Tips Memilih Lokasi Strategis untuk Usaha Pemula

12 Juni 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1686556362.jpg

Usaha ramai dan laris manis bisa kamu wujudkan kalau lokasinya mudah dijangkau pelanggan. Kuncinya tentu saja menjalankan usaha di lokasi strategis. Masalahnya menemukan lokasi usaha yang strategis tidaklah semudah ekspektasi. Bisa saja lokasinya sudah oke, tapi kondisi bangunan yang hendak ditempati ternyata kurang oke. Pada kasus lain, perizinannya justru bermasalah. Jadi, bagaimana cara memilih lokasi yang bagus untuk memulai wirausaha?

Baca Juga: Pahami 9 Tips Memulai Usaha untuk Pemula agar Risiko Gagal Berkurang

Pertimbangan Geografis

Untuk menjawab pertanyaan di atas, kamu perlu mempertimbangkan lima faktor; yang pertama adalah geografis. Faktor geografis mengacu pada situasi lingkungan di lokasi usaha, terutama dari segi aksesibilitas dan tingkat keramaian. Idealnya, kalau suatu lokasi mudah diakses, ia bakal ramai sehingga lebih berpeluang untuk mendatangkan pembeli.

Contoh lokasi usaha yang strategis dengan aksesibilitas baik biasanya memiliki jalanan lebar supaya mudah dilalui kendaraan dan transportasi umum. Kemudian, lokasi tersebut juga idealnya memiliki lahan parkir yang memadai. Bakal semakin oke kalo lokasi pilihanmu punya visibilitas yang baik alias mudah dilihat, misalnya seperti ruko di pinggir jalan raya atau kios di SPBU.

Aspek Demografi

Lokasi strategis dengan geografis yang baik akan kurang optimal bagi usaha kamu kalau tidak diimbangi dengan faktor demografis. Maksudnya, kamu perlu mencari tahu informasi demografis di lokasi yang kamu incar, yakni mencakup usia, populasi, dan pendapatan. Dari sini, kamu bisa tahu apakah lokasi tersebut memiliki pasar yang sesuai untuk produk jualan kamu.

Katakanlah kamu punya usaha ayam geprek yang sebetulnya bisa dinikmati oleh konsumen dari kalangan mana pun. Namun, kamu mematok harga yang lebih tinggi daripada kompetitor karena menggunakan bahan-bahan premium. Dengan kondisi seperti ini, mencari lokasi usaha di kawasan sekolah atau kampus mungkin akan kurang tepat. Namun, kamu bisa mendapat peluang lebih besar jika berjualan di area perkantoran yang orang-orangnya sudah memiliki penghasilan sendiri.

Faktor Ekonomi

Ekonomi menjadi faktor yang tak kalah penting saat membahas bagaimana cara memilih lokasi yang bagus untuk memulai wirausaha. Dalam hal ini, ekonomi merujuk pada kondisi ekonomi kamu sendiri dan geliat ekonomi di calon lokasi usaha. Idealnya, semakin bagus kondisi ekonomi kamu, atau dengan kata lain kamu punya budget besar, tentu kamu jadi punya kebebasan lebih dalam memilih lokasi usaha yang strategis.

Sementara itu, geliat ekonomi di area lokasi usaha juga tak kalah penting diperhatikan. Salah satu cara mengeceknya adalah dengan melihat apakah ada banyak toko atau usaha lain yang berjualan di sana. Artinya, masyarakat di area tersebut memiliki daya beli yang cukup tinggi. 

Faktor Perizinan

Sudah menemukan lokasi usaha yang sesuai dengan pertimbangan faktor-faktor di atas? Congratulations! Namun, jangan sampai usaha kamu terhambat hanya karena lupa mengurus legalitas perizinan. Untuk urusan satu ini, Indonesia punya yang namanya Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR). Dulunya bernama Izin Lokasi, KKPR ini baru berlaku setelah adanya Undang-Undang Cipta Kerja.

Nah, KKPR jadi salah satu syarat dasar yang wajib dipenuhi pelaku usaha di Indonesia agar bisa memperoleh Perizinan Berusaha. Khusus buat pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK), kamu cuma perlu memberikan pernyataan mandiri yang telah disediakan dalam OSS Berbasis Risiko.

Pernyataan tersebut mengatakan bahwa lokasi usaha kamu sudah sesuai dengan tata ruang, dan kalau ditemukan ketidaksesuaian pada kemudian hari, kamu bersedia dikenakan sanksi sesuai peraturan yang berlaku. Untuk informasi lebih lengkap seputar KKPR, kamu bisa klik di sini.

Faktor Infrastruktur

Lokasi usaha yang strategis akan percuma kalau tidak dilengkapi dengan infrastruktur memadai. Maka dari itu, saat mencari lokasi strategis untuk usaha, cek juga utilitasnya; bagaimana pasokan listriknya, apakah lancar dan jarang mengalami pemadaman? Lalu, bagaimana soal air? Pastikan kualitas airnya bersih dan jernih. Jangan lupa juga cek jalanan di sekitar, sebaiknya pilihlah area yang tidak mudah banjir saat hujan.

Selain itu, tentunya kamu juga perlu teliti mengecek bangunan yang akan ditempati. Jika memungkinkan, kamu bisa mengajak teman atau kenalan lain yang lebih paham soal infrastruktur bangunan. Minta ia untuk menilai apakah bangunan usaha tersebut benar-benar kokoh dan layak ditempati. Jangan sampai kamu harus keluar uang tambahan untuk renovasi karena kualitas bangunan yang ternyata kurang oke.

Baca Juga: Tingkatkan Exposure, Ini Cara Membuat Lokasi di Google Maps


Menemukan lokasi strategis untuk usaha ternyata cukup menantang, ya? Kalau sudah mendapatkan lokasi usaha pilihan, sekarang saatnya memilih vendor terbaik untuk menunjang usahamu. Khusus urusan tali rafia untuk mengikat atau mengirim produkmu ke pelanggan, serahkan ke Laksana Mas Agung!

Laksana Mas Agung menyediakan tali rafia berkualitas tinggi yang warnanya tidak mudah luntur, ketahanannya kuat, dan ketebalannya konsisten. Warna talinya pun sangat beragam sehingga bisa disesuaikan dengan brand image kamu! Kalau mau join partnership dengan Laksana Mas Agung, caranya pun mudah karena kamu cuma perlu mengisi formulir yang tersedia. Tapi kalau masih mau tanya-tanya seputar produk atau hal lain, langsung saja klik di sini!