Tips Mengadakan Workshop Seni dengan Tali Rafia

25 Agustus 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1692955450.jpg

Perayaan 17 Agustus memang identik dengan lomba-lomba yang seru seperti balap karung, parade sepeda hias, panjat pinang, dan masih banyak lagi. Namun, pilihanmu untuk memeriahkan HUT RI tidak hanya terbatas pada permainan tersebut, lho! Kalau kamu mau ide acara yang unik sekaligus bermanfaat, cobalah mengadakan workshop seni. Lalu, bagaimana caranya agar workshop yang kamu adakan bisa berjalan dengan lancar dan membawa pengalaman positif bagi partisipannya?

Baca Juga: 6 Inspirasi Strategi Pemasaran Produk untuk 17 Agustus

Tips Sukses Menggelar Workshop Seni untuk 17 Agustus

Agar workshop seni yang akan kamu adakan untuk merayakan 17 Agustus ini bisa sukses, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

1. Tentukan tujuan acara

Pertama, tentukan tujuan acara secara detail. Untuk membantumu menentukan tujuan acara, cobalah tanyakan pada dirimu sendiri: Apakah nilai yang ingin kamu tawarkan pada peserta workshop nantinya?

Misalnya saja, kamu ingin mengadakan workshop seni bertemakan sustainability. Setelah mengikuti workshop ini, kamu berharap agar peserta dapat lebih tertarik untuk membuat karya seni dari bahan-bahan daur ulang.

Dengan mengetahui goals tersebut, maka kamu akan lebih mudah dalam menyusun struktur acara, serta mencari kolaborator yang mendukung goals tersebut. Kolaborator yang dimaksud bisa berupa sponsor, pemateri, atau penyedia venue workshop.

2. Pilih target demografi untuk workshop seni

Setelah menemukan goals yang ingin dicapai, langkah berikutnya adalah menentukan demografi dari target peserta. Untuk itu, kamu harus mencari tahu beberapa hal mengenai audiensmu mulai dari usia, jenis kelamin, kebiasaan, atau kesukaan mereka. Setelah itu, kamu bisa menerapkan tema workshop yang sesuai dengan target demografi tersebut.

Tema workshop yang relatable tidak hanya membuatmu berhasil menggaet banyak peserta saja. Tetapi, ini juga membuatmu bisa mendapatkan peserta yang benar-benar berminat terhadap pelatihan yang dibawakan, yang berarti potensi goals-mu akan tercapai juga besar.

3. Pertimbangkan ukuran lokasi acara dengan jumlah peserta

Memilih venue yang tepat juga merupakan kunci suksesnya sebuah workshop. Dalam memilih venue, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Pertama, pastikan bahwa fasilitas ruangan tersebut sudah sesuai dengan yang kamu butuhkan. Kemudian, pastikan bahwa lokasi tersebut mudah dicapai, baik dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Terakhir, pastikan bahwa kapasitas venue tersebut sesuai dengan target jumlah peserta yang kamu rencanakan.

4. Pilih jadwal yang tepat

Saat menentukan jadwal workshop, selalu pikirkan target audiensmu. Misalnya saja jika target audiensmu adalah anak muda yang sedang berkuliah atau kerja, maka waktu yang terbaik adalah weekend di pagi atau malam hari. Selain itu, perhatikan acara atau event lainnya yang kemungkinan akan diadakan di hari yang sama. Jangan sampai, workshop-mu sepi peminat karena target audiensmu lebih memilih untuk datang ke acara lain di waktu yang sama.

5. Publikasikan acara di berbagai media

Untuk memastikan bahwa semua target audiens mengetahui workshop yang akan kamu adakan, promosikan acara satu ini melalui berbagai macam platform. Beberapa platform yang bisa kamu gunakan di antaranya adalah Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan TikTok. Jika perlu, kamu bisa mempromosikan acara ini secara offline dengan memasang beberapa banner, misalnya saja di venue tempat workshop akan dilaksanakan.

6. Selesaikan proses administrasi sebelum acara

Dalam mengadakan event, pasti ada beberapa hal terkait administrasi yang harus diselesaikan. Beberapa administrasi yang harus diselesaikan di antaranya adalah booking venue, izin mengadakan acara, kontrak pemateri, logistik, dan beberapa keperluan lainnya. Agar acara bisa berjalan dengan lancar, pastikan bahwa seluruh hal tersebut sudah selesai sebelum acara dimulai.

7. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan

Terakhir, siapkan seluruh alat dan bahan yang dibutuhkan untuk workshop seni. Misalnya saja saat kamu ingin melaksanakan workshop seni bertemakan lingkungan, maka siapkan alat dan bahan seperti gunting, cutter, serta beberapa material ramah lingkungan yang bisa diubah menjadi karya seni.

Baca Juga: Peluang Usaha Tali Rafia Menjelang 17 Agustus, Untungkah?

Bagaimana, sudah siap mengadakan workshop seni untuk merayakan 17 Agustus nanti? Jangan lupa, rencanakan acara satu ini dengan matang, ya! Pastikan juga bahwa peserta akan mendapatkan yang terbaik bagi mereka. Termasuk, mengenai alat dan bahan yang akan mereka gunakan untuk membuat karya seni. Misalnya jika kamu membutuhkan bahan berupa tali rafia, carilah tali yang berkualitas tinggi seperti tali rafia dari Laksana Mas Agung!

Tali rafia Laksana Mas Agung memiliki warna yang glossy dan terbuat dari plastik daur ulang. Artinya, tali rafia ini cocok digunakan sebagai bahan karya seni bertemakan lingkungan. Nah, kalau kamu tertarik membelinya untuk bahan workshop-mu, kunjungi saja toko online Laksana Mas Agung di Shopee, Tokopedia, dan BukaLapak ya!