Kupas Tuntas Modal dan Keuntungan Bisnis Tikar dari Rafia

18 Juli 2024

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1721277517.jpg

Tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis sendiri. Apalagi, ada banyak jenis produk yang bisa kamu eksplor. Tapi, kalau kamu bingung harus memilih produk untuk dijual, tikar dari rafia dapat menjadi opsi yang menarik. Produk satu ini dibutuhkan oleh banyak masyarakat, terutama di Indonesia yang memiliki budaya silaturahmi cukup tinggi.

Pada umumnya, masyarakat Indonesia cukup sering mengadakan berbagai acara kumpul bersama. Baik itu arisan keluarga, pengajian, ulang tahun, hingga tasyakuran. Dengan banyaknya tamu, tuan rumah pun butuh space lebih banyak untuk area duduk. Di sinilah tikar rafia buatanmu bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas, seperti apa peluang bisnisnya?

Peluang Bisnis Tikar dari Rafia

Berjualan tikar rafia memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Coba perhatikan para produsen tikar rafia. Banyak dari mereka yang sudah menjalankan bisnis ini selama puluhan tahun. Artinya, bisnis tersebut memiliki tingkat permintaan yang cukup stabil dari waktu ke waktu. Dengan begitu, kamu juga punya peluang untuk mendapatkan omzet yang tinggi.

Nah, agar bisa memenuhi sebanyak mungkin permintaan masyarakat, sediakan tikar dari rafia dalam berbagai ukuran. Tawarkan tiap ukuran tikar dengan harga berbeda agar tetap kompetitif. Pada umumnya, kini tikar rafia dijual dengan kisaran harga Rp40 ribuan hingga Rp80 ribuan. Semakin besar ukurannya, tentu akan semakin tinggi pula harga tikar tali rafia.

Untuk menarik perhatian konsumen, kamu juga bisa memberi nilai tambahan pada produkmu. Misalnya dengan membuat tikar yang bisa dilipat, menyediakan beragam model tikar tali rafia dalam aneka warna, atau memberikan diskon tambahan untuk pembelian dalam jumlah banyak.

Baca Juga: Bebas Kompetitor, Ini Dia Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Permintaan Pasar

Peluang bisnis tikar dari rafia tidak bisa lepas dari permintaan pasar. Sebagus apa pun kualitas produk yang kamu jual, hal tersebut bakal percuma kalau tidak ada konsumen yang membelinya. Jadi, sebetulnya seperti apa permintaan terhadap tikar rafia?

Meskipun bukan merupakan produk kebutuhan primer, tikar rafia menjadi salah satu produk yang dibutuhkan banyak masyarakat Indonesia. Hal ini masih berhubungan dengan budaya kumpul dan silaturahmi yang begitu kental di Indonesia. Agar bisa menerima banyak tamu, orang-orang biasanya akan menggelar tikar di tempat mereka. Entah itu untuk arisan keluarga, rapat RT/RW, pengajian, perayaan ulang tahun, atau tasyakuran.

Dengan kata lain, permintaan terhadap modal tikar tali rafia akan selalu ada. Bahkan, sudah banyak produsen tikar rafia yang melayani permintaan ekspor ke beberapa negara lain. Seiring dengan meluasnya permintaan, kamu juga bisa menyerap lebih banyak tenaga kerja. Jadi, selama kamu tekun menjalani bisnis tikar rafia, lambat laun kamu pun bisa membuka lapangan pekerjaan.

Bahan Baku Terjangkau

Kabar baiknya lagi, bisnis tikar dari rafia tidak membutuhkan bahan baku yang sulit. Sebaliknya, bahan baku utama produk ini justru sangat terjangkau. Untuk membuat tikar satu ini, kamu membutuhkan tali rafia dan benang polipropilena sebagai bahan baku utama. Keduanya bisa kamu dapatkan dari produsen dalam negeri. 

Kemudian, siapkan pula alat tenun bukan mesin (ATBM) untuk membuat tikar rafia. Sebagai gambaran jumlah modal, berikut daftar harga bahan baku untuk membuat tikar dari rafia:

  • 5 kg tali rafia: Rp75.000 hingga Rp100 ribuan, bergantung pada tingkat kualitas;
  • 1 kg tali polipropilena: sekitar Rp50 ribuan;
  • ATBM: sekitar Rp6 jutaan.


Semakin banyak ukuran dan model tikar tali rafia yang dijual, tentu akan semakin banyak pula modal yang harus kamu siapkan. Sesuaikan pula harga tikar lipat tali rafia dengan ukuran dan tingkat kesulitan pembuatan. Misalnya, kamu bisa memasang harga lebih tinggi pada tikar rafia yang bermotif rumit. 

Baca Juga: 6 Ide Usaha Kerajinan Tangan yang Banyak Dicari

Dengan permintaan yang relatif stabil, jualan tikar dari rafia dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Agar nantinya konsumen puas dengan produkmu, buatlah tikar dari tali rafia berkualitas tinggi. Pastikan tali rafia tersebut bertekstur lembut tapi tidak mudah robek, seperti buatan Laksana Mas Agung.

Bahkan, tali rafia Laksana Mas Agung juga hadir dengan beragam warna yang tidak mudah luntur. Dengan kualitasnya tersebut, Laksana Mas Agung dapat menjadi partner bisnis tikar rafia yang bisa diandalkan. Yuk, bergabung dengan program partnership Laksana Mas Agung agar lebih mudah dan murah saat membeli tali rafia secara grosir. Klik di sini untuk info selengkapnya!