Tips Memilih Supplier Sembako Tepercaya, Bebas Ribet!

12 Juni 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1686554161.jpg

Bagi kamu yang hendak menjalankan usaha jualan sembako, atau mungkin berniat mendirikan usaha kuliner, kehadiran supplier sembako jadi salah satu penentu keberhasilan usaha. Itulah kenapa bekerja sama dengan supplier sembako yang terpercaya sangatlah penting. 

Masalahnya, mencari supplier yang tepat tidaklah semudah itu. Bisa saja sembako yang disediakan memang berkualitas baik, tapi pihak supplier justru sering telat mengirimkan suplai. Nah, agar masalah seperti ini tidak terjadi, yuk, cari tahu tips memilih supplier sembako berikut ini!


Baca Juga: Yuk, Menata Warung Sembako Kecil dengan 8 Tips Ini untuk Menarik Pembeli!

Menentukan Kebutuhan Sembako

First things first, cari tahu dulu kebutuhan sembako untuk usaha kamu. Beda jenis usaha, pasti beda pula kebutuhannya. Misalnya, kalau kamu memiliki toko kelontong, sembako yang kamu butuhkan dari supplier tentu lebih beragam karena kamu berusaha memenuhi sebanyak mungkin kebutuhan pembeli.

Namun, beda halnya kalau kamu menjalankan usaha Chinese food yang kebutuhan sembakonya hanya berkisar pada minyak goreng, telur, beras, gula, garam, serta bawang merah dan bawang putih. Maka dari itu, coba tuliskan apa saja sembako yang kamu butuhkan untuk usaha kamu.

Cari Informasi Mengenai Supplier

Berdasarkan kebutuhan yang sudah kamu tulis, carilah informasi sebanyak mungkin mengenai supplier sembako. Kamu bisa mencarinya melalui pencarian online, media sosial, hingga bertanya ke sesama pelaku usaha. Saat pencarian informasi ini, catat pula kontak dari setiap supplier agar kamu bisa menghubungi atau mendatanginya langsung. Dengan begitu, kamu dapat menilai sendiri apakah suatu supplier mampu memenuhi kebutuhan usahamu.

Memperhatikan Kualitas Produk

Kualitas produk tentu tak boleh diabaikan dalam tips memilih supplier sembako. Produk sembako dengan kualitas baik tentu akan membuat pelanggan terus mendatangi usaha kamu. Cara terbaik untuk mengetahui kualitas produk dari supplier adalah dengan mendatangi tempat usaha mereka, karena dengan beginilah kamu bisa mengecek langsung setiap produk yang ditawarkan.

Namun, jika tidak memungkinkan, coba cek ulasan atau testimoni soal produk mereka di internet. Tanyakan pula kepada teman atau kenalan yang pernah menggunakan produk mereka. Apabila rata-rata memberikan ulansa positif, kamu bisa mempertimbangkan supplier tersebut.

Menghitung Harga dan Keuntungan

Bagaimana pun juga, kamu mendirikan usaha untuk mendapatkan keuntungan. Hal ini akan lebih mudah diwujudkan apabila harga sembako dari supplier cukup masuk akal. Bandingkan harga dari tiap supplier sembako. Cari supplier yang memiliki promo tambahan jika kamu membeli dalam jumlah tertentu, misalnya.

Ketersediaan Stok dan Pengiriman

Kelancaran usaha sangat ditentukan oleh ketersediaan stok. Bayangkan jika stok minyak goreng di toko kelontong kamu menipis, tapi supplier tak kunjung mengirimkan pesanan sesuai kesepakatan; tentu hal ini bisa menghambat usah kamu, kan? Karena itu, saat mencari supplier, tanyakan juga soal ketersediaan stok mereka, terutama saat musim high demand seperti Lebaran atau Natal. Kalau mereka memiliki back-up plan yang solid, supplier tersebut bisa kamu pilih.

Pertimbangkan Layanan Pelanggan

Kualitas produk memang penting kalau kita membicarakan supplier sembako. Namun, jangan sampai kamu mengabaikan layanan pelanggan. Sebagai tes sederhana, kamu bisa coba membeli produk dari supplier dalam jumlah sedikit sebagai sampel. Kemudian, perhatikan bagaimana mereka melayani kamu. 

Apabila mereka cenderung ketus atau ogah-ogahan, ini bisa menjadi red flag buat kamu pertimbangkan. Tapi kalau pengalaman tersebut justru menyenangkan, kemungkinan besar sang supplier memang memiliki layanan yang oke secara keseluruhan. 

Melakukan Negosiasi Kontrak

Saat sudah menentukan pilihan, biasanya kamu dan pihak supplier akan membuat kontrak tertulis berisi detail kerja sama, mulai dari kebutuhan sembako hingga periode suplai. Nah, menjelang periode selesai, tidak ada salahnya melakukan negosiasi kontrak jika diperlukan. Ini merupakan tips memilih supplier sembako yang tak kalah penting agar kebutuhan usaha kamu tetap bisa terpenuhi secara up-to-date. 

Monitoring dan Evaluasi

Menjelang jatuh tempo periode kontrak dengan supplier, sebaiknya lakukan juga monitoring dan evaluasi. Bagaimana kinerja dan kualitas supplier selama ini, apakah memuaskan atau justru sering ada keterlambatan? Hal-hal seperti ini bisa menjadi pertimbangan Anda untuk negosiasi kontrak berikutnya jika memang hendak melanjutkan kerja sama. Dengan begitu, kedua belah pihak bisa mencapai win-win solution.

Baca Juga: Ingin Buka Toko Kelontong Kecil-kecilan? Simak 7 Tipsnya di Sini!

Berbakal tips memilih supplier sembako di atas, semoga kamu bisa segera mendapatkan supplier terpercaya dengan produk sembako berkualitas baik. Kalau butuh supplier lain, kamu bisa menghubungi Laksana Mas Agung untuk memenuhi kebutuhan tali rafia. 

Produk tali rafia buatan Laksana Mas Agung dapat mengikat sembako dengan kencang dan kuat sehingga pembeli bisa membawanya dengan aman setelah belanja dari tempatmu. Apalagi, warnanya pun beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan usaha kamu. Semua kemudahan ini bisa kamu rasakan dengan join partnership Laksana Mas Agung! Mau tanya-tanya dulu seputar produk dan layanan? Bisa langsung hubungi kami di halaman Kontak, ya!