Begini Makna Mendalam dari Perayaan Imlek 2024

20 Februari 2024

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1708421949.jpg

Setiap pergantian tahun baru, banyak orang menanyakan Imlek tanggal berapa, apalagi kalau mengingat bahwa Imlek selalu jatuh pada awal tahun. Jadi, tidak mengherankan apabila pada 2024 ini pun pertanyaan yang sama juga muncul, terutama dari kalangan etnis Tionghoa yang merayakan momen spesial ini.

Jadi, kapan Imlek 2024 berlangsung? Apakah pemerintah Indonesia juga menetapkan cuti bersama untuk Imlek tahun ini? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini!

Baca Juga: Perayaan Tahun Baru Imlek, Memahami Makna dan Sejarahnya 

Tanggal Imlek 2024, Adakah Cuti Bersama?

Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024. Sama seperti perayaan Imlek pada tahun-tahun sebelumnya, Imlek 2024 juga telah ditetapkan sebagai hari libur nasional. Kabar baiknya lagi, pemerintah Indonesia juga telah meresmikan adanya cuti bersama yang berkaitan dengan perayaan Imlek tahun ini.

Cuti bersama tersebut jatuh pada Jumat, 9 Februari 2024. Keputusan ini telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri (Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Agama, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024.

Bahkan, ternyata kamu sudah bisa menikmati hari libur sejak Kamis, 9 Februari 2024 karena tanggal tersebut bertepatan dengan momen Isra Miraj yang dirayakan oleh umat Muslim. Jadi, selamat menikmati long weekend, ya!

Naga Kayu, Shio 2024 dan Maknanya

Sudah tidak penasaran lagi, kan, Imlek tanggal berapa? Namun, tahukah kamu bahwa perayaan Imlek juga menandakan perubahan shio?

Jadi, penanggalan Imlek menandakan siklus zodiak Cina atau shio yang menjadi simbol kedamaian, keberanian, kekuatan, hingga inovasi. Nah, shio ini digambarkan dalam 12 hewan yang berubah tiap tahunnya mengikuti siklus penanggalan Imlek. Kedua belas hewan tersebut adalah anjing, ayam jago, babi, domba, kelinci, kerbau, kuda, macan, monyet, naga, tikus, dan ular.

Imlek 2023 merupakan tahun bagi shio kelinci, sedangkan shio untuk tahun ini adalah naga kayu atau Jia Chen dalam bahasa Cina. Shio satu ini mempunyai elemen tetap, yaitu tanah, yang menjadi simbol atas kesetiaan, stabilitas, dan kejujuran. Sementara itu, naga kayu sendiri menggambarkan fleksibilitas, pertumbuhan, dan kreativitas.

Itulah kenapa orang-orang yang lahir pada shio Naga digambarkan sebagai sosok yang mandiri, ambisius, karismatik, percaya diri, visioner, tidak mudah takut, suka berinovasi, dan merupakan problem solver yang baik.

Dengan makna positif shio naga kayu, Imlek 2024 pun dinilai menjadi tahun yang baik untuk melakukan banyak hal baru. Apalagi, naga kayu juga dipercaya menjadi simbol perdamaian. Jadi, meskipun nantinya muncul konflik atau hambatan di tengah jalan, energi dari shio naga kayu akan mengajak kita untuk menyelaraskan pikiran dan batin agar tetap seimbang.

Yuk, Sambut Imlek dengan Suka Cita!

Setelah mengetahui shio untuk Imlek 2024, saatnya kamu mempersiapkan diri untuk menyambut Imlek dengan suka cita. Tak harus melakukan perayaan besar, kok, yang penting kamu bisa merasakan semangat Imlek dengan tulus agar semangat menyambut tahun baru.

Banyak tradisi sederhana yang bisa kamu lakukan. Bersihkan rumah agar nanti bisa nyaman berkumpul dengan keluarga. Tradisi ini juga menyimpan makna simbolis untuk mengusir energi negatif, lho. Kemudian, pasanglah berbagai ornamen Imlek seperti bunga mekar dan lampion merah  untuk memperkuat nuansa Imlek di rumah.

Pastikan juga kamu menyiapkan sejumlah makanan khas Imlek, seperti mi panjang umur dan lontong sayur cap go meh. Lalu, bagi yang punya adik atau keponakan, kamu juga bisa menyiapkan angpao untuk mereka. Tulis daftar penerima angpao, tentukan anggaran sesuai kemampuanmu, lalu masukkan angpao ke dalam amplop bernuansa Imlek.

Baca Juga: Mengenal 11 Hidangan Wajib Imlek, Apa Saja?

Jadi, jawaban untuk pertanyaan “kapan Imlek” adalah 10 Februari 2024. Imlek 2024 merupakan shio bagi naga kayu yang dikatakan sebagai tahun baik untuk memulai hal baru. Jadi, bagi yang ingin melakukan project baru, inilah momen yang tepat untuk kamu melakukannya, termasuk jika kamu ingin membangun bisnis.

Apalagi, saat ini ada banyak peluang bisnis yang kamu eksplor, termasuk menjalin partnership dengan Laksana Mas Agung. Menyediakan berbagai varian tali rafia dengan kualitas tinggi, Laksana Mas Agung siap menjadi teman sukses kamu pada 2024 ini. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai Imlek 2024 dengan peluang bisnis baru!