7 Ide Usaha Sampingan Rumahan yang Simpel, Tetap Untung!

19 Agustus 2024

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1724040176.jpg

Merasa penghasilan dari gaji pekerjaan utama saja tidak cukup? Tidak ada salahnya menambah pemasukan dari usaha sampingan, lho! Memulai bisnis sampingan justru akan memberimu banyak manfaat, mulai dari kesempatan untuk mendalami passion, mengasah skill, sampai fleksibilitas waktu. Tenang, kamu tidak perlu khawatir soal modal terbatas untuk sewa lapak karena ada berbagai macam ide usaha sampingan rumahan. Jadi, selain ramah untuk pemula, tentunya ide bisnis serupa bisa menghemat modal. Nah, apa saja contohnya?

Contoh Ide Usaha Sampingan Karyawan

Berikut adalah berbagai ide usaha sampingan karyawan yang bisa kamu jalankan dari rumah di sela-sela kesibukan pekerjaan:

1. Bisnis camilan

Kamu bisa mencoba bisnis camilan untuk dijual ke teman kantor, apalagi mengingat kamu bisa mengerjakannya di waktu luang setelah jam kerja atau pas akhir pekan. Untuk memulai bisnis sampingan yang sederhana ini, mulailah dengan membuat camilan yang kamu kuasai, seperti keripik, kue kering, atau makanan ringan lainnya. 

Terus, kamu bisa membawa sampel buatanmu ke kantor dan menawarkan ke teman-teman. Jika mereka suka, kamu bisa mulai menerima pesanan. Jangan lupa promosikan juga keripikmu melalui grup chat kantor atau media sosial agar semakin banyak yang tertarik, ya!

2. Reseller dan dropshipper online

Menjadi reseller atau dropshipper online adalah cara yang mudah dan praktis untuk memulai usaha tanpa modal besar. Soalnya, kamu hanya perlu mencari supplier yang menyediakan barang berkualitas dengan harga kompetitif. Selanjutnya, kamu bisa menjual produk tersebut melalui media sosial atau platform e-commerce. Lebih praktis lagi, kamu tidak perlu menyimpan stok barang, karena supplier yang akan mengirimkan langsung ke pelangganmu.

3. Jual aksesoris buatan tangan

Kalau kamu  suka dan jago membuat aksesoris seperti gelang, kalung, atau anting, kamu bisa coba berjualan aksesoris buatan tangan, lho! Kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat seperti manik-manik, tali, dan kain. Buatlah desain yang unik dan menarik, lalu foto hasil karyamu agar bisa dibagikan di media sosial atau e-commerce. Selain itu, kamu bisa menawarkan aksesoris ini kepada teman-teman kantor sebagai hadiah atau untuk keperluan pribadi mereka sebagai strategi promosi.

4. Hampers custom

Lagi mencari ide kreatif usaha sampingan yang banyak dibutuhkan? Coba tawarkan jasa pembuatan hampers custom berupa karangan bunga, snack, aksesoris, dan lain-lain! Pasalnya, menjelang hari-hari besar seperti Idul Fitri, Natal, ulang tahun, atau wisuda, pastinya orang-orang ingin memberikan hadiah spesial. 

Nah, kamu bisa meminta pelanggan mendeskripsikan penampilan dan isi hampers idaman mereka. Lalu, kamu cukup membeli barang-barang yang diperlukan dengan uang DP pelanggan, deh.

Baca Juga: 6 Peluang Usaha 2024 yang Menggiurkan dan Cocok untuk Pemula

Contoh Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga juga bisa memulai bisnis sampingan dari rumah untuk mengisi waktu luang dan menambah pendapatan, lho! Ini dia aneka contoh ide yang pas:

1. Jasa catering

Punya hobi memasak? Ide usaha sampingan rumahan berupa jasa catering sangat cocok untukmu! Kamu bisa menawarkan menu catering harian untuk karyawan, catering khusus untuk acara-acara tertentu seperti arisan, atau catering menu diet sehat kalau mau lebih unik lagi. Pokoknya, apa pun jenisnya, pastikan kamu menawarkan menu yang bervariasi dan lezat untuk menarik lebih banyak pelanggan.

2. Warung sembako

Membuka warung sembako di rumah juga bisa menjadi usaha yang menguntungkan sekaligus stabil karena selalu dibutuhkan banyak orang. Pada dasarnya, kamu dapat menjual kebutuhan sehari-hari seperti beras, minyak goreng, gula, dan kebutuhan pokok lainnya. Tapi, seiring dengan waktu, kamu bisa coba diversifikasi dengan menawarkan lebih banyak barang. Salah satu contohnya, alat dan bahan kerajinan tangan untuk proyek anak sekolahan seperti tali rafia, lem, dan lain-lain.

3. Kerajinan tangan dari bahan bekas

Membuat kerajinan tangan dari bahan bekas bisa menjadi usaha yang menguntungkan dan ramah lingkungan. Kamu bisa mengumpulkan bahan bekas seperti botol plastik, kertas, tali rafia dari plastik daur ulang, atau kain perca, lalu mengubahnya menjadi barang-barang berguna seperti tas, hiasan dinding, atau mainan anak. Selain menjual hasil kerajinanmu secara online, kamu juga bisa mengikuti bazaar atau pameran lokal untuk memperkenalkan produkmu.

Baca Juga: 8 Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual Online, Laku Keras!

Dari ketujuh ide usaha sampingan rumahan di atas, mana yang mau kamu coba? Apa pun pilihanmu, pastikan kamu memiliki bahan dan perlengkapan yang mencukupi! Ya, termasuk untuk dekorasi kemasan biar lebih menarik, contohnya tali rafia. 

Kalau kamu lagi mencari tali rafia yang warnanya lengkap dan simpulnya kokoh, kamu bisa menggunakan produk dari Laksana Mas Agung. Bahkan, untuk pemilik usaha, kamu dapat bergabung dalam program partnership yang menawarkan harga grosiran yang lebih terjangkau, lho! Jadi, kamu bisa menjualnya kembali dengan lebih untung, pas untuk bisnis warung sembako. Yuk, klik di sini untuk mendaftar sekarang!