5 Ide Jualan Bulan Puasa Modal Kecil, Tetap Laris!

19 Maret 2024

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1710829941.jpg

Ramadan selalu disambut dengan suka cita oleh umat Muslim di Indonesia. Berbagai tradisi pun muncul selama bulan Ramadan, mulai dari buka puasa bersama hingga saling berbagi dengan orang-orang tersayang. Situasi tersebut menciptakan banyak peluang usaha yang bisa kamu coba. Bahkan, beberapa di antaranya juga tidak membutuhkan modal besar. Yuk, intip berbagai ide jualan bulan puasa yang laris manis di bawah ini!

Baca Juga: 6 Kegiatan Ngabuburit Ramadhan agar Kamu Lupa Waktu!

Ide Jualan Bulan Puasa

Bulan puasa merupakan momen tepat untuk memulai usaha, apalagi ada banyak produk yang bisa kamu jual. Produk-produk ini memiliki peluang keuntungan yang cukup menjanjikan, lho. Berikut beberapa ide jualan bulan puasa modal kecil yang bisa kamu coba:

Takjil

Selama Ramadan, banyak orang yang berburu takjil sekaligus ngabuburit saat menjelang waktu buka puasa. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut dengan menjual aneka menu takjil. Sesuaikan saja menunya dengan preferensi dan kemampuan kamu, ya. Tapi, biasanya orang Indonesia suka berbuka puasa dengan es buah, es pisang ijo, es blewah, dan semacamnya. 

Sedangkan untuk takjil makanan, gorengan masih menjadi menu yang disukai banyak orang. Contohnya seperti pisang goreng, tahu isi, dan martabak. Supaya laris manis, kamu bisa berjualan di pinggir jalan, area perumahan, atau area-area yang dilalui banyak orang.

Bumbu siap masak dan frozen food

Selain takjil, jualan bumbu siap masak juga dapat menjadi usaha di bulan Ramadan yang laris. Soalnya, banyak orang yang sibuk dan tidak punya waktu untuk memasak menu buka puasa dan sahur. Dengan adanya bumbu siap masak, mereka bisa lebih cepat menyiapkan makanan. Kamu bisa menjual bumbu rendang, bumbu gulai, bumbu soto, hingga bumbu rawon.

Tak kalah menarik, frozen food juga dapat menjadi ide jualan bulan puasa yang dicari banyak orang. Dengan frozen food seperti nugget, dim sum, pempek, hingga siomay, mereka yang sibuk tetap bisa menyantap menyiapkan menu buka puasa dan sahur dengan cepat.


Catering sahur & buka puasa

Bagaimana dengan orang-orang yang benar-benar tidak punya waktu untuk memasak, bahkan untuk menggoreng frozen food sekalipun? Kondisi ini biasanya dihadapi oleh anak kos atau para pekerja kantoran. Kamu bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan menyediakan catering sahur dan buka puasa. Terapkan sistem pre-order untuk menghindari adanya makanan sisa. 

Selain anak kos dan pekerja kantoran, kamu juga bisa menawarkan catering kepada orang-orang yang ingin mengadakan buka puasa bersama atau sahur on-the-road, misalnya seperti komunitas, acara kantor, atau acara kampus.

Perlengkapan ibadah

Tak hanya makanan, ide jualan bulan puasa yang tak kalah menarik untuk dijual adalah perlengkapan ibadah. Contohnya seperti sajadah, mukena, sarung, tasbih, dan baju koko. Selama Ramadan, biasanya umat Muslim akan berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadah. 

Itulah kenapa permintaan terhadap perlengkapan ibadah biasanya akan meningkat, bahkan hingga menjelang Lebaran. Bagi yang punya keahlian menjahit, kamu bisa memproduksi mukena, sarung, atau baju koko sendiri. Tapi kalau mau yang lebih praktis dan hemat modal, menjadi dropshipper atau reseller perlengkapan ibadah sangat layak dipertimbangkan.

Hampers

Ada satu tradisi menarik yang sering dilakukan banyak orang saat Ramadan, yaitu kirim hampers ke teman, anggota keluarga, atau rekan kerja. Tujuannya untuk saling berbagi sekaligus mengucapkan selamat Lebaran. Itulah kenapa biasanya tradisi ini dilakukan pada minggu terakhir bulan Ramadan. 

Kebiasaan tersebut pun memunculkan peluang usaha di bulan puasa Ramadhan yang laris, yakni berjualan hampers. Isi hampers-nya bisa kamu tentukan sendiri sesuai preferensi. Semakin unik dan menarik, tentu akan semakin dilirik banyak orang. Beberapa contoh yang bisa kamu pertimbangkan adalah hampers isi lilin aromaterapi atau reed diffuser, satu set peralatan makan, dessert box, dim sum, hingga perlengkapan body care.

Baca Juga: 7 Ide Usaha Rumahan Kreatif, Simpel tapi Cuan!

Meskipun dengan modal terbatas, berbagai ide jualan bulan puasa di atas memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Jadi, sebaiknya persiapkan diri jika sewaktu-waktu kamu mendapat permintaan tinggi. Bukan tidak mungkin kamu bisa menerima pesanan hingga ratusan makanan atau produk. Kalau sudah begini, pastikan kamu memberi proteksi ekstra pada pengemasan dengan mengikatnya menggunakan tali rafia yang kuat, seperti buatan Laksana Mas Agung.

Tali rafia Laksana Mas Agung tidak mudah putus sehingga bisa diandalkan untuk berbagai keperluan, termasuk mendukung usahamu selama bulan puasa. Yuk, bergabung dengan program partnership Laksana Mas Agung untuk mengamankan pasokan tali rafia! Semoga puasa Ramadan tahun ini membawa berkah bagi semua, ya!