Cara Membuat Jaring dari Tali Rafia, Super Simpel!

12 Juni 2024

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1718165327.jpg

Tali rafia adalah jenis tali yang banyak dibutuhkan di Indonesia. Selain bisa dimanfaatkan untuk mengikat barang, tali rafia juga bisa dimanfaatkan untuk membuat jaring untuk berbagai macam keperluan, misalnya jaring gawang, jaring basket, jaring pancingan, dan lain-lain. Ingin tahu cara pembuatannya? Berikut cara membuat jaring dari tali rafia yang simpel banget!

Kegunaan Jaring dari Tali Rafia

Membuat jaring dari tali rafia sebenarnya punya banyak manfaat. Selain bisa menggantikan fungsi jaring yang sebenarnya, jaring dari tali rafia juga lebih mudah ditemukan dan hemat. Pasalnya, kamu hanya perlu mencari tali rafia yang biasanya terdapat di rumah. Lalu, tinggal buat jaring dengan mengikuti langkah-langkah yang akan kami berikan di bawah ini.

Sebelum ke sana, kegunaan jaring tali rafia bisa dipakai untuk membuat gawang sepak bola atau futsal, sebagai pengganti jaring pada ring basket, pengganti net voli, jaring untuk ikan, jaring untuk ayam, dan sebagainya. Manfaat jaring dari tali rafia sangat banyak dan dapat diaplikasikan ke kebutuhan penting sampai hiburan semata.

Baca Juga: Step by Step Cara Membuat Kepang Tali Rafia yang Praktis

Alat & Bahan

Untuk membuat jaring dari tali rafia, ada beberapa bahan dan alat yang mesti disiapkan. Pertama, kamu butuh seutas tali yang akan jadi tali untuk sandaran rafia-rafia itu. Kedua, sediakan empat macam rafia dengan varian warna yang berbeda. Ketiga, siapkan juga gunting untuk membagi tali itu sama rata. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk membuat jaring dari tali rafia?

Cara Mengerjakan

Cara membuat jaring dari tali rafia itu cukup mudah, kok, karena kamu tinggal mengaitkannya ke seutas tali yang telah dibentangkan. Biar makin jelas, simak langkah selengkapnya di bawah ini!

  1. Potong keempat warna tali rafia sesuai ukuran yang kamu butuhkan;
  2. Tekuk menjadi dua bagian yang sama panjang untuk masing-masing warna tali rafia;
  3. Bentangkan satu utas tali dan ikat pada dua dua sisinya pada bagian tertentu untuk mempermudah pembuatan jaring
  4. Buat simpul jangkar pada setiap tali rafia dan kaitkan pada seutas tali yang terbentang. Beri jarak antara simpul yang tercipta dari setiap tali rafia;
  5. Setelah semuanya berhasil dikaitkan ke bentangan tali menggunakan prinsip simpul jangkar, kini saatnya untuk mengaitkan salah satu sisi dari setiap tali rafia dengan sisi tali rafia lain yang berdekatan;
  6. Buat pola simpul hidup untuk mengaitkan sisi-sisi tersebut;
  7. Lakukan ikatan dengan simpul hidup pada sisi-sisi lain yang berdekatan;
  8. Dengan begitu, tali rafia akan terbentuk seperti jajar genjang;
  9. Ulangi terus bagian ini sampai ukuran jaring yang kamu inginkan terpenuhi.

Cara Mendapatkan Tali Rafia yang Bagus

Setelah tahu cara membuat jaring gawang dari tali rafia, sekarang saatnya kamu tahu rekomendasi tali rafia yang bermutu, kuat, dan punya banyak pilihan warna. Buat kamu yang ingin mendapatkan semua kualitas itu, Laksana Mas Agung punya solusi komplitnya! Di sini kamu bisa memilih berbagai pilihan warna yang sesuai keinginan. Ditambah lagi, kualitas tali rafianya juga tidak gampang putus sehingga bisa menahan beban atau tarikan yang kencang.


Tali rafia Laksana Mas Agung terbuat dari bahan daur ulang sampah plastik, lho! Selain bermutu tinggi, produk ini juga berperan dalam pengurangan bahaya sampah plastik di lingkungan sekitar. Proses pembuatannya dilakukan dengan mengumpulkan sampah plastik dari TPA, TPS, maupun pabrik atau toko yang menghasilkan limbah tersebut. Berikutnya, sampah dicuci dan dipilah, dicincang, kemudian dibuat lempengan seperti pelet plastik, sebelum diwarnai dan dibentuk menjadi tali rafia.

Ukuran tali rafia yang tersedia di Laksana Mas Agung pun ada macam-macam, mulai dari 5-10 kg, sesuaikan saja dengan kebutuhanmu. Ditambah lagi, Laksana Mas Agung juga sudah 40 tahun menggeluti industri ini sehingga kualitas produk yang kami hasilkan tidak perlu kamu ragukan lagi. Dijamin, kamu bisa memperoleh tali rafia yang lebih tipis sekaligus kuat, lebih berwarna, lebih lembut, warna tidak cepat luntur, dan ramah lingkungan, ya hanya di Laksana Mas Agung!

Baca Juga: Mudah, Begini Cara Membuat Kemoceng dari Tali Rafia!

Sekarang kamu sudah paham cara membuat jaring dari tali rafia itu seperti apa. Untuk rekomendasi tali rafia yang kuat dan punya berbagai macam pilihan warna, dapatkan semuanya di Laksana Mas Agung! Kamu bisa mengunjungi situs web dan media sosial kami untuk info lengkap seputar produk. Lalu, dapatkan produk kami di berbagai e-commerce, ya!