6 Tips Persiapan Buka Toko Kelontong Modern Supaya Untung

22 Januari 2024

https://cms.laksanamas.co.id/images/blog/1705895980.jpg

Toko kelontong modern merupakan salah satu ide bisnis yang patut kamu pertimbangkan karena berbagai kelebihannya. Bagaimana tidak? Dengan bisnis ini, kamu bisa menarget kelompok konsumen yang lebih beragam, sehingga usahamu akan lebih gampang populer di kalangan banyak orang. Selain itu, modal yang dibutuhkan bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan dan skala usaha yang kamu mau agar kamu tetap untung. Apalagi, persiapannya juga sama sekali tidak sulit, kok!

Baca Juga: Ingin Buka Toko Kelontong Kecil-kecilan? Simak 7 Tipsnya di Sini!

Tips Mendirikan Toko Kelontong Modern

Memangnya, apa saja yang harus kamu siapkan sebelum membuka toko kelontong modern supaya bisnismu terus sukses dalam jangka panjang? Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Pilih lokasi yang strategis

Tips pertama dan yang paling penting, pastikan kamu menentukan lokasi yang strategis untuk bisnis toko kelontong modern kamu. Artinya, lokasi tersebut perlu memiliki keramaian yang memadai dan mudah diakses oleh banyak orang dengan berbagai moda transportasi. 

Dengan demikian, pelanggan bisa menemukan tokomu dengan lebih gampang, dan kamu dapat menjamin arus pemasukan yang stabil untuk jangka panjang. Selain itu, lokasi toko yang strategis juga mempermudah supplier mengirimkan barang ke tempatmu agar tiba tepat waktu dan kamu pun selalu punya stok yang memadai.

2. Tentukan desain toko kelontong modern

Berikutnya, kamu harus menentukan konsep desain toko kelontong modern untuk membedakannya dengan kompetitor. Idealnya, penataan toko kelontong modern perlu mempertimbangkan paduan warna di luar dan di dalam toko, serta kemudahan kontrol arus pelanggan. 

Misalnya, kamu bisa menciptakan desain interior yang minimalis tapi tetap menarik dengan warna-warna terang dan hiasan kekinian yang sesuai dengan selera target konsumen. Selain itu, untuk mempermudah pelanggan keluar masuk ke tokomu, kamu bisa menambahkan dua akses pintu alih-alih satu saja.

3. Perhatikan penataan rak toko kelontong modern

Selain desain interior toko kelontong modern itu sendiri, penataan rak toko kelontong modern juga tidak kalah penting untuk kesuksesan bisnismu. Sebab, tata letak rak barang yang tidak beraturan akan menyulitkan konsumen menemukan produk yang mereka butuhkan. 

Jadi, kamu sebaiknya membagi beberapa bagian di ruangan toko untuk lorong berdasarkan kategori barang. Contohnya, kamu bisa mendirikan lorong produk kosmetik di dekat obat-obatan dan/atau produk perawatan diri. Lalu, kamu juga dapat memposisikan lorong produk makanan di dekat minuman.

4. Lengkapi varian barang di toko kelontong modern 

Salah satu kunci di balik keberhasilan toko kelontong modern adalah kelengkapan produknya. Pasalnya, dengan konsep one stop shop (satu toko yang menjual aneka produk lengkap), konsumen akan lebih betah berbelanja karena mereka tidak perlu berpindah tempat untuk membeli barang-barang yang berbeda. Karena itu, kamu perlu menyediakan sebanyak mungkin jenis barang yang dijual di tokomu. 

Kalau kamu punya modal yang terbatas karena masih baru merintis usaha, tenang dulu! Kamu bisa menjual 5 jenis barang dulu dan menambah variasinya satu per satu seiring dengan berjalannya waktu.

5. Ciptakan suasana yang terang dan nyaman

Agar konsumen semakin betah di tokomu dan bahkan mau mendatangi tokomu berkali-kali, kamu perlu memperhatikan kenyamanan mereka. Nah, untuk mencapainya, kamu bisa menciptakan suasana yang nyaman. 

Pertama, pastikan penerangan di dalam dan di luar tokomu sudah memadai supaya konsumen dapat menemukan lokasi bisnis serta barang yang mereka perlukan di dalam dengan mudah. Kemudian, untuk menciptakan suasana nyaman, pastikan interior tokomu selalu bersih dan tambahkan fasilitas seperti space untuk beristirahat, charging station, tempat parkir gratis, dan lainnya.

6. Pastikan modal sudah mencukupi

Tips yang terakhir dan tidak kalah penting, kalau kamu ingin bisnis toko kelontong modern berjalan dengan lancar, kamu harus mengecek kembali apakah modal awalmu sudah mencukupi. Tentunya, modal yang dimaksud tidak hanya terbatas pada dana yang dibutuhkan untuk membuka usaha, tapi juga sumber daya lain seperti jaringan supplier dan jumlah sumber daya manusia untuk menjalankan usaha. 

Semisal modalmu kurang mencukupi untuk membuka toko kelontong, kamu bisa menyesuaikan kembali rencana bisnismu atau mengumpulkan lebih banyak dana dari berbagai sumber selain dana pribadi.

Baca Juga: Mau Membuka Toko Kelontong? Cari Tahu Modal Toko Kelontong di Sini!

Untuk mensukseskan bisnis toko kelontong modern, kamu perlu menciptakan konsep toko yang nyaman dan menyediakan varian produk yang lengkap. Misalnya, kalau kamu ingin menjual alat-alat keperluan rumah seperti tali rafia, kamu bisa bergabung dengan program partnership Laksana Mas Agung! Sebagai partner bisnis Laksana Mas Agung, kamu akan mendapatkan harga khusus untuk membeli aneka tali rafia berkualitas secara grosiran, dan harga tersebut akan membantumu menghasilkan margin keuntungan lebih besar. Tertarik? Yuk, daftar sekarang!