3 Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik Supaya Tetap Aman

16 April 2024

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1713240509.jpg

Mudik adalah kegiatan rutin yang bisa dibilang sebagai salah satu tradisi di Indonesia. Mudik artinya seseorang meninggalkan tempat tinggalnya selama beberapa waktu untuk mengunjungi kampung halaman atau rumah kerabat dekatnya. Aktivitas ini umumnya dilakukan saat libur Lebaran. Di sisi lain, kamu mungkin khawatir meninggalkan hunian. Adakah cara dan tips meninggalkan rumah saat mudik Lebaran? Berikut cara lengkapnya untukmu!

Baca Juga: Bingung Packing Barang Mudik? Simak 4 Tipsnya di Sini!

Tips Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran

Ada enam cara aman meninggalkan rumah saat mudik Lebaran. Kamu bisa melakukan salah satu atau beberapa dari opsi di bawah ini!

1. Kunci pintu & jendela

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik Lebaran yang pertama adalah jangan lupa untuk mengunci pintu dan jendelamu. Langkah ini akan membuat rumahmu lebih aman dari ancaman pencurian atau penggeledahan selama libur Lebaran. Sebab, umumnya tindak kriminal pun meningkat selama masa ini dipicu oleh melonjaknya harga barang dan kebutuhan saat Hari Raya Idul Fitri. Beberapa penyebab tersebut kemudian mendorong seseorang untuk melakukan aksi pencurian. Jadi, amankan semua pintu, jendela, bahkan pagar rumahmu sebelum berangkat, ya!

2. Cabut listrik & gas

Beda dengan prioritas sebelumnya yang lebih bertujuan untuk mengurangi ancaman dari luar, mencabut listrik dan gas lebih menitikberatkan pada keamanan yang berasal dari dalam rumahmu. Selama berlibur, sebaiknya kamu mencabut dan menonaktifkan seluruh peralatan yang dapat memicu timbulnya api akibat korsleting, kebocoran gas, dan lain sebagainya.

Insiden yang timbul dari dalam rumah biasanya akan lebih sulit ditangani daripada yang terlihat secara kasat masa dari luar. Itulah mengapa, kebakaran yang sumbernya dari dalam rumah umumnya akan melahap hunian sampai hampir habis sebelum akhirnya bisa dipadamkan. Kamu tentu tidak ingin hal semacam ini terjadi, bukan?

3. Titip pada tetangga yang tidak mudik

Kamu juga bisa menitipkan rumahmu selama mudik pada tetangga terpercaya. Namun, pastikan betul bahwa mereka sudah mengenalmu cukup lama dan memang benar-benar bisa diberi kepercayaan. Kamu boleh memberikan kunci cadangan pada mereka dan memintanya untuk menyalakan lampu teras, menyiram tanaman, dan lain sebagainya selama kamu mudik. Jangan lupa untuk memberinya oleh-oleh selepas masa mudikmu berakhir, ya! Jasa mereka dalam menjaga keamanan rumahmu perlu diberi apresiasi, lho!

4. Pasang CCTV apabila perlu

Alternatif berikutnya untuk menjaga keamanan rumah adalah dengan memasang CCTV di sekitar area rumahmu. Pastikan kamera CCTV dapat meng-cover area depan, dalam, dan belakang hunian. Jangan lupa juga untuk sentiasa memantaunya dari jarak jauh melalui smartphone kamu. Apabila perlu, kamu boleh meminta tolong pada tetangga sekitar untuk mengecek rumah jika ada kejadian janggal yang kamu lihat dari pantauan CCTV.

5. Simpan barang berharga di tempat aman

Tips rumah aman saat mudik adalah dengan cara menyimpan barang berharga di tempat yang aman. Beberapa barang berharga yang dimaksud, misalnya buku tabungan, perhiasan, dan dokumen-dokumen penting lainnya. Kalau kamu punya brankas, amankan semua barang tersebut di sana dan buatlah kode yang sulit ditebak. Lalu, tempatkan brankas ini di daerah yang jarang terlihat oleh pendatang.

6. Pastikan ada nomor darurat untuk dihubungi

Meninggalkan rumah saat mudik seringkali bikin kamu tidak tenang. Maka dari itu, penting untuk memiliki nomor seseorang yang bisa dihubungi saat keadaan darurat, misalnya tetangga, ketua RT, atau orang kepercayaan keluargamu. Pastikan bahwa orang tersebut juga paham jika kamu akan menghubunginya sewaktu-waktu. Dengan begitu, mereka tidak akan mengabaikan panggilan penting darimu.

Baca Juga: Yuk, Menata Warung Sembako Kecil dengan 8 Tips Ini untuk Menarik Pembeli!

Mudik adalah hal yang menyenangkan karena kamu akan bertemu dengan keluarga dan kerabat dekat. Maka, pastikan bahwa kamu merasa bahagia juga setelah menjalaninya dengan cara menjaga keamanan rumah selama mudik. Lakukan enam tips meninggalkan rumah saat mudik tersebut, khususnya kalau rumahmu tetap menjalankan usaha warung selama ditinggal bepergian.

Nah, supaya warungmu tetap ramai walaupun tetangga-tetangga sedang mudik, pastikan bahwa produk yang kamu tawarkan berkualitas dan ramah di kantong. Salah satu produk yang wajib ada di warungmu adalah tali rafia Laksana Mas Agung. Produsen tali rafia berkualitas super ini menghasilkan produk yang mantap dengan harga bersahabat. Semoga warungmu tetap ramai dan selamat berlibur!