7 Ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya dan Pasti Untung

20 Februari 2024

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1708421573.jpg

Bagi yang berencana mendirikan bisnis baru, tapi mager untuk cari lokasi terpisah, kamu bisa membuka usaha sampingan di rumah. Apalagi, saat ini ada banyak ide usaha sampingan di rumah yang tidak ada matinya. Kamu pun bisa memilih ide usaha rumahan yang paling sesuai dengan kemampuan diri dan finansial. Jadi, apa saja peluang usaha rumahan yang worth it buat dicoba? Yuk, intip daftarnya di bawah ini!

Catering

Ide usaha rumahan satu ini cocok buat kamu yang hobi memasak. Tentukan masing-masing menu untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Lalu, tawarkan menu tersebut dalam bentuk paket maupun secara individu. Terapkan sistem pre-order untuk menghindari adanya makanan sisa yang terbuang. 

Layanan catering akan sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang sibuk, seperti pekerja kantoran dan mahasiswa rantau, sehingga tidak sempat masak sendiri. Di samping menu makan harian, kamu juga bisa menerima layanan catering untuk berbagai acara seperti pengajian, ulang tahun, rapat kantor, dan lainnya. 

Camilan

Selain catering, jual camilan juga bisa jadi usaha rumahan yang tidak ada matinya. Meskipun sama-sama bergerak di bidang kuliner seperti catering, usaha satu ini lebih fokus menjual makanan ringan. Kamu bisa memilih mau menjual camilan basah, kering manis, asin, atau kombinasi. Beberapa contohnya seperti donat, risoles, pie buah, bolu, aneka keripik, dan biskuit. Menu seperti ini biasanya dicari untuk acara arisan, pengajian, atau tasyakuran.

Warkop

Kalau rumah kamu berada di pinggir jalan raya, peluang usaha rumahan ini worth it buat dicoba. Banyak orang yang mencari warkop untuk beristirahat, misalnya pekerja, mahasiswa, atau driver ojek online. Kamu bisa meletakkan beberapa meja dan bangku panjang di teras rumah, lalu sediakan banyak stop kontak serta Wi-Fi agar nanti pelanggan semakin nyaman. 

Kemudian, berikan banyak pilihan kopi agar mereka bisa memilih sesuai selera. Sebagai teman minum kopi, kamu juga bisa menjual camilan seperti aneka gorengan, kacang rebus, sate usus dan puyuh, hingga mi instan.

Baca Juga: 6 Peluang Usaha 2024 yang Menggiurkan dan Cocok untuk Pemula

Jahit Pakaian

Tak hanya dalam bentuk barang atau makanan, usaha sampingan di rumah juga bisa kamu jalankan dengan menyediakan jasa. Untuk bidang ini, salah satu ide usaha rumahan yang tidak ada matinya adalah jahit pakaian. Pasti akan ada tetangga yang membutuhkan jasamu untuk merombak pakaian mereka atau menjahit pakaian baru. Jika puas dengan hasil jahitan dan layananmu, mereka pasti tidak akan ragu untuk merekomendasikan usahamu ke orang lain.

Laundry Kiloan

Mirip seperti catering, ide usaha rumahan satu ini juga akan sangat dibutuhkan oleh orang-orang dengan kesibukan tinggi. Banyak pekerja kantoran dan mahasiswa yang tidak punya waktu untuk mencuci baju sendiri. Nah, kamu bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan membuka laundry kiloan yang mencakup layanan cuci baju hingga setrika. Untuk memulai usaha ini, beberapa perlengkapan yang dibutuhkan adalah mesin cuci dan pengering, deterjen, pewangi, serta setrika.

Layanan Top Up Pulsa dan Game Online

Usaha rumahan yang tidak ada matinya di era digital adalah layanan top up. Saat ini, para pemain game online yang membutuhkan voucher untuk membeli senjata, karakter, dan berbagai item lain. Namun, masih banyak dari mereka yang tidak punya akses untuk membelinya sendiri. Karena itu, kamu bisa menyediakan layanan top up voucher game online.

Selain game online, kamu juga dapat menambahkan layanan top up pulsa dan paket data. Pada era digital seperti sekarang, hampir semua orang membutuhkan internet untuk melakukan berbagai aktivitas. Itulah kenapa layanan top up pulsa dan paket data bakal sangat dibutuhkan.

Toko Sembako

Tak kalah menguntungkan, membuka toko sembako juga layak untuk kamu pertimbangkan. Peluang usaha rumahan satu ini pasti mendatangkan pembeli karena semua orang butuh bahan-bahan pokok untuk sehari-hari, seperti minyak goreng, beras, gula, sabun, dan sebagainya. Sediakan sebanyak mungkin produk untuk memenuhi kebutuhan pembeli, sehingga mereka akan terus kembali ke toko sembako milikmu.

Baca Juga: Kenalan dengan Toko Kelontong, Ide Bisnis yang Menguntungkan

Jadi, kalau kamu cari ide usaha rumahan yang tidak ada matinya, daftar di atas worth it buat dicoba. Bagi yang tertarik untuk membuka toko sembako, pastikan kamu bekerja sama dengan partner usaha terpercaya untuk menyuplai produk berkualitas tinggi di tokomu, seperti Laksana Mas Agung.

Bersama Laksana Mas Agung, kamu bisa menjual berbagai varian tali rafia dengan harga terjangkau, tapi kualitasnya tidak murahan. Langsung saja klik di sini untuk menjadi partner usaha Laksana Mas Agung! Kunjungi juga blog Laksana Mas Agung untuk mendapatkan inspirasi lain seputar bisnis dan kewirausahaan!