4 Ide Usaha Rumahan Omset Jutaan, Pas Buat Pemula!

10 Juni 2024

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1717991471.jpg

Naiknya harga kebutuhan bahan pokok membuat orang ingin merintis usaha sebagai sumber penghasilan sampingan. Beberapa ada yang berhasil, tapi beberapa di antaranya juga masih ragu untuk mengembangkan bisnisnya sendiri. Rata-rata faktornya adalah karena biaya dan pengalaman. Padahal, ada banyak sekali inspirasi usaha rumahan omset jutaan yang bisa kamu mulai dengan mudah. Berikut contoh jenis usaha dan tips memulainya agar bisa balik modal!

Baca Juga: 7 Ide Usaha Rumahan Kreatif, Simpel tapi Cuan!

4 Jenis Usaha Rumahan Omset Jutaan

Buat kamu yang butuh inspirasi jenis usaha rumahan omset jutaan, kami sudah menyiapkan empat contoh dengan modal dan skill dasar yang bisa kamu sesuaikan pada kemampuan dirimu.

Kerajinan tangan

Ide usaha rumahan omset jutaan yang pertama adalah kerajinan tangan. Kalau kamu suka membuat aneka barang dengan sistem DIY (Do It Yourself), ini pertanda bahwa kamu berbakat menjalankan bisnis di bidang ini. Nah, untuk modalnya, kamu bisa sesuaikan dengan kemampuan, jenis, serta banyaknya barang yang akan kamu produksi nanti. Di masa-masa awal, kamu bisa menjual produk ke kerabat dekat dan keluarga atau langsung mempromosikannya di e-commerce.

Jual tali rafia eceran

Ide bisnis selanjutnya yang bisa kamu coba adalah jualan tali rafia eceran. Kita sering membutuhkan tali rafia dengan ukuran yang sedikit, padahal toko biasanya menjual dalam versi gulungan. Di situlah celah yang bisa kamu manfaatkan untuk menjalankan bisnis kecil-kecilan milikmu. Untuk produk semacam ini, kamu bisa terapkan sistem penjualan yang diukur dengan satuan centimeter. Misalnya, kamu bisa jual rafia 20 cm dengan harga Rp1.000,00.

Dropship

Dropship juga bisa jadi ide usaha omset 1 juta perhari. Dengan menjalankan bisnis dropship, kamu tidak perlu memiliki modal usaha dengan jumlah tertentu, sebab sistem penjualannya dilakukan dengan mengirim dari toko lain langsung ke konsumen. Jadi, kamu tidak harus memiliki toko atau menyetok barang dulu, tapi nama barang yang dikirimkan nantinya akan ditulis berdasarkan nama usahamu. Bisnis ini biasanya dijalankan melalui e-commerce atau jaringan online lainnya.

Toko kelontong

Toko kelontong memang jadi jurus pamungkas karena semua orang butuh belanja di warung ini. Di sini kamu perlu modal materi yang sedikit lebih banyak daripada skill seperti pada poin nomor satu. Tapi, biasanya toko kelontong akan selalu dicari di mana pun berada. Cukup pastikan aja bahwa kamu tinggal di daerah yang ramai rumah penduduk sehingga mereka semua bisa jadi target market-mu. Lalu, buat sistem swalayan di warung kelontongmu supaya konsumen makin nyaman.

Baca Juga: 7 Ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya dan Pasti Untung

Tips Memulai Usaha Rumahan agar Sukses

Merintis usaha memang terkesan berat di awal dan dipenuhi dengan keraguan, padahal kamu bisa menjalankan usaha ini dengan mengikuti tips-tips berikut.

Pastikan ada calon pembeli

Pembeli adalah faktor penting saat kamu membuka bisnis. Maka, pastikan mereka ada di sekelilingmu atau tau keberadaan bisnismu kalau kamu menjalankannya secara online. Lalu, jangan lupa juga untuk mendalami apa kebutuhan dan keresahan mereka. Coba sediakan solusi atas permasalahan tersebut dengan produk yang kamu jual.

Buat konten marketing

Era digital seperti sekarang turut mempengaruhi cara bisnis dijalankan. Salah satu strategi promosi yang sekarang banyak dipilih adalah konten marketing. Gimana caranya? Kamu bisa mulai dengan membuat akun media sosial bisnis, lalu merencanakan konten feeds, story, dan sebagainya yang berhubungan dengan produk yang kamu tawarkan.

Temukan supplier tepercaya

Jangan lupa juga untuk menjalin kerja sama dengan supplier tepercaya yang bisa memberikanmu produk dengan kualitas terbaik dalam jangka waktu yang pasti. Stok dan mutu barang itu penting sekali dalam bisnis, maka jangan sampai kamu membiarkan konsumen tidak bisa mendapatkan apa yang mereka cari atau kecewa dengan kualitasnya.

Baca Juga: 7 Tips Usaha Rumahan Supaya Cepat Untung

Nah, kalau ide usaha rumahan omset jutaan yang bakal kamu rintis melibatkan produk tali rafia, mari jalin kerja sama dengan Laksana Mas Agung! Sebagai merek yang telah beroperasi selama kurang lebih 40 tahun, kualitas serta varian produk yang kami tawarkan tentu bisa memenuhi ekspektasimu. 

Apalagi, kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah saat beli tali rafia grosiran, lengkap dengan gratis ongkir untuk pembelian lebih dari 300 kg. Cek selengkapnya soal produk lewat website kami! Follow juga akun Instagram dan media sosial kami!