Cara Membuat Tas Tali Rafia, Menguji Kreativitas!

18 Februari 2023

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1676710588.jpg

Ada banyak cara untuk mengisi waktu bersama dengan si kecil. Beberapa dari kamu memilih bepergian ke luar kota, ada yang berkunjung ke rumah saudara, tapi tidak jarang juga banyak yang memilih menghabiskan waktu bersama di rumah. Jika keluargamu adalah tipe yang terakhir, kamu bisa coba mengisi waktu bersama si kecil dengan melakukan sesuatu yang memicu kreativitasnya.

Misalnya saja, kamu bisa mengajaknya membuat karya seni dari bahan-bahan yang ada di sekitarmu. Kalau bingung mau membuat karya seni seperti apa, kami telah mempersiapkan satu tutorial untuk membuat karya seni berupa tas tali rafia. Yes, kerajinan tas dari tali rafia ini tidak hanya memicu kreativitas si kecil, tapi juga membuatmu bisa quality time bersama keluarga. 

Jadi, bagaimana cara membuat tas dari tali rafia?

Baca Juga: Cara Membuat Gelang Rumbai dari Tali Rafia, Hanya 5 Menit!

Alat dan bahan membuat tas tali rafia

Sebelum mulai membuat tas tali rafia, kamu harus mempersiapkan terlebih dahulu alat dan bahannya. Berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Gunting;

  • Pensil;

  • Penggaris;

  • Lem tembak;

  • Kardus;

  • Kain perca;

  • Tali rafia.

Cara membuat tas tali rafia

Kamu penasaran bagaimana membuat kerajinan tas dari tali rafia, kan? Tali rafia dapat dibuat tas dengan teknik berikut ini:

1. Siapkan alat dan bahan

Tahap pertama tentu saja menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Agar hasil akhir tas bisa lebih baik, gunakan tali rafia yang memiliki warna glossy. Selain itu, kamu juga wajib mempersiapkan tali rafia dengan berbagai macam warna agar tas tampak lebih meriah. 

Untuk pensil dan penggaris, sebenarnya bersifat opsional karena hanya digunakan untuk menandai saat akan memotong kardus. Jadi, jika tidak ada penggaris atau pensil, kamu masih bisa lanjut membuat kerajinan tas dari tali rafia ini.

2. Buat kerangka tas dari kardus

Setelah itu, potonglah kardus menjadi dua bagian. Bagian pertama berbentuk persegi panjang dengan sudut tumpul yang digunakan menjadi alas tas. Untuk ukurannya, kamu bisa menyesuaikan dengan ukuran tas yang kamu inginkan. Perlu diingat kalau semakin besar tas, maka semakin banyak pula hiasan yang perlu kamu buat.

Bagian kedua berbentuk persegi panjang yang digunakan untuk dinding tas. Agar ukurannya sesuai, kamu bisa coba mengelilingi kardus bagian pertama dengan kardus bagian kedua. Usahakan agar kardus bagian kedua dapat menutup penuh alas. Jika terlalu panjang, tandai dengan pensil, kemudian potong kelebihan kardus.

Setelah itu, gabungkan kardus bagian pertama dan bagian kedua dengan lem tembak. Pada tahap ini, akan terbentuk sebuah balok terbuka dengan sudut yang tidak tajam.

3. Lapisi bagian dalam kerangka dengan kain perca

Setelah itu, kamu bisa melapisi bagian dalam tas dengan kain perca atau kain lainnya. Tujuannya agar bagian dalam tas tidak terlihat seperti kardus. Tempelkan kain tersebut dengan menggunakan lem tembak. Pada tahap ini, kain tidak perlu menutup bagian alas tas. Yang penting, bagian dinding dalam tas tertutup rapi.

4. Buat alas tas bagian dalam 

Nah, buatlah kembali alas tas dari kardus. Kali ini, alas akan digunakan sebagai alas bagian dalam. Oleh karena itu, ukurlah dengan tepat agar alas ini dapat masuk ke dalam tas. Jika dirasa ukurannya sudah pas, bungkus alas dalam ini dengan kain perca agar bagian dalam tampak lebih rapi lagi.

5. Lapisi bagian luar tas dengan tali rafia

Agar bagian luar tas tampak rapi, kamu bisa melilitkan tali rafia di sekitar tas. Usahakan tali rafia dapat secara rata mengelilingi seluruh permukaan tas. Kamu bisa memilih mau menggunakan satu warna saja atau beberapa warna. Tempelkan tali tersebut dengan menggunakan lem tembak.

6. Buat tali tas dengan mengepang tali rafia

Untuk tali tas, kamu bisa membuatnya dengan mengepang tali rafia. Sedangkan untuk panjangnya, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Jangan lupa, pastikan bahwa kedua tali yang dibuat memiliki panjang yang sama. 

7. Hias tas sesuai kreatifitas kalian

Langkah terakhir, kamu bisa menghias bagian luar tas sesuai dengan kreativitasmu dan si kecil. Misalnya, kamu bisa membuat kepang tali rafia berbagai warna, kemudian menempelkannya secara selang-seling di luar tas dengan menggunakan lem tembak. Selain itu, kamu juga bisa menempelkan berbagai macam hiasan lainnya.

Baca Juga: Mendunia, Kreasi Kerajinan Daur Ulang Baju dari Tali Rafia

Jadi, itulah cara merajut tas dari tali rafia. Bagaimana, cukup mudah, kan? Kegiatan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu dengan si kecil secara produktif. Jangan lupa, agar hasil karyamu bisa tampak indah, gunakan bahan baku yang berkualitas. Misalnya saja, kamu bisa menggunakan tali rafia dari Laksana Mas Agung. 

Laksana Mas Agung memproduksi tali rafia dengan kualitas yang bagus dan warna yang beragam. Warna dari tali rafia super Laksana Mas Agung juga glossy sehingga tampak cantik saat diubah menjadi kesenian, termasuk kerajinan tas dari tali rafia. Untuk melihat katalog tali dari Laksana Mas Agung, kunjungi toko online kami di Shopee serta Tokopedia, ya!