bisa tetap memasukkan baju-baju tebal ke dalam tas atau koper tanpa takut semua space habis terisi.

2. Bawa pakaian sesuai kebutuhan

Biar tidak pusing menata isi tas atau koper, usahakan untuk membawa pakaian secukupnya. Pilih pakaian yang bisa dipakai berulang atau pakaian yang tidak mudah kotor. Kamu bisa mencuci atau menyetrika pakaian di kampung halaman saat persediaan sudah menipis.

Membawa pakaian secukupnya akan memudahkanmu saat packing barang mudik. Kamu juga tidak perlu terlalu pusing menata isi tas atau koper. Sisa space yang tersedia nantinya bisa diisi dengan barang-barang yang perlu kamu bawa saat kembali ke tanah perantauan.

3.  Bawa tas lipat

Khawatir tas atau koper yang kamu bawa saat persiapan mudik nanti kurang? Tidak perlu khawatir, sebagai solusi, kamu bisa membawa tas lipat. Sekarang ini, sudah ada banyak sekali tas bepergian yang bisa dilipat dan disisipkan ke dalam bawaanmu selama mudik. Bukan cuma menghemat space, tas seperti ini juga cocok untuk membawa pakaian kotor atau barang tambahan yang akan kamu bawa saat selesai mudik tanpa perlu menata ulang isi koper.

4. Pastikan barang bawaan aman

Selain menata pakaian dan barang bawaan lain, dalam persiapan mudik kamu juga harus memastikan keamanannya. Agar isi koper tidak dirusak atau dibuka paksa, amankan dengan kunci atau gembok khusus. Kamu juga bisa mencoba alternatif membungkus koper dengan jaring tali atau kemasan plastik yang ada di bandara.

Untuk oleh-oleh dan barang bawahan tambahan, kamu bisa mengemasnya dalam satu kardus tebal. Beri tambahan bubble wrap agar tetap aman sepanjang perjalanan. Kemudian, tutup dengan lakban atau selotip. Agar tetap utuh, amankan kardus dengan tali rafia kuat, seperti produk dari Laksana Mas Agung. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas, tali rafia Laksana Mas Agung punya ketahanan yang lebih panjang dan lebih awet.

Persiapan Mudik

Selain mempersiapkan packing barang mudik, kamu juga harus mempersiapkan fisik. Sebelum berangkat mudik, pastikan istirahat cukup. Jika mengemudi sendiri, ambil waktu istirahat setiap empat jam sekali untuk menjaga keselamatan.

Apabila kamu menggunakan transportasi publik seperti bus, kereta api, atau pesawat, jangan lupa memesan tiket. Pesan tiket dari jauh-jauh hari untuk menghindari risiko kehabisan. Saat sudah waktunya mudik, usahakan datang lebih awal ke terminal, stasiun, atau bandara agar tidak tertinggal.

Baca Juga: Punya Bisnis Online? Yuk, Simak Tips Packing Barang Berikut!

Nah, itu dia tips packing barang mudik yang rapi dan aman. Sebisa mungkin, hindari packing terlalu mepet waktu mudik agar tidak ada barang yang tertinggal. Biar barang bawaan mudik tetap aman, lindungi dengan tali rafia kuat dari Laksana Mas Agung. Terbuat dari bahan plastik berkualitas, tali rafia Laksana Mas Agung lebih tahan lama dan tidak mudah putus. Tali rafia Laksana Mas Agung kini sudah tersedia di marketplace  Shopee dan Tokopedia!